Telkomsel akan menjadi penyedia layanan 5G pertama.jpeg

Telkomsel Menjadi Yang Pertama Gelar Layanan 5G di Indonesia

Layanan 5G kabarnya akan segera meluncur di Indonesia dan Telkomsel akan menjadi penyedia layanan 5G pertama secara komersial di Indonesia, hal itu ditegaskan setelah penyerahan Surat Keterangan Layak Beroperasi (SKLO) teknologi 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Telkomsel.

SKLO diserahkan kepada Telkomsel setelah diumumkan lulus Uji Operasional 5G (ULO). Sehingga dapat dipastikan Telkomsel akan menjadi operator seluler pertama yang menawarkan layanan 5G di Indonesia.

Johnny J. Plait, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyatakan bahwa Telkomsel mengimplementasikan 5G ULO pada 19-21 Mei 2021 dan setelah melewati proses 5G ULO, diumumkan bahwa Telkomsel telah berhasil dan memenuhi syarat untuk menawarkan layanan 5G. jaringan secara komersial.

Menkominfo menambahkan, “Telkomsel telah dinyatakan layak (penggelaran komersial layanan 5G) di Indonesia setelah melakukan uji teknis. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar 5G di Indonesia.

Pada tahap awal ini, Telkomsel akan menggunakan spektrum frekuensi 2.3GHz untuk menyediakan sinyal 5G kepada pelanggan. Tim Telkomsel langsung bergerak cepat menyiapkan jaringan 5G setelah diumumkan sebagai pemenang lelang frekuensi 2.3GHz.

Kenyamanan dan keamanan data pelanggan Telkomsel saat menggunakan jaringan 5G akan tetap terjaga sesuai dengan regulasi yang berlaku, salah satunya mengikuti serangkaian proses uji kelayakan operasi (ULO) seperti yang dipersyaratkan Kominfo.

Hal itu dilakukan Telkomsel sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2010 Pasal 82 Ayat 1.

Perlu diketahui juga bahwa teknologi 5G ini memiliki banyak keunggulan, seperti 5 hal tercanggih yang harus kamu ketahui tentang teknologi 5G yang kami rangkum dari inet.detik.com

5 manfaat dengan adanya layanan dari teknologi 5G

Dengan adanya teknologi 5G, pengguna teknologi akan diuntungkan, terutama dengan dampak yang besar melalui inovasi eMBB (Enhanced Mobile Broadband). Memiliki jaringan 5G ini mampu menampung kapasitas jaringan yang lebih besar dan juga dapat menjaga kecepatan transmisi data meski berada di level tertinggi.

Kehadiran 5G memungkinkan siapa saja memanfaatkan teknologi di berbagai sektor, seperti kemampuan streaming video dengan gambar berkualitas tinggi secara mulus, virtual reality (VR), dan augmented reality (AR), hingga cloud gaming.

Meningkatkan produktivitas dan bisnis

Teknologi Canggih Saat ini

5G diharapkan mampu mendorong transformasi industri melalui inovasi urLC (Ultra Reliable and Low Latency Communications), yang artinya 5G dapat digunakan oleh pelaku bisnis/industri untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi dan akurasi dalam setiap aktivitas.

Dengan kecepatan data hingga 20Gbps, latensi 1ms, dan kepadatan koneksi 1 juta perangkat/km2, 5G mampu mendukung pemenuhan layanan Industri 4.0.

Tidak hanya itu, teknologi 5G ini dapat digunakan dalam inovasi-inovasi canggih seperti robot yang dapat bekerja sendiri pada hal-hal yang dapat mendukung kemajuan signifikan bagi bisnis.

Menunjang Pertanian yang Cerdas

Tidak hanya dapat digunakan dalam bisnis, namun teknologi 5G nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan pertanian cerdas, karena teknologi 5G juga memiliki inovasi mMTC (Massive Machine Type Communication).

Dengan pemanfaatan teknologi 5G untuk mengembangkan pertanian cerdas, tentunya dapat membuat sektor pertanian lebih maju dan cermat.

Memajukan Internet of Things

Teknologi 5G dikatakan banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat. Tentunya hal ini akan membuat industri Internet of Things (IoT) tumbuh lebih cepat dan luas di berbagai sektor pembangunan kota dan kebijakan publik.

Pengembangan Kendaraan Otonom

Saat ini, banyak perusahaan di dunia sedang mengembangkan mobil self-driving. Namun, banyak pakar teknologi memperkirakan bahwa kendaraan otonom ini akan membutuhkan teknologi 5G agar dapat berfungsi secara optimal.

BACA JUGA  Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi

About administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *