tips bisnis online bagi pemula

Cara Yang Benar Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Di era modern ini, Internet memainkan peran penting dalam bidang ekonomi. Siapa sangka di zaman sekarang ini, berbelanja dan berjualan hanya bisa dilakukan secara online. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi penjual dan pembeli yang memiliki jarak transaksi yang jauh. Jualan online juga memiliki banyak keuntungan, seperti tidak harus menyewa tempat, membayar perbaikan toko dan masih banyak lagi. Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis, pelajari cara memulai bisnis online untuk pemula di bawah ini.

Tahap Bisnis Online Bagi Pemula

Memiliki mentalitas kerja yang tepat

Tony Robbins pernah berkata bahwa 80% kesuksesan bisnis ditentukan oleh pola pikir dan sisanya adalah hal lain yang berkaitan dengan strategi. Mindset adalah dasar dalam melakukan apapun, termasuk memulai bisnis. Dengan memiliki konsep bisnis online yang tepat, Anda akan memiliki pola pikir yang kuat saat menghadapi situasi bisnis yang tidak terduga. Seperti kehilangan, kegagalan, proses sukses dan lain-lain. Berikut beberapa pola pikir bisnis online yang bisa Anda perhatikan:

  • Keberuntungan tidak akan tertukar
  • Jangan berharap kaya dalam waktu singkat
  • Semuanya membutuhkan operasi
  • Kegagalan bukanlah akhir

Pilih target pasar dan produk yang ingin Anda jual

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah memutuskan siapa yang akan membeli produk Anda dan produk yang ingin ditampilkan. Pikirkan tentang target pasar Anda sebelum produk yang ingin Anda jual. Misalnya, target pasarnya adalah wanita berusia dua puluhan. Kemudian tentukan kebutuhan dan keinginan apa yang mungkin mereka beli. Terakhir, mempresentasikan produk. Wanita di usia dua puluhan biasanya membutuhkan perawatan kulit, rias wajah, pakaian bergaya, sepatu, tas, dan banyak lagi.

BACA JUGA  Hubungan Mata Uang Negara Asean dengan Saham

Temukan platform untuk dijual

Karena konsepnya dijual secara online, tentu Anda harus memutuskan di mana Anda akan menjualnya. Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk berjualan. Ada vending market seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Ada juga yang memulai bisnis online dari media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Anda juga dapat membuat situs web dan toko online Anda sendiri untuk dijual.

Tingkatkan fungsional

Setelah itu, Anda juga harus melakukan promosi. Cantumkan link penjualan Anda di berbagai media sosial pribadi Anda, dan bagikan melalui teman dengan teman. Anda juga dapat mengunggah poster, flyer, dan video iklan yang tersebar di berbagai media. Yang pasti, Anda harus membuat produk dan toko Anda terlihat oleh pelanggan. Tawarkan diskon sesering mungkin selama itu sesuai kemampuan Anda karena pelanggan biasanya tertarik dengan pamflet yang mengatakan diskon atau promosi.

Konsisten, jujur ​​dan sabar

Kunci cara memulai bisnis online adalah konsisten dengan apa yang Anda lakukan. Jangan menjadi pengecut yang menyusut saat kalah. Anda juga harus jujur ​​untuk membangun kepercayaan pelanggan. Karena barang yang dijual di toko online tidak bisa dilihat secara langsung, Anda harus memberikan deskripsi yang benar tentang produk Anda. Jangan biarkan pelanggan kecewa pada pembelian pertama mereka dan memutuskan untuk tidak membeli produk Anda lagi. Terakhir, Anda juga harus bersabar. Semuanya butuh proses. Anda tidak dapat membangun bisnis dalam semalam dan kemudian keluar dengan sukses. Terus belajar dari trial and error untuk membangun bisnis yang baik.

Demikian penjelasan tentang cara memulai bisnis online untuk pemula. Semoga bisa dijadikan inspirasi untuk memulai bisnis. Kami harap Anda membantu dan bahagia dalam memulai bisnis!

BACA JUGA  Strategi Investasi Saham dari Lo Kheng Hong

About administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *