tips memulai bisnis saham

Tips Memulai Bisnis Saham Bagi Pemula

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata saham? Hingga saat ini, banyak yang percaya bahwa memulai bisnis bursa hanya bisa dilakukan oleh orang kaya yang bingung membelanjakan uangnya. Saham juga sering disebut sebagai aktivitas keuangan yang sulit dipahami. Meski tidak demikian, memulai bisnis bursa sekarang tidak harus memiliki modal yang besar, bahkan hanya dengan Rp100.000, Anda sebenarnya sudah bisa membeli saham. Saham juga belakangan menjadi peluang bisnis baru, terutama bagi generasi milenial yang sudah terdidik secara finansial.

Memulai bisnis bursa saham tidaklah sulit, Anda hanya perlu mencari perusahaan saham yang tepat. Universal Broker adalah perusahaan sekuritas profesional yang akan membantu Anda mengelola uang Anda dalam investasi saham. Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis bursa, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini. Lihat ini!

Sebelum memulai bisnis saham, Anda harus mengetahui apa itu saham. Saham adalah tanda modal saham dari seseorang atau badan ke korporasi atau LLC. Orang atau badan yang memasukkan modal (pemodal) dalam bentuk saham, berhak menuntut pendapatan dan kekayaan perseroan serta berhak menghadiri rapat umum pemegang saham sesuai dengan proporsi saham yang dimiliki. Ada dua keuntungan atau return yang dapat diperoleh investor dari saham, yaitu:

Dividen atau bagi hasil dari keuntungan perusahaan

Capital gain atau selisih antara harga jual dan beli saham yang Anda miliki.

Tips memulai bisnis untuk pemula

1. Mulai dari yang kecil

Meskipun Anda memiliki uang besar untuk memulai bisnis saham, yang terbaik adalah memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Mengapa? Karena jika Anda salah mengatur uang, Anda hanya akan menerima kerugian besar dan uang yang Anda keluarkan tidak dapat dikembalikan. Berinvestasi dalam instrumen saham tidak memerlukan penyetoran uang dalam jumlah besar sekaligus. Sisihkan uang Anda sedikit demi sedikit untuk membeli saham-saham penting secara konsisten.

BACA JUGA:  Cara Membeli Emas di Pegadaian Update Oktober 2021

2. Perhatikan situasi ekonomi dan politik

Harga saham merupakan kendaraan investasi yang sensitif terhadap perubahan lingkungan, terutama perubahan situasi ekonomi dan politik. Sekalipun situasi politik atau ekonomi hanyalah rumor yang belum tentu benar, harga saham dan nilainya bisa naik turun tergantung situasi baik atau buruk. Untuk memulai bisnis bursa saham, Anda harus peka dan tanggap terhadap situasi politik dan ekonomi yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan yang Anda miliki.

3. Memahami jenis industri dan perusahaan

Mengapa Anda harus mempelajari jenis industri dan perusahaan? Anda pasti tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan? Anda harus memastikan bahwa perusahaan tempat Anda membeli saham adalah perusahaan yang baik dan menguntungkan. Yang harus dipelajari adalah jenis industri, kinerja perusahaan dan reputasi perusahaan. Apakah jenis industrinya naik atau turun, apakah perusahaan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan perusahaan dan apakah reputasi perusahaan baik di mata masyarakat karena walaupun sepele dapat mempengaruhi harga saham

4. Pilih Stok Cap Besar

Mengapa Big Caps? Big Cap adalah jenis saham yang memiliki nilai pasar yang sangat besar dan menguntungkan bagi Anda. Saham perusahaan besar tidak akan mudah dimanipulasi oleh investor lain yang memiliki modal besar. Daftar saham berkapitalisasi besar biasanya diterbitkan beberapa saat sebelum pasar saham dibuka.

5. Cobalah untuk memilih saham dengan harga terendah untuk masing-masing

Price-to-earning ratio, PE atau rasio PER adalah cara menghitung harga saham perusahaan yang bisa Anda lakukan sendiri. Biasanya, saham dengan PE yang lebih rendah cenderung lebih menguntungkan karena EPSnya akan lebih tinggi dari harga saham. Rumus PERnya adalah:

BACA JUGA:  Trading View

Rasio PE = Harga pasar per saham dibagi dengan laba per saham.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memulai bisnis bursa untuk pemula. Anda tidak boleh melewatkan peluang bisnis ini dan jangan lupa untuk memilih Universal Broker sebagai mitra bisnis Anda. Broker universal telah terbukti mampu mengelola uang Anda dalam berbagai keuntungan yang menyertainya. Kami berharap investasi yang bermanfaat dan bahagia.