Obat Kumur Untuk Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak yang Aman

Obat Kumur Untuk Menghilangkan Bau Mulut Pada Anak yang Aman

Pernahkah kamu mengalami bau mulut? yuk kita kenali penyebab-penyebab bau mulut dan cara mengatasinya! bau mulut dalam istilah medis biasa dikenal dengan HALITOSIS. Halitosis adalah kondisi di mana seseorangmengalami aroma napas yang tidak sedap.Kondisi ini umumnya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, kebersihan mulut yang tidak terjaga, kondisi kesehatan tertentu, atau gaya hidup yang tidak baik, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Akan tetapi bau mulut (halitosis) tidak hanya di alami oleh orang dewasa saja lhoo.. Anak-anak pun juga berpotensi mengalami kondisi seperti ini. Apa saja sih pemicu bau mulut pada anak-anak??? yuk kita bahas bersama-sama!

Penyebab bau mulut pada anak-anak

Ada banyak sekali pemicu bau mulut pada anak antara lain sebagai berikut:

1. Adanya bakteri yang bersarang di lidah

Kondisi lidah yang tidak bersih adalah pemicu terjadinya bau mulut atau nafas tak segar. hal ini terjadi karna bakteri yang bersembunyi di sela-sela gigi dan gusi, dan juga di sela-sela papila lidah yang menyebabkan bau mulut.Pastikan kita mengajarkan sedini mungkin pada anak untuk merawat kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dengan cara rutin menggosok gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Infeksi pada gusi (Periodontitis)

Mayoritas anak-anak yang mengalami infeksi pada gusi nya.Hal ini bermula dari kebiasaan kurang baik dalam menjaga kebersihan mulut dan gigi, seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis tanpa di barengi dengan menggosok gigi setelahnya juga dapat menyababkan bau mulut. Infeksi ini menyebabkan gusi mengakami peradangan (merah dan bengkak) dan membuat gusi mudah berdarah saat kita menyikat gigi. Apabila tidak segera di tangani, infeksi ini dapat merusak jaringan dan tulang pada gusi, meningkatkan risiko kerusakan gigi.

BACA JUGA  Jangan di Skip! Inilah 9 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

3.Gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan kondisi di mana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin), sampai membentuk lubang pada gigi.sehingga menyebabkan terperangkap nya makanan pada lubang gigi ini dan lambat laun akan membusuk dan menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap pada anak.

4. Mulut kering

Mulut kering (xerostomia) kerap terjadi saat produksi air liur melambat. Keadaaan seperti ini menyebkan bau mulut, sariawan, selalu merasa haus dan tenggorokan sakit. jika keadaan ini terus berlanjut akan menimbulkan  bau mulut atau napas tak sedap.

5. Radang Amandel

Amandel memiliki susunan yang terdidi dari celah, lubang, terowongan. yang biasa  disebut dengan tonsil crypts. Hal ini juga dapat memicu tumbuhnya bakteri dan jamur yang menyebabkan bau mulut. karna terperangkapmya sisa-sisa makanan ,lendir, dan sel mati di dalamnya (tonsil crypts).

6. Kurang Menjaga kesehatan Mulut

Pemicu paling utama bau mulut pada anak adalah kebiasaan dari tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi, yang berawl dari krbiasaan tidak menggosok gigi secara rutin ,sehingga dapat memunculkan plak pada sela-sela gigi. Karna pada dasarnya plak gigi berawal dari terbentuknya sekumpulan bakteri sisa makanan atau minuman yang terselip pada gigi.

7. Makanan, minuman, dan obat-obatan

Apa saja yang kita konsumsi, entah itu makanan, minuman, obat-obatan jika di konsumsi secara terus menerus juga memicu bau mulut pada anak.

Ketika anak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki aroma yang khas,itu juga bisa mempengaruhi bau mulut,seperti mengkonsumsi makanan yang ber karbohidrat rendah. bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih,keju dan lain sebagainya.

Minimnya kandungan karbohirat di klaim bisa menghasilkan senyawa keton, yang apabila tidak di perlukan dalam tubuh, maka dia akan di lepaskan melalui udara.

BACA JUGA  Gejala, Penyebab dan 10 Cara Terbaik untuk Mengatasi Insomnia

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Mulut yang Aman untuk anak.

Setelah mengetahui penyebab di atas, mari kita bahas cara menghilangkan bau mulut. Di bawah ini adalah cara untuk mengobati bau mulut secara alami.

1.Air Garam

Berkumur menggunkan larutan air garam juga salah satu cara alami menghilangkan bau mulut. Banyak orang telah melakukan cara ini, cara yang harus anda lakukan hanyalah dengan melarutkan air garam pada segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Lakukan bebrapa kali sampai bau mulut benar-benar hilang.

2.Cuka Apel

Cuka apel cukup efektif untuk mengatasi bau mulut, terlebih setelah anda mengkonsumsi bawang merah atau bawang putih. Langkah petama yang harus anda lakuan adalah campurkan sedikit cuka apel dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Kandungan yang terdapat pada cuka apel  berfungsi untk menetralkan dan menyegarkan bau pada mulut.

3.Konsumsi Sayur dan Buah

mengunyah buah dan sayur bisa menhhilangkan bau mulut contohnya seperti wortel atau apel. Karna mengunyah buah atau sayur dengan tekstur keras memiliki peran yang mirip dengan sikat gigi. Tidak cukup sampai di situ, mengunyah buah dan sayur juga dapat membersihkan bakteri di sela-sela gigi dan dapat meningkatkan produksi air liur sehingga semakin banyak bakteri yang bisa kita bersihkan.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami selanjutnya yang juga sangat cocok digunakan untuk mengatasi bau mulut. Jenis minyak ini mampu membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan gigi dan mulut sehingga bisa mengurangi bau tak sedap.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan tea tree oil. Cara Pertama, campurkan beberapa tetes tea tree oil pada pasta gigi yang akan anda gunakan. Kedua, gunakan tea tree oil untuk menyikat gigi secara langsung tanpa campuran bahan apa pun.

BACA JUGA  Sejuta Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal Hingga Organ Hati

Semoga tips diatas dapat membantu, jangan lupa ajarkan dan terapkan pada anak untuk menyikat gigi dengan cara yang benar, pada saat pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

About Mia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *