9 Manfaat Air Jahe, Mulai Dari Mengatasi Mual Hingga Melawan Kanker.

9 Manfaat Air Jahe, Mulai Dari Mengatasi Mual Hingga Melawan Kanker.

Jamu adalah obat tradisional milik bangsa Indonesia yang sudah ada sejak lama. Walaupun kini banyak ditemui obat konvensional yang ampuh mengobati berbagai macam penyakit, sebagian masyarakat Indonesi masih banyak yang memilih jamu menjadi pilihan alternatif  sebagai obat herbal. Jahe menjadi salah satu bahan dasar pembuatan jamu yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sejak dalu, jahe merah sudah dikenal berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan biasanya masyarakat mengolahnya menjadi minuman.

9 Manfaat Air Jahe untuk kesehatan.

Jahe di kenal sebagai rempah yang kaya akan khasiat nya, karna jahe banyak memiliki kandungan vitamin C dan magnesium, yang dapat membantu untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh.Selain itu, jahe juga memilikikandungan gingerols,  zingerones, dan shogaols yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

Namun, tak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain dari minuman jahe yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

 1. Meredakan Nyeri Haid

Rutin mengonsumsi air jahedapat membantu mengurangi nyeri yang terjadi ketika mengalami menstruasi. Dalam sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak kalah dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk membantu meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut dipercaya mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Dengan Bahan Alami

2. Memperkuat Sistem Imun

Dalam rimpang jahe banyak terkandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini berfungsi membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat itu, jahe juga memiliki kandungan shogaols, gingerols dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

3. Anti Penuaan dan Kanker

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa untuk mengendalikan proses penuaan. jahe juga mempunyai kandungan antimikroba yang bisa membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker, akan  tetapi manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kemanjurannya.

4. Membantu Meringankan Migrain

Di dalam rimpang jahe terkandung gingerol dan shogaol yang terbukti memiliki efek antiradang dan antinyeri. Khasiat itu dapat membantu untuk meringankan berbagai gejala nyeri, termasuk sakit kepala dan migrain.

Ekstrak jahe juga dipercaya dapat meningkatkan produksin serotonin yang dapat membantu otak mencegah serangan migrain. Cara kerjanya sama dengan obat migrain, yaitu triptan.

5. Membanru Turunkan Berat Badan

Selain itu, ada pula studi yang mengatakan bahwa jahe dapat digunakan untuk membantu diet (menurunkan berat badan). Rempah ini berperan sebagai penekan nafsu makan sehingga anda tak gampang tergiur untuk makan terlalu banyak.

Khasiat air jahe untuk kesehatan ini disinyalir berhubungan dengan berbagai mekanisme, salah satunya adalah peran jahe dalam meningkatkan jumlah kalori yang terbakar saat beraktivitas dan menekan proses peradangan dalam tubuh.

6. Bantu Atasi Mual

Gingerol yang terkandung dalam jahe dapat membantu melancarkan pergerakan saluran pencernaan dan mencegah spasme otot. Jahe juga dapat menenangkan saluran cerna dan mengurangi gejala mual dan muntah. Air jahe juga dapat di manfaatkan oleh ibu hamil yang mengalami mual dan muntah.

BACA JUGA  4 Rahasia Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran.

7. Memelihara Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Proses penuaan tubuh utamanya dipicu oleh stres oksidatif dan proses radang kronis. Kedua faktor ini dipercaya sebagai salah satu kunci pemicu timbulnya penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia.

Dalam sebuah studi pada 2012 mengindikasikan bahwa, konsumsi jahe harian dapat meningkatkan waktu respons dan memori bekerja pada wanita paruh baya. Antioksidan yang terkandung pada jahe juga dapat membantu menekan stres oksidatif dan proses radang di otak.

Kandungan gingerol dalam jahe akan berubah menjadi zingerone, Ketika jahe sudah diolah atau dimasak. Senyawa tersebut tetap dapat meredakan peradangan dan nyeri tubuh, tapi kemampuannya tidak sama, tidak  sekuat saat masih dalam keaadan mentah (gingerol). Jadi, jika anda ingin membantu meredakan sakit perut, nyeri haid, atau sakit tenggorokan, disarankan lebih baik jahe dikonsumsi ketika masih segar.

Khasiat minum air jahe bagi kesehatan tak dapat diragukan  lagi. Jadi, sebelum anda mengonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit, cobalah untuk memanfaatkan bahan herbal seperti ini terlebih dahulu.

8. Membantu Meredakan Gejala Radang Tenggorokan

Jahe seringkali digunakan untuk membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Selain karena manfaat antiradang dan antinyeri untuk atasi radang tenggorokan, jahe juga dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh. Pada umumnya radang tenggorokan disebabkan infeksi virus yang sebenarnya dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang baik. Stebuah studi telah membuktikan bahwa, jahe dapat membantu menstimulasi sistem daya tahan tubuh untuk membunuh virus lebih efektif.

9. Rilekskan Otot Setelah Olahraga

Salah satu gejala nyeri lain yang dapat diatasi dengan minum air jahe adalah nyeri otot. Dalam sebuah studi yang diterbitkan The Journal of Pain pada 2010 bahkan menyebutkan bahwa konsumsi jahe mentah dapat menurunkan rasa nyeri pasca-berolahraga.

BACA JUGA  Bunda Wajib Tau, 6 Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

Untuk itu, apabila anda merasa otot nyeri setelah olahraga dengan intensitas berat atau setelah berkompetisi, cobalah minum air jahe untuk meredakannya.

Khasiat minum air jahe bagi kesehatan tak dapat diragukan  lagi. Jadi, sebelum anda mengonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit, cobalah untuk memanfaatkan bahan herbal seperti ini terlebih dahulu.

 

 

About Mia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *