Bunda Wajib Tau, 6 Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

Bunda Wajib Tau, 6 Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

Sistem imunitas pada bayi yang belum sempurna membuatnya lebih rentan terjangkit penyakit. Terlebih lagi jika cuaca sedang tidak menentu membuat berbagai virus maupun bakteri mudah berkembang biak. karnanya, bunda harus tau tau cara mengatasi pilek Si Kecil agar tidak semakin parah. Pilek ditandai dengan keluarnya cairan bening dari hidung yang disebut biasa kia sebut dengan ingus yang dapat berubah menjadi kekuningan atau kehijauan setelah satu minggu.

Keluarnya ingus ketika Si Kecil terserang pilek adalah salah satu cara untuk menyingkirkan kuman pada tubuh. Tapi, jika ingus yang keluar terlalu banyak hingga menyumbat hidung, keadaan seperti ini dapat mengganggu pernapasan Si Kecil. Selain itu, Si Kecil  mungkin juga bisa mengalami batuk, mata merah, atau bahkan sedikit demam. Pada umumnya ketika dalam kondisi seperti ini bayi masih mau makan atau bermain secara normal.

Tindakan Apa yang Sebaiknya Dilakukan di Rumah ?

Keluarnya ingus ketika Si Kecil pilek, sebenarnya merupakan suatu cara menyingkirkan kuman dalam tubuh. Namun, jika ingus yang keluar dari hidung terlalu banyak, dapat mengganggu pernapasan Si Kecil. Menurut Kids Health, pilek yang terjadi pada Si Kecil akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan medis khusus.

Pemberian obat tidak dapat menyembuhkan pilek, tetapi hanya mampu meredakan gejala seperti sakit otot, sakit kepala, dan demam. Adapun serangkaian perawatan bisa bunda lakukan untuk meringankan gejala pilek dan membuat Si Kecil lebih nyaman. Dibawah ini sejumlah cara untuk mengatasi hidung tersumbat akibat pilek pada Si Kecil, yaitu:

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Mata Panda

1. Pebanyak Cairan

Memperbanyak cairan pada saat terkena pilek, untuk agar pilek dapat hilang. Cara yang ampuh untuk mengatasi pilek pada Si Kecil salah satunya adalah.  Memberikan air putih hangat yang dicampur dengan sedikit madu. . Cairan yang hangat bisa membuat tubuh Si Kecil menjadi berkeringat, sehingga ingus yang berada di hidung bisa keluar dan membuat pernafasan Si Kecil menjadi lebih lega.

2. Perbanyak Istirahat

Perawatan utama untuk mengatasi pilek pada Si Kecil adalah dengan memastikan untuk beristirahat atau tidur yang cukup.Kurangnya istirahat, terutama pada Si Kecil, dapat membuat tubuhnya semakin lemah, sehingga mudah terkena penyakit. Bunda harus selalu memastikan Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup ketika pilek. Untuk memastikan seberapa banyak Si Kecil butuh waktu istirahat untuk mengoptimalkan imunitas tubuhnya, bunda bisa tanyakan langsung pada dokter anak untuk memastikannya.

3. Gunakan Pelembab Udara

Pelembap udara bisa menjadikan udara di dalam ruangan menjadi lebih hangat, sehingga lendir yang berada di dalam hidung Si Kecil akan keluarkan secara perlahan. Udara yang lebih hangat juga dapat membuat tubuh Si Kecil menjadi berkeringat, sehingga rongga hidung bisa lebih terbuka. Jadi menyalakan pelembap udara adalah salah satu cara untuk mengatasi pilek pada Si Kecil.

4. Mengatur Posisi Tidur Si Kecil

Mengatur posisi tidur Si Kecil bisa menjadi cara lain untuk mengatasi pileknya. Atur lah posisi kepala anak jadi lebih tinggi dari pada tubuhnya agar Si Kecil lebih nyaman saat bernapas. Selain itu,posisi tersebut juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung.

5. Menggunakan Obat Semprot Hidung

Obat semprot hidung atau saline dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pilek Si Kecil. obat resebut dapat  berfungsi untuk mengurangi produksi lendir dari tubuh yang menyebabkan sumbatan di hidung. Atur posisi berbaribg ketika bunda akan menggunakan obat ini pada Si Kecil, Kemudian semprotkan sebanyak 2–3 kali.  Dan lendir akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.

BACA JUGA  Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Sebabkan Obesitas Hingga Kanker

6. Gunakan Alat Penyedot Ingus

Menggunakan alat penyedot ingus atau bulb syringe merupakan salah satu cara lain untuk mengatasi pilek Si Kecil. Alat ini berfungsi untuk mempercepat ingus keluar dari dalam hidung,  agar Si Kecil lebih mudah untuk bernapas, Alat ini digunakan pada saat ingus tidak juga keluar setelah diberikan obat semprot atau saline.

Bunda bisa segera membawa Si Kecil ke rumah sakit terdekat ketika pilek yang dialami anak menimbulkan gejala lain, seperti kesulitan bernapas, demam yang tidak kunjung reda, sakit kepala yang cukup parah, sampai nyeri pada bagian dada. Gejala tersebut memerlukan tindakan medis dan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti penyebab pilek pada anak.

About Mia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *