4 Rahasia Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran.

4 Rahasia Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran.

Bau badan pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada ketiak. Ketiak adalah bagian yang rentan mengeluarkan bau tidak sedap ketika mengeluarkan keringat.

Health Line telah melansir, penyebab bau ketiak adalah karna bakteri yang memecah protein di keringat dan mengubahnya menjadi zat asam. Ketika tubuh kita memanas, kelenjar ekrin di kulit secara normal melepaskan keringat guna untuk mendinginkan tubuh.

Keringat yang dikeluarkan tubuh  pada dasarnya tidak memiliki bau yang siginifikan, sampai bakteri di kulit mulai memecahnya.

Dan ketiak merupakan salah satu bagian tubuh dengan konsentrasi kelenjar apokrin yang besar, sehingga menjadikannya lebih rentan mengeluarkan bau tidak sedap.

Kelenjar ini bekerja terutama di bawah tekanan, mengeluarkan cairan yang tidakmemiliki bau. Cairan ini mulai menimbulkan bau ketika bersentuhan dengan bakteri yang ada pada kulit. Kelenjar-kelenjar ini diketahui tidak akan  mulai bekerja sampai masa pubertas sesorang, itulah mengapa biasanya bau ketiak mulai terjadi saat seseorang mulai menginjak usia remaja.

Melansir dari Medical News Today, penyebab bau ketiak tidak hanya berasal dari keringat yang bercampur dengan bakteri. Bau ketiak juga bisa dipicu oleh makan makanan dan minuman tertentu, karna mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu, atau bisa juga karna adanya gangguan kesehatan. Apabila anda mengalami masalah ini, anda tak perlu pusing bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang mengganggu.

Bau ketiak dapat meruntuhkan kepercayaan diri sebagian orang. Pasalnya dapat mengganggu kenyamanan orang lain di sekitar.Bukan hanya itu, bau ketiak terkadang bisa menjadi dasar penilaian pada seseorang yang tak bisa menjadi kebersihan diri.  Anda dapat mengurangi bau ketiak dengan beberapa cara tanpa menggunakan deodoran. Berikut ini beberapa caranya!

BACA JUGA:  Penyebab Nyeri Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

Bisakah Hilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran??

Banyak orang yang selalu berusaha untuk menjaga wangi tubuh agar tetap wangi, yangbertujuan untuk menjaga kepercayaan diri saat bertemu dengan orang lain. menggunakan deodoran salah satu cara yang di gunakan. Apabila tidak ada deodoran, beberapa orang juga menggunakan antiperspiran untuk menghindari bau ketiak. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan beberapa efek buruk bagi tubuh. Karna Deodoran juga memiliki beberapa kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan efek negatif dalam jangka panjang apabila di gunakan sehari-hari. karna karena deodoran memiliki kandungan paraben dan phthalate yang dapat mengacaukan hormon tubuh seseorang.

Deodoran juga mengandung aluminium yang bisa menyebabkan kelainan pada jaringan payudara. Hal itu dapat menyebabkan risiko lebih besar terhadap pertumbuhan tumor atau sel kanker. Walaupun belum ada penelitian pasti, tetapi umumnya kanker payudara berhubungan dengan penggunaan produk yang memiliki kandungan logam di dalamnya.

Oleh sebab itu, setelah mengetahui risiko yang bisa terjadi karena pemakaian deodoran, anda harus mengurangi penggunaannya. Selain itu, anda bisa melakukan beberapa cara agar bau ketiak tidak mudah timbul. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda untuk menghilangkan bau ketiak:

1. Pola Makan yang Sehat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak agar tidak tergantung pemakaian deodoran adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Kamu bisa lebih memilih untuk mengonsumsi buah dan sayur agar bau badan dapat diminimalisir. Kurangi konsumsi daging , karna dengan mengkonsumsi daging akan menyebabkan bau ketiak yang timbul akan menjadi lebih intens.

BACA JUGA:  Rahasia Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI

Makanan pedas juga dapat berkontribusi pada bau badan. Karna, makanan tersebut bisa meningkatkan suhu tubuh, sehingga menjadikan jumlah keringat yang keluar semakin banyak.  Karna keringat yang berlebih membuat bakteri semakin banyak. Yang menjadikan bau ketiak semakin terasa ketika hal itu terjadi.

2. Mengggunakan Perasan Lemon

Lemon juga terbukti efektif untuk membunuh bakteri dan mengatasi bau yang keluar dari ketiak karena kandungan asam sitratnya. Anda dapat menggunakannya dengan cara memeras lemon tersebut, lalu oleskan pada area ketiak. Disamping itu, lemon juga dapat membantu mengecilkan pori-pori pada tubuh.

3. Eksfoliasi Ketiak

Hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga bau ketiak adalah dengan melakukan eksfoliasi ketiak. Eksfoliasi merupakan cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian, ketiak kamu akan menjadi lebih bersih dan bebas bakteri sehingga dapat membantu menahan bau ketiak yang mungkin keluar. Cobalah untuk melakukannya dengan rutin seminggu sekali.

4. Menggunakan Sabun Anti Bakteri

Metode lain yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi bau ketiak adalah dengan menggunakan sabun yang dapat menangkal pertumbuhan bakteri pada tubuh terutama ketiak. Apabila bakteri yang menempel pada tubuh telah terbunuh, maka bau badan bisa teratasi dengan benar. Gunakan sabun yang memiliki kandunagan benzoil peroksida yaitu kandungan yang tepat untuk membunuh bakteri pada ketiak.