Inilah 7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu kesehatan mata harus selalu kita jaga. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan. Karna dengan kondisi mata yang sehat, aktifitas sehari-hari kita tidak akan terganggu karna masalah pengelihatan.

Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga hal itu dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan penglihatan di kemudian hari. Ketika mata telah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah.  Padahal, pada dasarnya menjaga mata agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan sehat hingga selalu mengenakan pelindung untuk mata bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Baca pembahasannya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Banyak sekali orang yang lupa dan tidak sadar bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal yang sangat penting. Padahal, mata termasuk ke dalam lima indra yang berperan peting dalam tubuh manusia. Mengingat sangat pentingnya untuk merawat kesehatan mata. Ada beberapa cara mudah dan cukup sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain sebagai berikut:

1.Hindari Penggunaan Gawai Terlalu Lama

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri pada leher, sakit pada bagian bahu dan punggung, mata kering, serta membuat pandangan menjadi kabur.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3, untuk membantu menjaga kesehatan mata kita.

Beberapa nutrisi itu ternyata dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya degenerasi makula dan katarak . Kita bisa memperoleh berbagai nutrisi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, salmon, tuna, dan jeruk.

3. Hindari Paparan Sinar Ultraviolet

Bukan hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari bahayanya efek dari sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko mengalami katarak,  kornea terbakar, degenerasi makula, dan bahkan sampai kanker mata.

Oleh sebab itu, Kita disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan pada saat siang hari.

4. Hati-Hati Saat Menggunakan Make-up

Make up yang Memiliki bentuk cairan atau krim pada umumnya rentan akan pertumbuhan bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh sebab itu, buang dan ganti make up anda Setelah 3 bulan digunakan. Hindari jugasaling berbagi pakai alat rias.

Disamping itu, pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah menggunakan make up. Apabila mengalami iritasi atau infeksi mata saat mengenakan make up, hapus riasan. Kemudian segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter.

5. Olahraga Secara Rutin

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga bisa membantu mengurangi risiko penyakit mata dan bahkan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat dari tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

6.Hentikan Kebiasaan Merokok

Rokok memberikan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk mata. Dalam produk tembakau terkandung berbagai zat yang bersifat racun yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata, terutama yang berkaitan dengan pembuluh darah dan retina. jika anda seorang perokok aktif, saya sarankan untuk berhenti merokok hari ini juga, sebelum menyesal di kemudian hari.

7. Rutin Periksa Mata

Untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk melakukan pememeriksaan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Bahkan disarankan untuk  melakukan pemeriksaan mata setahun sekali untuk orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Hal Tersebut bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti glaukoma, degenerasi makula, dan katarak.

Melakukan pemeriksaan mata juga penting jika Anda memiliki riwayat penyakit mata yang diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak. Dengan begitu, langkah penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat kita lakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Namun, apabila keluhan pada mata terus berlanjut atau mata terasa sakit, bengkak, dan sampai menyebabkan penglihatan Anda terganggu, jangan ragu untuk segera pergi memeriksakan mata Anda ke dokter.

 

 

Originally posted 2022-05-30 01:04:05.