Jangan di Buang! Inilah 10 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah

Jangan di Buang! Inilah 10 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah

Beras, siapa yang tak kenal dengan bahan makanan pokok satu ini.Tak hanya di olah menjadi nasi, ternyata dalam air cucian atau air endapan beras terdapat banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh kita terutama wajah. Mari kita bahas apa saja manfaat air cucuian beras untuk wajah kita.

Di dalam beras terkandung zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultraviolet yang masuk ke dalam kulit, sehingga dapat membantu merawat kulit dari kerusakan akibat dari paparan sinar matahari. Tak banyak orang yang mengetahui manfaat air cucian beras untuk wajah. jadi coba pikirkan sekali lagi sebelum anda membuang air bekas cucian beras yang selama ini di anggap kotor tersebut.

Manfaat Air Beras Untuk Wajah

1. Mencerahkan Kulit

Mencucu wajah dengan air beras dipercaya  mampu untuk mencerahkan kulit.Hal ini disebabkan karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat menjadiakan kulit wajah tampak lebih cerah. mencuci wajah denagn air beras juga sangat populer di kalangan masyarakat jepang dan korea. tak heran jika banyak produk skincare seperti sabun cuci muka, toner, dan krim, terdapat sari pati air beras sebagai kandungan di dalamnya.

2. Mengatasi Jerawat

Sari pati yang terdapat dalam air beras dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat. Dan sari pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. walupun efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

BACA JUGA:  Selain Minum Air Putih, inilah Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tetap Optimal

3. Menghilangkan Flek Hitam

Selain mencerahkan kulit dan mengatsi jerawat, air beras juga dapat digunakan untuk menghilangkan bintik hitam atau flek hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras dipercaya mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, walaupin demikian efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mencegah Penuaan Dini

Mencuci wajah menggunakan air beras dipercaya dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam air beras diketahui dapat membantu menghambat proses penuaan dini. Serta fermentasi air beras dipercaya mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini.

Hal ini telah di buktikan dalam sebuah study dan di temukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi di dalam air beras dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase ( enzim yang dapat merusak elastisitas kulit) yang artinya penggunaan air cucian beras mampu mempertahankan elastisitas kulit wajah dan kemunculan tanda-tanda penuaan dini dapat di perlambat. Meski demikian, untuk membuktikan efektivitas manfaat air cucian beras untuk wajah ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat air cucuian beras untuk wajah berikutnya adalah untuk mengatasi kulit kering dan iritasi yang disebabkan penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung senyawa sodium lauryl sulfateMeski demikian, manfaat air cucian beras untuk wajah ini belum terbukti secara ilmiah, untuk itu Anda bisa mencoba cuci muka dengan air beras sebanyak dua kali sehari. 

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Tak hanya mencegah munculnya tanda penuaan dini, manfaat air cucian beras untuk wajah dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan begitu, kulit wajah Anda bisa menjadi lebih kencang dan terbebas dari kerutan. 

7.Perawatan Jerawat

Air beras memiliki kandungan allantonin sebagai astringent untuk kulit, hingga mampu membantu mengencangkan pori-pori. Selain itu, kandungan allantoin  dalam air beras juga dapat digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

BACA JUGA:  Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

8. Meredakan Radang Pada Kulit

Air cucian beras juga bermanfaat untuk meredakan radang dan kulit yang terbakar. Hal ini sangat membantu kulit yang meradang agar cepat pulih. Bahkan juga dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut.

9. Mengobati Eksim

Ternyata kandungan pati dalam air cucian beras juga efektif untuk membantu mengurangi efek eksim pada kulit. hanya dengan mencelupkan lap bersih ke dalam air cucian beras dan tap-tap ke seluruh permukaan kulit yang terkena. Lakukan selama beberapa menit dan pastikan hingga kering.

10. Toner Wajah

Air cucian beras juga bisa digunakan sebagai toner alami untuk wajah. Caranya hanya dengan merendam bola kapas atau pad lalu gunakan untuk wajah setelah pembersihan untuk meminimalkan munculnya pori-pori dan mengencangkan kulit. Toner kulit alami ini ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan sel, menstimulasi aliran darah, dan membantu menjaga kulit agar tetap halus dan cerah secara alami.