6 Manfaat Infused Water Untuk Diet Hingga Mencegah Penuaan

6 Manfaat Infused Water Untuk Diet Hingga Mencegah Penuaan

Tahukah anda apa itu infused water? Apabila anda pernah melihat seseorang membawa sebotol air minum dengan irisan buah di dalamnya, itulah yang di sebut Infused water.

Infused water adalah minuman yang terbut dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam sebelum dapat di konsumsi. Tak hanya terasa menyegarkan saat diminum, infused water juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita lhoo.

Belakangan ini infused water tengah naik daun, karena dianggap sebagai minuman pelengkap gaya hidup sehat yang kaya akan manfaat. Minuman ini dipercaya dapat menurunkan berat badan, membantu proses detoks pada tubuh, hingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Benarkah demikian?? Yukk kita cari tahu faktanya lewat ulasan berikut ini.

Berbagai Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Terbuat dari campuran buah-buahan atau rempah-rempah yang direndam dalam air, infused water mengandung sedikit vitamin, mineral, elektrolit dan antioksidan. contohnya air nabeez, air nabeez adalah air rendaman kurma atau kismis, air ini termasuk salah satu contoh infused water. Karena diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Mendukung Proses Detoksifikasi

Infused water  adalah minuman yang terbuat dari campuran buah-buahan segar atau rempah-rempah dan juga dikenal bermanfaat sebagai air detoks. Minuman ini diklaim bisa membantu tubuh dalam proses pembuangan racun penyebab penyakit dalam tubuh.

Oleh sebab itu, Anda disarankan mengonsumsi infused water untuk membuang racun berbahaya dari dalam tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Mata Panda

Walau demikian, tetap saja belum ada studi yang membuktikan bahwa air campuran buah ini lebih baik untuk detoksifikasi tubuh bila dibandingkan dengan air putih biasa. Jika tidak memiliki infused water, Anda di anjurkan untuk minum air putih guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini menjadi salah satu list manfaat infused water. Air mineral yang dicampur dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dianggap mampu melawan efek penuaan dini.

Penuaan dini biasanya ditandai dengan adanya flek-flek hitam pada wajah, terdapat garis halus, pori-pori membesar, bentuk mata terlihat berubah, kulit wajah mengendur, wajah terasa kasar, serta adanya perubahan warna kulit. Supaya manfaatnya lebih efektif, jangan lupa untuk olahraga mengonsumsi makanan sehat bergizi, serta  menjaga pola hidup sehat ya!

3. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Mencukupi asupan cairan dalam tubuh, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi infused water, diyakini dapat melancarkan metabolisme. Dengan begitu, tubuh akan mampu membakar lebih banyak kalori dan memperoleh cukup energi.

Metabolisme yang meningkat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman sehat satu ini. Walaupun belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat infused water untuk turunkan berat badan, dengan banyak mengonsumsi air putih, kamu akan lebih cepat untuk merasa kenyang. Dengan demikian, porsi makanan bisa berkurang. Karana Air sendiri telah terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak.

5. Meningkatkan Energi

Penahkah kamu merasa lemas seharian dan karena mood yang buruk? Hal itu bisa saja terjadi pada saat asupan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Tidak hanya lemas, kurangnya asupan air dalam tubuh juga dapat memengaruhi konsentrasi, sehingga  menyebabkan tidak fokus saat bekerja.

BACA JUGA  Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Sebabkan Obesitas Hingga Kanker

Nah, infused water ini dapat dijadikan alternatif untuk kamu yang sudah mulai bosan dengan air putih. Selain karena rendah kalori, infused water juga mengandung banyak vitamin yang membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

6. Melancarkan Organ Pencernaan

Selain untuk meningkatkan energi, manfaat infused water selanjutnya adalah membantu tubuh untuk melancarkan organ pencernaan. Manfaat satu ini dapat diambil jika kamu membuat ramuan infused water dengan irisan lemon. Karena lemon sendiri bersifat diuretik yang dapat merangsang pergerakan gastrointestinal ketika dicampur dengan air hangat.

Cara Membuat Infused water

Pada dasarnya membuat infused water sangatlah mudah. Anda juga bisa mengganti buah-buahan dan rempah-rempah yang ingin ditambahkan sesuai selera. Dibawah ini adalah salah satu contoh resep infused water yang bisa Anda coba di rumah:

  1. 2 buah pir, potong kecil-kecil
  2. 1 potong jeruk nipis, potong menjadi dua
  3. Jahe secukupnya, iris tipis-tipis
  4. 0,5–1 liter air matang atau air mineral

Apabila bahan-bahan tersebut telah tersedia, Anda bisa membuat infused water dengan cara berikut ini:

  1. langkah pertama, campurkan buah dan rempah tersebut ke dalam air matang atau mineral.
  2. Lalu diamkan selama 8-12 jam.
  3. selanjutnya, Infused water siap untuk dinikmati.

Note: pastikan air yang digunakan adalah air minum yang bersih. Dan jangan lupa juga untuk mencuci buah dan rempah yang akan digunakan sampai bersih.

Menerapkan gaya hidup sehat memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Banyak cara yang dapat kamu lakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi infused water. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan istirahat dan tidur yang cukup, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, kelola stres dengan baik, kurangi konsumsi junk food, serta berhenti merokok.

BACA JUGA  Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Dengan Bahan Alami

 

 

 

About Mia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *