Rahasia Cepat Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Rahasia Cepat Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang kerap di alami semua orang, baik pria maupun wanita. Seiring berjalannya waktu, sebenarnya jerawat ini akan hilang dengan sendirinya.namun tetap saja, banyak orang yang berusaha mencari cara menghilangkan jerawat dengan sepat. Sebab, masalah kulit yang satu ini kadang membuat resah untuk sebagian orang. Karena dapat mengurangi rasa percaya diri.

Banyangkan saja ketika tumbuh banyak jerawat di wajah kita,pasti sangat mengganggu penampilan kita. Lalu adakah cara menghilangkan jerawat dengan cepat?? Tentu saja, karna sekarang ini sudah banyak cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami, dan juga sangat mudah untuk kita praktekkan sendiri di rumah. Apa saja bahan-bahan yang di butuhkan? bagaimana cara mengaplikasikannya?? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini!

Penyebab jerawat

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, kita harus mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan jerawat, yang mungkin saja belum kamu ketahui. Pada umumnya ada beberapa faktor yang memicu tumbuhnya jerawat, antara lain sebagai berikut

  1.  Adanya perubahan hormon dalam tubuh.
  2.  Masa pubertas.
  3.  Perawatan kulit yang salah.
  4.  Disebabkan malas atau justru terlalu sering mencuci muka
  5.  Faktor genetik
  6.  Menggunakan kosmetik yang salah
  7.  Efek penggunaan obat-obatan tertentu
  8.  Stres
  9.  Paparan debu dan polusi, dan lainnya.

Cara Menghilangkan Jerawat

Setelah tahu banyak sekali faktor yang menyebabkan tumbuhnya jeawat, anda dapat mempraktekan bebrapa cara mengatasi jerawat dengan bahan alami yang sering anda temui di rumah, antara lain sebagai berikut:

1. Putih Telur

Enzim lysonzim yang terkandung di dalam putih telur ternyata efektif untuk digunakan digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Caranya cukup mudah, anda bisa pisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian anda bisa menambahkan air perasan lemon, selanjutnya, oleskan secara merata pada wajah. Lalu diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

BACA JUGA:  Rahasia Diet Air Putih Langsung dalam 2 Minggu

2. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang setiap hari anda temui di dapur, ternyata kandungan zat sulfur dalam bawang putih diyakini mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Caranya mudah sekali, ambil dan kupas 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Lalu  tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu hingga kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan.

3. Mentimun

Selain dapat mengatasi lingkar hitam pada area mata, mentimun ternyata juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, serta memberikan efek dingin pada kulit wajah. Karena mentimun mengandung antioksidan yang tinggi, serta asam amino dan vitamin di dalamnya. Cara perawatannya mudah sekali, anda cukup aplikasikan masker mentimun secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Air lemon

Dalam buah lemon terkandungan asam askorbat yang dipercaya sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit. Selain itu, buah lemon juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Caranya, ambil 1 buah lemon kemudian potong dan peras airnya. Selanjutnya air lemon tersebut bisa langsung dioleskan pada bagian muka yang berjerawat. Tunggu kurang lebih 10 – 15 menit, kemudian bilas wajah mengggunakan air bersih.

5. Es Batu

Apabila anda ingin menghilangkan jerwat dengan cepat, es batu menjadi salah satu solusinya. Caranya mudah sekali, anda hanya perlu membungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan dan peradangan pada jerawat yang ada di kulit wajah anda.

6. Madu

Madu seringkali digunakan sebagai bahan utama untuk perawatan kulit secara alami. Karena madu dapat menjaga bakteri baik yang ada pada kulit, sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat. Dan juga memiliki kandungan yang mampu mengatasi masalah jerawat dengan ampuh. Anda bisa menggunakan madu sebagai masker jerawat setiap hari.

BACA JUGA:  Sejuta Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal Hingga Organ Hati

Untuk menggunakan madu sebagai masker jerawat,  caranya cukup simple, yang perlu anda lakukan adalah mencampurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 30 detik, kemudian diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, aplikasikan masker pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

7. Lidah Buaya

Selain dapat mengatasi masalah rambut, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Karna kandungan pelifenol yang terdapat dalam lidah buaya dapat menjadi bahan pembasmi jerawat, apabila digunakan secara teratur. Caranya cukup simple, anda hanya perlu mengambil gel yang terdapat dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Lalu diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. dan terakhir bilas menggunakan air hingga bersih.

8. Tomat

Vitamin A dan C yang terkandung di dalam buah tomat juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya juga sangat mudah, ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih  20 – 30 menit, selanjutnya bilas dengan air bersih.

Selain dengan bahan-bahan di atas, anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti kentang, cuka apel, kulit jeruk dan bahan alami lainnya.

Agar perawatan yang anda jalani membuahkan hasil yang maksimal, anda juga perlu mengimbangi dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari stres.

Apabila tips di atas telah anda lakukan, namun jerawat masih tetap membandel, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter kulit, agar segera mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.