Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Belakangan ini, kolesterol menjadi permasalahan bagi sebagian orang dewasa. Selain menggunakan obat resep dari dokter, ternyata kolesterol juga dapat di atasi secara alami. Siapa yang tak ingin terlepas dari obat-obatan, dan berusaha menurunkan kolesterol secara alami?. Kunci utamanya adalah menerapkan gaya hidup dan pola hidup sehat.

Melansir dari Harvard Health Publishing, mengandalkan obat-obatan semata tanpa di iringi dengan penerapan gaya hidup sehat tak bisa menjamin kadar kolesterol terkontrol. Hasil dari penelitian menemukan bahwa, kadar kolesterol total dan lemak jahat (LDL) ratusan orang terbukti berkurang setelah menerapkan pola makan sehat. Jika rutinitas menjaga asupan tersebut di iringi dengan olahraga dan gaya hidup sehat lainnya, efek penurunan kolesterol semakin terlihat hasilnya. Dibawah ini adalah cara menurunkan kolesterol secara alami yang perlu anda coba.

Cara Menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Kolesterol tinggi dapat terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah berada di atas batas normal (> 200 mg/dL). apabila tidak segera di tangani, kolesterol tinggi ini dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol dengan cara yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi. Sebenarnya, kunci utama dalam menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup dan pola hidup sehat. Di bawah ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa anda ikuti, antara lain sebagai berikut:

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Untuk memenuhi asupan lemak, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti yang terdapat pada telur atau alpukat. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak, omega-3, seperti ikan salmon dan makarel, karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Makanan Tinggi Serat

Membiasakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain membantu mengurangi kadar kolesterol, asupan yang kaya akan serat juga mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa contoh jenis makanan tinggi serat antara lain: kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Mengurangi makanan yang tinggi glukosa juga disarankan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami, dikarenakan konsumsi gula berlebih dapat beresiko untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dan sebaliknya, dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk mengontrol asupan gula, batasi menggunakan gula tambahan dan periksa kadar gula pada label makanan atau minuman yang akan anda konsumsi.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Mengutip dari Healthy, mengkonsumsi asupan tinggi magnesium terbukti dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Menurut  hasil dari penelitian, magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kekurangan kalsium bisa meningkatkan risiko serangan jantung, artimia, sampai nyeri dada.Ada banyak makanan yang mengandung magnesium contohnya: tahu, tempe,kacang-kacangan, pisang, sayuran hijau, gandum utuh, ikan, hingga alpukat.

5. Berhenti Merokok

Jika anda masih memiliki kebibasaan merokok, sebaiknya hentikan sekarang juga. Karena merokok dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh.Dengan begitu kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkatkan dan sebaliknya, kadar kolesterol jahat (LDL) akan menurun.

BACA JUGA:  Menu Diet Golongan Darah B Seminggu Terbaru 2021

HDL berperan untuk membersihkan kolesterol jahat di dalam darah dan mengembalikannya ke hati. Itulah sebabnya berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami.

6. Berolahraga Secara Rutin

Dilansir dari Mayo Clinic, untuk menurunkan kolesterol tinggi, anda perlu menjaga pola makan sehat dan diimbangi dengan kebiasaan aktif bergerak dan olahraga seacara rutin. Penderita kolesterol disarankan olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu, dan lebih aktif bergerak. Dengan membiasakan olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pilihlah jenis olahraga yang ringan tapi bisa rutin dikerjakan seperti jalan kaki, lari, atau aerobik di rumah. Selain itu, cari aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak seperti jalan kaki di jam istirahat, sering berdiri, bersepeda ke tempat kerja, berkebun, dan mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

7. Kurangi Stres

Dari hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Hal ini dapat terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu belajar mengelola stres dengan baik dari waktu ke waktu. Coba kelola stres dengan menggunakan cara meditasi, yoga, latihan fisik, menjaga hubungan baik dengan orang lain.

8. Hindari Lemak Trans

Lemak trans dalam jumlah kecil secara alami dapat ditemukan dari dalam daging sapi, daging kambing, susu, dan produk susu seperti keju. Pada awalnya lemak trans berasal dari makan tak jenuh. Namun, setelah makanan tersebut melewati proses pengolahan (proses hidrogenasi) yang membuat strukturnya menjadi berubah. pada umumnya lemak trans banyak di temukan dalam makanan olahan seperti gorengan, keripik, kerupuk, dan berbagai makanan cepat saji lainnya. Dan bagi penderita kolesterol tinggi disarankan untuk menghindari asupan tinggi lemak trans seperti ini karena sangat beresiko untuk meningkatkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh anda.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah Sederet Manfaat Daun Pegagan

9. Tidur yang Cukup

Studi telah membuktikan bahwa, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat menjadi alasan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah. Kurang tidur juga sangat beresiko meningkatkan kadar kolesterol jahat karena orang yang cenderung ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres saat kurang tidur. Pastikan atur waktu tidur yang cukup sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

 

Cara-cara di atas bisa sangat efektif jika dilakukan dengan konsisten. Dengan cara ini, kadar kolesterol bahkan bisa turun menjadi normal tanpa harus menggunakan obat-obat kimia.

Apabila anda memiliki kadar kolesterol tinggi, coba terapkanlah cara di atas setidaknya 1 bulan. Setelah itu, coba periksakan diri Anda ke dokter. Jika cara cara-cara tersebut tidak menunjukkan hasil yang efektif, Anda mungkin akan diberikan obat penurun kolesterol. Meski Demikian, pola makan dan gaya hidup sehat harus diterapkan.