7 Cara Ampuh Mengecilkan Pori Wajah Secara Alami di Rumah

Pori- pori wajah membesar? Masalah ini biasa di alami oleh semua kalangan , baik pria maupun wanita mayoritas sama-sama mengeluhkan masalah ini. Karena pori-pori wajah yang terlihat membesar akan mengganggu penampilan. L,antas, apakah penyebab pori-pori wajah dapat membesar? Dan adakah cara untuk mengecilkan pori- pori  wajah kita? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Pori-pori wajah adalah lubang kulit yang berperan penting untuk mengeluarkan keringat dan minyak alami pada wajah  (sebum). Tanpa kita sadari, selama ini pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak, sehingga membuatnya tampak lebih besar dari yang sesungguhnya. Pori-pori wajah yang membesar sangat mengganggu penampilan karena membuat aplikasi make up tidak dapat menutup pori-pori secara sempurna. Sebelum kita membahas  cara mengecilkan pori-pori wajah, Anda perlu tahu penyebab pori-pori wajah adalah karena produksi minyak alami (sebum) berlebihan pada wajah, dan karena menurunnya elstisitas kulit. Nah, kita harus memulai untuk mengatsi faktor penyebab itu terlebih dulu, maka pori-pori wajah kita juga akan teratasi.

Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Dibawah ini adalah cara mengecilkan pori-pori wajah yang wajib kamu coba dan rutin kamu terapkan di rumah, antara lain sebagai berikut:

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari merupakan salah satu cara utama untuk membantu masalah pori-pori wajah anda. Lakukan secara rutin saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Dan jangan lupa, pastikan facialwash yang kamu gunakan bersifat  non-comedogenic dan pastinya harus sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

BACA JUGA:  Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Sebabkan Obesitas Hingga Kanker

2. Menggunakan Tabir Surya ( sunscreen)

Usahakan untuk selsalu rutin menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung. karena apabila kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung, maka elastisitas kulit bisa berkurang dan membuat pori-pori semakin terlihat membesar.

3. Menggunakan Pelembab

Untuk membantu mengatasi masalah pori-pori besar pada wajah, pastikan kulit wajah kamu agar tetap lembap. maka dari itu,biasakan untuk menggunakan pelembap wajah setiap usai membersihkan wajah.

Meski begitu, pelembap wajah yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dulu dengan jenis kulit kita. Misalnya untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, maka sebaiknya pilih pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara alami mengecilkan pori-pori wajah tak cukup jika hanya melakukan perawatan wajah dari luar saja. kamu juga perlu mengimbanginya dengan perawatan dari dalam, yaitu dengan mambiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak jahat sebaiknya dibatasi karena bisa membuat pori-pori tersumbat, yang kemudian akan memicu pori-pori menjadi membesar pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen agar elastisitas kulit bisa membaik dan pori-pori tampak mengecil.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Selain mengkonsumsi makanan sehat, pastikan juga kamu minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Minum air putih yang cukup tidak hanya dapat membuat kulit menjadi lembap dari dalam, tapi juga dapat mendetoksifikasi  racun dan kotoran di dalam pori-pori, sehingga menjadikannya tampak lebih kecil.

6. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah salah satu cara alami mengecilkan pori-pori wajah yang sering kita abaikan. Padahal, cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori yang membuatnya terlihat lebih besar.

BACA JUGA:  Inilah Daftar Menu Diet Golongan Darah O Seminggu

Bagi anda yang masih bertanya-tanya apa itu eksfoliasi wajah? Eksfoliasi wajah adalah salah satu cara untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. bukan itu saja, eksfoliasi juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan halus, dan mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu terjadinya komedo membandel hingga jerawat.

Usahakan untuk rutin melakukan eksofoliasi wajah secara rutin setidaknya 1–2 kali dalam seminggu. Kamu bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan bahan-bahan alami yang kamu racik sendiri. Meski begitu, eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi kering, jadi kamu harus segera mengoleskan pelembap setelahnya agar kulitmu tetap lembab dan terhidrasi.

7.Menggunakan Masker Tanah Liat

Masker tanah liat dapat membantu mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati pada wajah sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan masker tanah liat 1–2 kali dalam seminggu.

Tapi ada yang perlu di ingat, jangan menggunakan masker tanah liat dan eksfoliasi wajah dengan bersamaan, karena kombinasi ini mungkin menyebabkan iritasi kulit, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

Berbagai cara alami mengecilkan pori-pori wajah tersebut bisa dibilang cukup mudah. Namun,untuk mengembalikan wajah tanpa pori-pori yang besar seperti sedia kala tidak bisa didapat hanya dengan perawatan yang sesekali. Dibutuhkan setidaknya 3 bulan untuk dapat melihat hasilnya. Untuk itu, cara ini harus diterapkan secara rutin.

Jika cara alami mengecilkan pori-pori wajah di atas sudah kamu lakukan, tetapi tetap saja tak kunjung menunjukkan hasil yang memuaskan. Sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan untuk mendapatkan solusi dan  penanganan yang tepat.