Sejuta Manfaat Teh Tawar, Membuat Tubuh Relax Hingga Cegah Kanker

Sejuta Manfaat Teh Tawar, Membuat Tubuh Relax Hingga Cegah Kanker

Kapan terkahir kali kamu minum teh? Kemarin atau bahkan tadi pagi? Kamu lebih suka teh manis atau teh tawar?  Berbahagialah untuk kamu penggemar teh, karena mungkin ada manfaat dari kebiasaaan minum teh yang belum kamu sadari sebelumnya.

Minum teh telah menjadi tradisi yang berkembang di berbagai negara, dan indonesia adalah salah satunya. Saat ini sudah banyak sekali jenis teh yang bisa dikonsumsi. Mulai dari teh hijau, teh hitam,  teh melati dan teh oolong, semuanya menawarkan berjuta manfaat. Manfaat minum teh sudah banyak di sadari oleh sebagian besar masyarakat, terutama manfaat teh tawar. Namun, masih banyak orang yang gemar minum teh menggunakan campuran gula, untuk memberi rasa manis pada teh yang rasanya memang cenderung hambar, bahkan sedikit pahit.Padahal gula adalah faktor munculnya berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Namun minum teh dengan tambahan pemanis tidak maslah apabila hanya di konsumsi sesekali saja, dan tidak di jadikan kebiasaan. Meski begitu, tak jarang juga orang-orang yang lebih memilih meminum teh tanpa gula atau teh tawar, dan apakah kamu tahu? mengonsumsi teh tanpa pemanis tambahan atau teh tawar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat teh tawar itu? Jangan di skip, simak ulasan berikut ini hingga akhir yaa..

Manfaat Minum Teh Tawar ( Tanpa Gula)

Berbahagialah wahai  kamu pecinta teh tawar, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari minum teh tanpa tambahan pemanis (tawar) yang mungkin belum kamu ketahui.

BACA JUGA  Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Sebabkan Obesitas Hingga Kanker

1. Menormalkan Kadar Gula Darah

Kebiasaan minum teh tanpa gula (tawar) dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Karena kandungan polifenol yang ada pada beberapa jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

Bukan hanya itu, polifenol yang terkandung dalam beberapa jenis teh juga bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 serta mengendalikan penyakit diabetes

2. Membuat Tubuh Menjadi Relax

Kebiasaan minum teh tawar juga dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks.Karena kandungan L-theanin yang ada di teh mampu membantu merelaksasi tubuh. Bahkan L-theanin juga memberikan manfaat lain, seperti meredakan stres, memperbaiki mood yang buruk, serta meningkatkan fungsi otak. Manfaat teh tawar tersebut dapat kamu peroleh di teh hijau dan teh hitam.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Mengonsumsi teh tawar secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Karena, kandungan polifenol yang terdapat pada teh dapat mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah. Hal tersebut membuat kamu tidak mudah mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga peredaran darah tetap lancar.

4. Menurunkann Kolesterol Jahat

Dalam sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwa mengonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Satu studi acak menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari mengurangi kolesterol LDL sebesar 11 %.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa teh hitam membantu meningkatkan kadar kolesterol pada individu yang berisiko terkena penyakit jantung atau obesitas. Manfaat ini bisa kamu dapat dari mengonsumsi teh tanpa gula.

5. Mencegah Kanker

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa polifenol dalam teh dapat menurunkan risiko pertumbuhan tumor. Minum teh seperti teh hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat. Karena kandungan antioksidan dalam teh yang sangat melimpah. Manfaat ini jauh lebih efektif apabila teh dikonsumsi tanpa gula (tawar).

BACA JUGA  Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum teh tawar jenis apapun dapat membantu penurunan berat badan. Kandunagan polifenol yang terdapat dalam teh telah terbukti mampu meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Selain polifenol, teh juga merupakan salah satu sumber kafein. Kafein bermanfaat untuk membantu tubuh membakar kalori dan lemak. Meminumnya tanpa gula juga dapat mencegah risiko obesitas.

7. Mecegah Alzheimer

Tak hanya bida membantu turunkan berat badan, teh juga mampu mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan merupakan penyebab utama demensia( penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir)

Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan. Manfaat teh hijau ini berpotensi menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson terutama jika dikonsumsi tanpa gula.

8. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sudah sejak dulu, teh hitam atau teh herbal dikenal dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Ketika kamu merasa mual atau setelah muntah, minumlah secangkir teh hangat dengan campuran jahe untuk menenangkan rasa mual tersebut. Pasalnya, teh dapat mengurangi rasa mual secara efektif. Tak hanya itu, hal yang sama juga berlaku pada gangguan pencernaan seperti diare. Secangkir teh hitam tawar mampu membantu mengurangi rasa mulas pada perut kamu.

Walaupun memiliki banyak manfaat, kamu juga harus tetap memperhatikan jumlah takaran teh yang kamu konsumsi. Batas minum teh yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir perhari. Jangan sampai melebihi jumlah tersebut, terutama jika kamu dalam kondisi hamil atau menderita sakit maag.

About Mia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *