Mengejutkan! Inilah Fakta Dibalik Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Mengejutkan! Inilah Fakta Dibalik Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Hampir semua orang mendambakan kulit bersih, halus, terawat tanpa noda. Namun kenyataannya hal itu sangat sulit untuk di wujudkan. Salah satu masalah pada wajah yang sangat mengganggu setiap orang pada umumnya adalah komedo.  Tak hanya menjadi penyebab wajah lebih berminyak, adanya komedo juga bisa meningkatkan risiko terbentuknya jerawat pada wajah. Tidak heran, jika orang-orang tersebut berlomba untuk mencari cara menghilangkan komedo di wajah.

Hampir semua orang mendambakan kulit bersih, halus, terawat tanpa noda. Namun kenyataannya hal itu sangat sulit untuk di wujudkan. Dan disinilah cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta gigi satu cara yang diduga dapat memberikan hasil efektif.

Pasta gigi dipercaya ampuh membersihkan komedo karena memiliki kandungan baking soda di dalamnya. Senyawa ini dianggap mampu membantu mengeringkan, membunuh, dan mengangkat komedo membandel. Tak hanya untuk komedo, senyawa tersebut juga klaim mampu mengatasi jerawat, lhoo! Cara perawatannya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke area yang berkomedo, selanjutnya tunggu hingga mengering dan kemudian dibersihkan.  Namun, apakah Cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta Gigi sudah terbukti aman untuk kulit? Kita akan bahas dalam artikel berikut ini.

Fakta Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Pada kenyataannya, pasta gigi cukup ampuh untuk membantu mengatasi masalah komedo yang membandel. Dikutip dari Derm Collective, pasta gigi membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasta gigi memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat di jadikan andalan. Walau demikian, para ahli tidak menyarankan penggunaan pasta gigi untuk membantu mengatasi masalah komedo maupun jerawat. Pasalnya, ada  beberapa bahan aktif dalam pasta gigi bisa mengiritasi kulit dan memberi efek samping lain yang merugikan. Bahan aktif dalam pasta gigi yang menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, antara lain:

  1. Triclosan. merupakan  agen antibakteri dan antijamur yang kuat dengan sifat anti-inflamasi ringan. Namun, penggunaannya dalam produk perawatan kulit dianggap kontroversial.
  2. Hidrogen Peroksida. Sama halnya dengan triclosan, hidrogen peroksida juga memiliki sifat antibakteri. yang mampu membunuh sel melalui proses yang disebut stres oksidatif. Namunjuga sangat disayangkan, karena stres oksidatif juga dapat merusak sel-sel sehat sehingga menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo.
  3. Sodium Bikarbonat. Soda bikarbonat berperan sebagai pengelupas yang ringan. Akan tetapi, natrium bikarbonat dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan pada kulit.
BACA JUGA:  Lezat, Ini 5 Manfaat Kurma Buat Ibu Hamil

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Masih banyak pilihan perawatan yang lebih aman di gunakan untuk membantu mengatasi komedo. Daripada membersihkan komedo dengan pasta gigi yang berisiko menyebabkan kulit iritasi, lebih baik kamu menerapkan cara lain yang lebih aman, yaitu dengan:

1. Madu

Madu ini telah terbukti efektif menghilangkan komedo karena kandungan anti-oksidan di dalamnya dan bonusnya, kamu mendapatkan kulit yang lembap. Dan caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengooleskan madu ke wajah yang bersih dan kering, lau diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat. Karena alami dan aman, madu dapat kamu gunakan untuk perawatan setiap hari.

2. Putih Telur dan Madu

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah menggunakan putih telur dan madu. Kombinasi dari keduanya ini dapat di aplikasikan ke seluruh wajah. Kemudian diamkan sampai kulit wajah mulai terasa kencang dan bilas masker dengan menggunakn air hangat. Kombinasi dua bahan ini tidak hanya mampu menghilangkan komedo tetapi juga akan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

3. Jus Lemon

Terkenal dengan kaya akan kandunagn vitamin C di dalamnya, ternyata lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang dapat menagkal radikal bebas yang ada dakm kulit. Kandungan ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga bisa juga diandalkan untuk menghilangkan komedo.

Caranya mudah sekali, gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon segar untuk membersihkan kulit dan fokuskan pada area komedo. Kamu bisa melakukan perawatan ini sebelum tidur dan membiarkannya semalaman kemudian kamu dapat membilas di pagi hari dengan air hangat. Ulangi ini setiap malam selama seminggu agar mendapat hasil yang maksimal. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit kering sebaiknya tambahkan minyak zaitun ke dalam jus lemon. Dan pastikan untuk menggunakan pelembap setelah membilasnya.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah Sederet Manfaat Daun Pegagan

4. Tepung Jagung dan Cuka

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan tepung jagung dan cuka. Kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok makan tepung jagung kemudian campur dalam cuka sampai campuran membentuk pasta kental. Oleskan ke area yang terkena komedo dan biarkan selama kurang lebih 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin atau es batu untuk menutup pori-pori. Tepung jagung berperan untuk menyerap kelebihan minyak, sementara cuka membantu memudarkan perubahan warna yang disebabkan oleh komedo. Agar hasilnya lebih efekfif, kamu bisa menerapkan perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera mengandung antioksidan dan aloin, yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Selain digunakan dalam bentuk masker, Kamu juga bisa memanfaatkan tumbuhan lidah buaya secara langsung. Yakni dengan caranya ambil daging lidah buaya yang sudah dibersihkan, kemudian  gosokkan pada area wajah yang berkomedo. Lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih setelahnya.

6. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi merupakan salah satu cara mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit dengan teknik pengelupasan secara halus. Kamu dapat menggunakan face scrub eksfoliasi wajah dan usahakan untuk melakukanlah eksfoliasi wajah secara rutin, untuk membersihkan komedo di wajah secara optimal.

7. Toner

Membisakan untuk menggunakan toner dapat membantu mengatasi kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit berkomedo. Pasalnya, toner berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang sebelumnya tidak terangkat saat penggunaan make up remover.

Dan cara pakainya cukup mudah, kamu cukup mengaplikasikan toner setelah cuci wajah di pagi hari sebelum beraktivitas, dan di malam hari sebelum beranjak tidur.

BACA JUGA:  Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Sebabkan Obesitas Hingga Kanker

8. Membatasi mengkonsumsi makanan yang berminyak

Tidak hanya pencegahan dari luar, tapi pencegahan dari dalam juga harus dilakukan.Kamu disarankan untuk menghindari makanan yang berminyak dan berlemak tinggi. Pasalnya, kedua makanan tersebut bisa meningkatkan produksi minyak yang menempel pada kulit manusia.

Nah, bagaimana?  Sekarang kamu sudah tahu fakta di balik cara menghilangkan komedo hitam dengan pasta gigi, kan? Sebaiknya, gunakan cara-cara alternatif di atas yang lebih aman. Apabila komedo masih juga membandel, kamu bisa langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar segera mendapatkan perawatan yang sesuai kondisi kulit kamu.

Terimakasih telah mampir ke halaman kami. Semoga informasi-informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat dan dapat di jadikan solusi untuk masalah komedo kamu