Selain Minum Air Putih, inilah Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tetap Optimal

Selain Minum Air Putih, inilah Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tetap Optimal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan sebagai penyaring zat-zat sisa metabolisme dan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Mengingat fungsinya yang begitu vital, itulah mengapa menjaga kesehatan ginjal penting untuk dilakukan. Setiap orang beresiko mengalami penyakit ginjal, terlebih lagi jika tidak membiasakan atau menerapkan pola hidup sehat. Meski begitu ada beberapa tips sederhana yang dapat kamu terapkan sebagai cara menjaga kesehatan ginjal.

Kondisi ginjal yang kurang baik mengharuskan penderitanya menjalani cuci darah atau hemodialisis sampai 3 kali seminggu, termasuk konsumsi obat-obatan khusus.
Parahnya lagi, penyakit ginjal tidak hanya bisa menyerang orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Pada anak-anak, penyakit ginjal yang kronis tidak hanya dapat mempengaruhi fisik mereka, melainkan juga kondisi sosial, emosi, termasuk prestasi belajar di sekolah. Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan ginjal harus di mulai sedini mungkin.

Ketika ginjal mengalami kerusakan hingga komplikasi, maka sisa-sisa metabolisme tubuh akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, sesak napas dan kurang tidur. Dan kondisi seperti ini harus segera ditangani, karena penyakit ginjal ini pun merupakan kondisi yang cukup berbahaya lho! Maka dari itu, kami akan berbagi cara menjaga kesehatam ginjal yang bisa kamu terapkan.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu cara mudah mencegah penyakit ginjal adalah menjaga organ yang berbentu kacang ini tetap sehat dan agar tetap optimal. Sebenarnya, Kita hanya perlu memeperbaiki kebiasaan hidup kita, ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan dan tidak sedikit pula yang harus dikurangi bahkan di ubah agar ginjal dapat bekerja secara optimal. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ginjal agar tetap sehat.

BACA JUGA:  Inilah Ragam Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Terapkan Diet Sehat dan Seimbang

Semua orang, terutama anak-anak dianjurkan untuk dapat menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk mencegah gizi lebih atau obesitas. Karena obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) dan risiko diabetes, dan keduanya merupakan pemicu utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat kita terapkan dengan memnuhi komposisi-komposisi berikut ini:

  1. Serat dengan proporsi 15-25 persen
  2. Lemak dengan proporsi 25-35 persen
  3. Karbohidrat kompleks dengan proporsi 50-60 persen
  4. Protein dengan proporsi sebesar 5-20 persen
  5. Pemenuhan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral

2. Membatasi Konsumsi Garam

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi dapat memicu penyakit hipertensi di masa depan. Karena hipertensi juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal kronis di usia dewasa. Jadi mulai sekarang batasilah asupan garam dalam tubuh kita sesuai batas yang telah direkomendasikan.Untuk orang dewasa Batas konsumsi garam yang direkomendasikan adalah 5 gram (2.000 mg natrium) per hari atau terara dengan 1 sendok teh. Sedangkan untuk usia anak apalagi bayi usia 6-12 bulan, asupan garam yang diberikan harus lebih sedikit.

3. Membatasi Konsumsi Gula

Menurut saran ahli, bagi siapa saja sebaiknya mewaspadai asupan gula yang berlebih karena bahan makanan manis ini dapat menjadi pemicu utama diabetes dan obesitas. Dan keduanya tidak baik untuk mendukung kesehatan ginjal.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan anak yang berusia di bawah 2 tahun tidak dulu diberikan makanana dan minuman yang memiliki tambahan gula di dalamnya. Sedangkan, untuk anak usia 2-18 tahun, konsumsi gula sebaiknya tidak lebih dari takaran 6 sendok teh (25 gram) per hari. Dan bagi orang dewasa batas maksimal konsumsi gula adalah 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh per orang per hari.

BACA JUGA:  Inilah 8 Cara Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Mata Panda

4. Biasakan Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Bahaya dari kurang minum air putih salah satunya adalah beresiko terkena penyakit batu ginjal. Air putih merupakan salah satu cairan yang dapat membantu menaikkan metabolism tubuh dan membantu melancarkan pencernaan. Beban kerja ginjal akan terbantu dengan memperbanyak minum air putih, sehingga dapat membantu mengurangi terjadinya gangguan pada ginjal.

5. Biasakan untuk Rutin Berolahraga

Membiasakan untuk rutin berolahraga sebanyak 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-60 menit per hari, karena sangat penting dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Manfaat dari membiasakan untuk berolahraga di ataranya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menurukan tekanan darah, mengontrol diabetes, serta menurunkan berat badan yang baik untuk kesehatan ginjal.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol Berlebihan

Konsumsi rokok dan alkohol secara berlebihan merupakan salah satu bahan konsumsi yang amat sangat berbahaya yang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akan sangat-sangat mengganggu kerja ginjal, sehingga ginjal tidak akan bekerja secara optimal, yang akhirnya akan menyebabkan terjadinya gangguan ginjal. Selain itu, alkohol dan rokok juga dapat menyebabkan terjadinya kanker, sesak nafas, infeksi pada organ tubuh, hingga gangguan kehamilan.

7. Hindari Penggunaan Obat-obatan

Ketika kamu mulai merasakan sakit, seperti pusing yang sering terjadi, janganlah langsung meminum obat-obatan. Usahakan untuk mengonsumsi tanaman herbal, seperti  jahe, kunyit, lidah buaya dan tanaman obat lainnya terlebih dahulu. Karena masuknya obat-obatan ke dalam tubuh akan sangat mengganggu kinerja ginjal.

8. Rutin Memeriksakan Kesehatan ke Dokter

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sangat di sarankan bagi siapa saja untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh dan untuk mengantisipasi sejak dini jika ada risiko penyakit ginjal. Terlebih lagi bagi seseorang yang  keluarganya memiliki riwayat menderita penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi, karena berisiko lebih besar untuk mengalami penyakit ginjal.

BACA JUGA:  7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Terbaru

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal secara sederhana yang dapat kamu terapkan. Dan jangan lupa, jika kamu mulai mengalami gejala gangguan ginjal, jangan pernah menunda untuk memeriksakan diri ke dokter, agar segera mendapat perawatan yang tepat. Terimakasih telah berkunjung  ke halaman kami, semoga info yang telah kami sajikan dapat bermanfaat untuk para pembaca!