Jangan di Skip! Inilah 9 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

Jangan di Skip! Inilah 9 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah kamu mendengar kayu secang? Dan apa saja manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh kita?  Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) merupakan  tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak dan merupakan salah satu anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang biasanya akan di ambil pepagan (kulit kayu) dan kayunya untuk di jadikan sebagai rempah-rempah.

Salah satu manfaat kayu secang adalah dapat membantu menghangatkan tubuh. Kayu ini sudah sejak lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau untuk orang-orang jawa dikenal dengan sebutan wedang uwuh. Agar dapat dijadikan sebagai bahan minuman, batang kayu secang  diserut terlebih dahulu dan kemudian dijemur. Jika kamu ingin lebih praktis lagi, tak usah khawatir, karena kini kayu secang juga sudah tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen.

Ragam Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah kamu tahu, kayu secang bukanlah sekedar kayu biasa. Kayu secang merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dan manfaat kayu secang ini telah ramai dan di akui masyarakat dalam hingga luar negeri. Dikutip dari buku Toga Indonesia karya sastra dari Dwi Kusuma Wahyuni, Wiwied Ekasari,dkk, di Negara Cina, kayu secang ini dijadikan sebagai obat penenang, pendarahan, diare, serta gangguan menstruasi secara alami.

Kayu secang memiliki kandungan brasilin, rhamnetin, brasileinm, quercetin, asam linoleat, asam palmitat, asam stearat, dan senyawa lain di dalamnya. yang dapat di jadikan sebagai obat penenang, pendarahan, diare, serta gangguan menstruasi.

BACA JUGA:  Bunda Wajib Tau, 6 Cara Tepat Mengatasi Pilek Pada Bayi

Memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan, kayu secang dapat di jadikan obat herbal yang ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Kayu secang hanya perlu di cuci hingga benar-benar bersih, kemudiaan direbus sampai mendidih. Kayu secang telah banyak beredar di toko rempah-rempah di pasar tradisional. Jika kamu menginginkan yang lebih praktis praktis, kamu juga bisa mendapatkan kayu secang ini secara online.

Berikut ini merupakan manfaat kayu secang sebagai obat herbal pembasmi  penyakit.

1. Mengatasi peradangan dan nyeri

Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang mampu membantu meredakan peradangan dan nyeri. Dalam beberapa peelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri, contohnya karena radang sendi dan nyeri otot. Walaupun demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi penyakit akibat peradangan masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

2. Anti Bakteri Penyebab Berbagai Penyakit

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Dan salah satu manfaat kayu secang adalah untuk membantu membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Fungsi antibakteri pada kayu secang diketahui dapat membantu meningkatkan kerja sistem imun tubuh serta membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri SalmonellaStreptococcus, dan E. coli.

3. Mengatasi Diare

Secara tradisional, kayu secang sudah cukup terkenal untuk dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi diare. Kayu secang ini kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu untuk membantu  mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Hal tersebut juga didukung oleh beberapa riset yang menyatakan bahwa kayu secang mengandung zat antibakteri, sehingga dapat membasmi bakteri penyebab diare.

Tak cukup sampai di situ, orang yang sedang mengalami diare juga dapat mengonsumsi teh herbal atau jamu yang diolah dari kayu secang untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tuibuh agar terhindar dari dehidrasi. Namun, secara klinis, manfaat kayu secang sebagai obat diare masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. Oleh karena itu, jika diare yang kamu alami tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan serta pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:  Jangan di Buang! Inilah 10 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah

4. Infeksi Kulit

Serutan kayu secang efektif untuk membantu mengobati infeksi kulit. Pasalnya, kayu secang mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aereus, yang merupakan bakteri penyebab munculnya penyakit kulit bisul dan selulitis. Kayu secang memang kaya akan manfaat, tapi mengkonsumsi kayu secang tidak di sarankan untuk ibu hamil dan orang yang sedang mengonsumsi obat yang dapat menghambat pembekuan darah.

5. Mengobati Asamurat dan Rematik

Kandungan resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak asiri dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Pasalnya Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah riset yang dilakukan menggunakan media tikus. Disamping itu, senyawa aktif yang terkandung dalam kayu secang juga diyakini mampu membantu meredakan rematik dan pembengkakan.

6. Mengatasi Jerawat

Salah satu faktor pemicu tumbuhnya jerawat adalah karena adanya infeksi bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan di kulit. Kayu secang mengandung senyawa brazilin yang bersifat antibakteri, sehingga dipercaya mampu mengobati jerawat secara alami dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kayu secang juga memiliki kandungan zat yang bersifat antiinflamasi atau antiradang di dalamnya, sehingga dapat membantu mengobati jerawat. Untuk mendapatkan manfaat kayu secang ini, Anda bisa menggunakan rendaman air secang untuk membasuh wajah yang sedang berjerawat.Namun, Apabila jerawat kamu tidak kunjung sembuh, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter agar segera mendapatkan perawatan dan pengobatan jerawat yang tepat.

7. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kayu secang memiliki kandungan zat yang bersifat antioksidan dan antikanker, hal tersebut di dukung oleh penelitian di laboratorium yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang yang mengandung kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara.Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai pengobatan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:  Rekomendasi Cemilan Diet Indomaret Yang Enak

Oleh sebab itu, untuk menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker, kamu tetap disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, mengurangi stres, dan berolahraga secara teratur.

8. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Dalam sebuah riset telah menunjukkan bahwa konsumsi air rebusan kayu secang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah. Efek tersebut baik untuk membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Akan tetapi, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat alami penurun gula darah.

9. Mencegah kerusakan sel

Manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adaalah untuk mencegah kerusakan sel, hal ini di peroleh dari kandungan antioksidan tersebut terlihat dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat berperan penting untuk membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, misalnya diabetes tipe 2 dan kanker.

Tak hanya berbagai manfaat untuk kesehatan di atas, kayu secang juga merupakan  salah  satu bahan  non  sintetik  yang  dapat  digunakan sebagai  pewarna  alami  dan  akan menghasilkan pigmen  berwarna  merah  apabila  direbus. Proses ekstraksi tersebut dilakukan selama  20  menit  dengan  menggunakan  air mendidih, waktu pendidihan  selama kurang lebih 20 menit memberikan  intensitas  warna  merah  yang paling tinggi.

Kayu secang secara umum dapat dikonsumsi sebagai jamu atau teh herbal, tetapi tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan untuk mencegah terjadinya efek interaksi obat.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami, semoga info-info yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk para pembaca.