Apa itu Sinusitis? Cari Tau Penyebab, Gejala, Serta Cara mengobatinya

Apa itu Sinusitis? Cari Tau Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobatinya

Mungkin sebagian dari kamu, hingga kini masih bertanya-tanya, apa itu sinusitis? Dan bagaimana cara mengobati sinusitis? Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian dinding sinus. Dan sinus sendiri merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara yang ada di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak pada bagian belakang tulang dahi, kedua sisi batang hidung, bagian dalam struktur tulang pipi, serta pada bagian belakang mata.

Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang berperan sebagai penyaring dan pembersih bakteri atau partikel lain dalam udara yang kita dihirup. Disamping itu, sinus juga berfungsi untuk membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Pada umumnya, orang yang mendeita sinusitis seperti ini ditandai dengan gejala hidung tersumbat dan pilek yang lama sembuhnya, sinusitis dapat menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Lantas apa penyebab, dan gejala sinusitis?  Serta bagaimana cara mengobati sinusitis? Untul lebih jelas lagi, silahkan simak tuntas artikel di bawah ini.

Beberapa Faktor Penyebab Sinusitis

Sinusitis terjadi karena adanya pembengkakan atau peradangan dinding dalam hidung akibat virus atau reaksi alergi yang masuk dari saluran pernapasan atas. Virus tersebut memicu sinus untuk lebih banyak menghasilkan lendir, sehingga terjadi penumpukan dan penyumbatan pada saluran hidung. Kondisi inilah yang dapat mendorong bakteri atau kuman semakin berkembang di rongga sinus sehingga menyebabkan terjadinya infeksi.

BACA JUGA:  7 Cara Ampuh Mengecilkan Pori Wajah Secara Alami di Rumah

Dibawah ini merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko sinusitis pada orang dewasa, antara lain:

  1. Terjangkit infeksi jamur.
  2. Terjangkit infeksi gigi.
  3. Cedera pada hidung.
  4. Terjadi pembesaran pada kelenjar adenoid.
  5. Memiliki kebiasaan merokok (perokok aktif) atau terlalu banyak menghirup asap rokok (perokok pasif).
  6. Melakukan aktivitas menyelam dan berenang.
  7. Masuknya benda asing dan terjebak di dalam hidung.

Disamping itu, juga ada beberapa kondisi medis yang dapat memicu terjadinya sinusitis. antara lain sebagai berikut:

  1. Polip hidung, yaitu tumbuhnya jaringan menyerupai anggur dengan posisi tergantung dan membentuk massa di dalam hidung.
  2. Kondisi tulang hidung yang bengkok.
  3. Memiliki alergi, misalnya rinitis alergi atau asma. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terhambatnya saluran sinus.
  4. Cystic fibrosis, yaitu adanya kelainan genetik yang menyebabkan lendir mengental, kemudian menumpuk dan menyumbat berbagai saluran di dalam tubuh, terutama pernapasan dan pencernaan.
  5. Kondisi lain, seperti melemahnya imunitas tubuh

Pada anak-anak, sinusitis sering terjadi disebabkan karena alergi, tertular dari teman atau anak lain di sekitarnya, kebiasaan menggunakan dot atau minum dari botol dengan posisi berbaring, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap dan polusi.

Gejala Sinusitis

Berikut ini beberapa gejala yang sering terjadi ketika seseorang mengalami sinusitis:

  1. Keluar ingus berwarna kuning kehijauan dari hidung atau belakang tenggorokan.
  2. Hidung mampet hingga menyebabkan sulit saat bernapas.
  3. Nyeri wajah yang kian memburuk ketika digunakan untuk menunduk.
  4. Muncul tekanan pada telinga.
  5. Bau napas tidak sedap.
  6. Sakit kepala.
  7. Kelelahan.
  8. Demam.
  9. Batuk.

Sementara itu, beberapa gejala sinusitis kronis meliputi:

  1. Keluar ingus berwarna kuning kehijauan dari hidung dan belakang tenggorokan.
  2. Nyeri pada bagian rahang atas dan gigi.
  3. Kesulitan menghirup udara.
  4. Nyeri pada tenggorokan.
  5. Hidung mampet.
  6. Bau napas tak sedap.
  7. Nyeri wajah.
  8. Nyeri telinga.
  9. Kelelahan.
  10. Batuk.
  11. Mual.
BACA JUGA:  Rahasia Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI

Cara Sederhana Mengatasi Sinusitis

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat kamu ikuti untuk mengatasi sinusitis.

1. Mengggunakan jahe

Jahe tak hanya berperan sebagai bumbu dapur saja. Sejak berabad-abad lamanya, rimpang ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. lalu, apa hubungannya jahe dengan sinusitis?

Menurut studi dalam National Institutes of Health, ri,mpang jahe ini memiliki kandungan antimikroba, antiseptik, antioksidatif, serta antiinflamasi. Perlu di ingat, sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Lalu, bagaimana cara menggunakan jahe untuk meredakan sinusitis?

Caranya cukup simple, buatlah teh hangat yang dicampur dengan jahe untuk membantu melegakan saluran pernapasan. Ramuan ini dapat membantu meredakan hidung mampet karena flu dan sinusitis. Meski demikian, manfaat jahe sebagai obat herbal untuk mengatasi sinusitis hingga kinin masih belum terbukti secara ilmiah.

2. Kompres Air Hangat

Cara mengobati sinusitis selanjutnya adalah menggunakan kompres air hangat, kamu bisa mengompres bagian di sekitar hidung dengan air hangat. Dengan cara ini bisa membantu mengurangi beberapa gejala sinus yang membuat tidak nyaman.

3. Tinggikan Kepala Saat Posisi Tidur

Gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala, agar posisi kepala lebih tinggi dari biasanya. Cara ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus. Bisa juga untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat sinusitis.

4. Menghirup Uap

Cara selanjutnya adalah dengan menghirup uap air. Caranya sangat simpel, kamu hanya perlu menyiapkan air panas di mangkuk besar, lalu hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut. Cara ini dapat memberikan sedikit kelegaan untuk jalan napas.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk mengobati sinusitis adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Perbanyaklah minum cairan seperti jus dan air mineral untuk membantu mengencerkan lendir. Lebih baik menghindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan sinusitis akan menjadi semakin parah

BACA JUGA:  Cara Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki Secara Alami

6. Nanas

Nanas juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk cara mengobati sinusitis di rumah. Buah nanas memiliki kandungan bromelain, protein yang dapat membantu meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan. Selain itu, bromelain juga diyakini mampu untuk membantu meredakan batuk, dan mengencerkan lendir di tenggorokan.

Dilansir dari National Institutes of Health, penelitian in vitro dan in vivo menunjukkan bromelain menunjukkan berbagai aktivitas, contohnya antiinflamasi. Selai itu, bromelain juga memberikan  banyak manfaat untuk terapi kesehatan, salah satunya sinusitis.

7. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh sudah tak perlu di ragukan lagi, salah satunya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang umumnya juga dialami pengidap sinusitis. Madu dipercaya lebih efektif dibandingkan obat-obat kimia yang mengandung dextromethorphan (DMP).

Selain beberapa cara mengobati sinusitis di atas, kamu juga dapat menggunakan obat tetes steroid. Obat ini dapat membantu mengurangi peradangan di bagian rongga sinus dan membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain. Cara memakaiannya pun cukup mudah, hanya dengan disemprotkan langsung ke hidung. Namun obat ini hanya bisa di dapatkan dengan menggunakan resep dari dokter, tentusaja setelah kamu melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Demikian informasi seputar penyebab, gejala, serta cara mengobati sinusitis yang dapat kamu terapkan sendiri di rumah. Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami, semoga setiap informasi yang kami suguhkan dapat bermanfaat untuk para pembanca.