Inilah Segudang Manfaat VCO Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Inilah Segudang Manfaat VCO Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Virgin coconut oil atau yang biasa kita kenal dengan minyak vco adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang masih segar. Manfaat VCO untuk kesehatan sudah tak perlu di ragukan lagi, khasiatnya pun telah beredar luas, mulai dari obat luar untuk sakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh.

Virgin coconut oil diyakini memiliki kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan minyak kelapa biasa, karena telah melewati proses ekstraksi yang berbeda. Minyak VCO ini di dihasilkan langsung dari santan kelapa segar tanpa melewati proses  penyulingan, pemanasan, pemutihan, serta pengharuman sehingga tidak mengubah sifat alami yang terdapat pada minyak. Dan ternyata, manfaat VCO untuk kesehatan sangatlah menakjubkan. Yuk, ketahui informasi lengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Kandungan Nutrisi Minyak VCO

Minyak VCO (Virgin coconut oil) mengandung hampir 100% lemak di dalamnya.Walaupun  demikian, lemak pada minyak VCO memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak kelapa kebanyakan.

Minyak VCO (Virgin coconut oil) diketahui memiliki kandungan zat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut ini merupakan takaran nutrisi yang tersaji pada 1 sendok makan (sdm) minyak  VCO:

  1. Kalori: 121 kilokalori (kkal)
  2. Kolesterol: 0 miligram (mg)
  3. Total lemak: 13,5 g
  4. Protein: 0 gram (g)
BACA JUGA:  Menu Diet 1 Minggu Turun 10 kg Tanpa Olahraga Terbaru 2021

Manfaat VCO Untuk Kesehatan

Minyak kelapa umumnya juga dapat dijadikan sebagai minyak pijat. Namun, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) khususnya juga dapat dikonsumsi, lho. Kamu dapat mengkombinasikan VCO dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak VCO untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, kamu juga bisa menggunakan minyak VCO sebagai minyak pengganti untuk memasak atau campuran salad.

Kandungan nutrisi dalam minyak VCO memiliki kandungan nutrisi yang diyakini mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga lemak dalam tubuh akan semakin cepat terbakar dan diubah menjadi energi.

Disamping itu, penggunaan minyak VCO juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan rasa lapar dan mencegah kamu terlalu banyak makanan.

Meski telah diklaim baik untuk membantu mengurangi berat badan. Namun, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih sangat terbatas sehingga masih memerlukan riset lebih lanjut.

Namun juga perlu di ingat, bahwa dalam hal menurunkan berat badan, kamu tidakbisa jika hanya  mengandalkan minyak kelapa semata. Kamu juga harus tetap berolahraga secara rutin dan  menjalani pola makan sehat dan seimbang.

2. Mengurangi kadar lemak jahat

Manfaat VCO (Virgin coconut oil) untuk kesehatan  lainnya adalah dapat membnatu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, beberapa riset telah menunjukkan bahwa konsumsi VCO (Virgin coconut oil) hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Aplikasi Diet Kalori Terbaik

3. Diyakini Mampu Menaggkal Virus dan Bakteri

Manfaat VCO untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Tertama penyakit yang  bersumber dari berbagai patogen seperti bakteri, kuman, hingga virus.

VCO di klaim memiliki kandungan asam laurat sebanyak 50 persen dari asam lemak yang ada di dalamnya. Kandunagn inilah yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, serta anti-virus yang dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai sumber penyakit mematikan.

4. Menyehatkan Kulit Rambut

Ketika minyak VCO digunakan secara oles, minyak VCO banyak digunakan sebagai obat eksim dan membantu melembabkan kulit kering. Mengoles minyak VCO sebagai pelindung rambut juga diyakini mampu membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

pada umumnya, minyak VCO juga aman digunakan untuk obat oles pada kulit maupun diminum untuk obat alamiah jangka pendek maksimal 12 minggu beruntun. Namun, jika perawatan menggunakan minyak VCO tidak membuahkan hasil, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri pada dokter yang tepat.

5. Mencegah Diabetes

Asam lemak dalam VCO (Virgin coconut oil) di klaim dapat membantu memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, VCO (Virgin coconut oil) diyakini mampu membantu memperbaiki sensitivitas insulin. Meski demikian, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran manfaaat ini.

6. Menghasilkan Keton

Dalam minyak VCO juga terkandung rantai asam lemak trigliserida medium (MCTs) yang dapat langsung diubah oleh organ hati menjadi keton. Keton memberikan efek yang luar biasa untuk otak, seperti mencegah epilepsi dan Alzheimer, meski begitu, khasiat ini masih membutuhkan riset lebih lanjut lagi.

BACA JUGA:  Selain Minum Air Putih, inilah Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Tetap Optimal

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat VCO untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh tidak rentan menumpuk kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

Kini produk minyak kelapa murni atau VCO telah banyak beredar di pasaran dan mudah diperoleh dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum kamu membelinya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk penggunaan dan tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa murni atau VCO tersebut.

Selain itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk menunjang dan memelihara kesehatan. Terlebih lagi, apabila kamu memiliki riwayat penyakit tertentu.

Demikian informasi mengenai kandungan serta manfaat VCO untuk kesehatan tubuh. Dan terimakasih telah mampir di halaman kami, semoga setiap informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk para pembaca.