Cara Mengatasi Memori HP yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori HP yang Cepat Penuh

Cara mengatasi memori hp yang cepat penuh dapat Anda lakukan dengan cara memeriksa file-file besar seperti foto, video atau aplikasi yang memakan banyak ruang penyimpanan. Jika Anda menerima notifikasi tentang ruang penyimpanan yang hampir habis, maka kapasitas penyimpanan hp Anda tidak lagi memadai untuk menampung file yang lebih besar.

Tentu saja ini sangat mengganggu, apalagi jia Anda sedang melakukan kegiatan di luar ruangan yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk foto, rekaman video maupun unduhan file lainnya.

Kenapa Memori HP Mudah Penuh?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa memori HP cepat penuh, diantaranya adalah:

Ukuran Aplikasi yang Besar

Anda harus mengecek dulu ukuran file aplikasi sebelum melakukan pengunduhan. Kebanyakan dari kita langsung saja download aplikasi kemudian instal tanpa mempertimbangkan memory hp kita dengan ukuran file aplikasi.

Misalnya memory internal HP 10 GB, kemudian kita mengunduh 5 aplikasi game yang ukurannya 2 GB. Tentu saja kapasitas memory langsung penuh. Karena ukuran file game kekinian memang cukup besar mengingat grafis yang halus dan modern.

BACA JUGA:  Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil Dengan Mudah

Cache Aplikasi Menumpuk

Setiap aplikasi memiliki cache yang jika semakin sering digunakan maka cache akan semakin menumpuk. Misanya kita sedang membuka app shopee, tokopedia, bukalapak atau sejenisnya. Maka semakin banyak kita melihat-lihat barang maka file cache semakin besar.

Sebenarnya file cache tersebut memberikan keuntungan kepada kita dalam mempercepat pemuatan barang atau informasi lainnya. Namun seiring berkembangnya waktu maka file penyimpanan juga membengkak.

File Foto dan Video Semakin Banyak

Foto dan video akan bertambah semakin cepat tanpa terasa bagi para pecinta selfi. Karena biasanya satu foto selfie tidak cukup, sehingga membtuhkan beberapa kali pengambilan foto untuk satu angle saja.

Belum lagi foto dan video yang masuk otomatis dari group WA, meskipun tidak terlalu besar jika dibiarkan akan menumpuk dan mengurangi kapasitas penyimpanan.

Cara Mengatasi Memori HP Internal yang Cepat Penuh

Salah satu cara untuk mengatasi memori hp internal penuh adalah dengan menambah memori eksternal. Namun jika memori eksternal juga penuh, maka bisa mencoba cara berikut ini:

Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Segera pilih aplikasi yang tidak diperlukan dan segera uninstal. Biasanya aplikasi game online yang memakan banyak memory hingga beberapa GB. Jika aplikasi di ponsel sudah jarang digunakan maka segera akhiri saja, caranya:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Lalu pilih Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi yang hendak dihapus.
  • Setelah itu tap Hapus Instalasi.
  • Aplikasi telah dihapus.
BACA JUGA:  Daftar Merk HP yang Tidak Bisa Memakai Whatsapp dan Cara Mengecek Versi OS HP

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu pengaturan.
  • Selanjutnya masuk ke menu Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang memakan memori paling besar.
  • Kemudian buka aplikasinya.
  • Piih menu penyimpanan, lalu klik Hapus Cache.
  • Terakhir, lanjutkan dengan menghapus cache aplikasi yang lainnya.

Simpan File di Cloud

Layanan cloud atau google drive dapat membantu Anda untuk mengurangi kapasitas penyimpanan pada memori internal. Anda dapat memindahkan foto, video, atau file lainnya di layanan gratis ini.

Layanan gratis milik google ini setidaknya memberikan ruang penyimpanan gratis hingga 15 GB. Anda dapat mengakses data Anda setiap saat asalkan terhubung dengan koneksi internet.