Menu Diet Golongan Darah B Seminggu Terbaru 2021

Menu Diet Golongan Darah B Seminggu Terbaru 2021

Menu diet golongan darah B seminggu – Menjaga kesehatan merupakan hal penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Mengganti pola makan menjadi lebih sehat umumnya dilakukan oleh beberapa orang untuk membantu  menjaga kesehatan, salah satunya dengan menerapkan diet golongan darah.

Diet golongan darah merupakan salah satu program diet yang di-claim bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan sampai mencegah munculnya berbagai penyakit.  Namu sayangnya  masih banyak orang yang belum faham tentang pelaksanaan diet yang dilakukan berdasar golongan darah ini. Untuk lebih jelasnya, bangnazir akan mengupas menu diet golongan darah B seminggu dalam artikel berikut ini!

Baca Juga: Daftar menu diet sehat seminggu

Seputar Diet Golongan Darah

Ada  beberapa tipe diet yang terkenal dalam masyarakat, seperti diet keto, diet OCD, bahkan sampai diet golongan darah. Diet golongan darah secara harfiah memiliki arti tipe diet yang merekomendasikan beberapa orang untuk konsumsi makanan tertentu sama sesuai kelompok darah mereka, yaitu A, B, O atau AB. Teori ini awalannya ditenarkan oleh Peter D’Adamo pada tahun 1996. D’Adamo ialah seorang dokter naturopati yang menyaksikan ada sebuah riset yang menyatakan bahwa golongan darah berbeda cara dalam mengolah protein lektin dalam tubuh.

Seperti yang telah diterangkan oleh D’Adamo dalam bukunya yang berjudul  “Eat Right for Your Tipe: The individualized diet solution to staying healthy, living longer dan achieving your bagus weight”, konsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai golongan darah diyakini dapat menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Salah satunya yaitu terjadinya pengentalan atau aglutinasi darah, hingga tingkatkan resiko beberapa permasalahan kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, masalah pencernaan, bahkan sampai masalah ginjal.

BACA JUGA:  7 Cara Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi Asi

Hingga, Setiap orang yang melakukan diet golongan darah baik wanita atau pria hanya disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat tertentu yang sesuai tipe golongan darah mereka, serta menghindari makanan yang mengandung lektin yang tidak tepat. Otomatis, langkah diet sehat ini dapat mempengaruhi mekanisme pencernaan kita. Salah satu manfaat yang dapat kita bisa dari diet ini ialah turunnya berat tubuh.

Diet Golongan Darah B

Dari beberapa kelompok diet menurut golongan darah menu diet untuk golongan darah  B merupakan kelompok paling mudah untuk memilih makanan. Karena, mereka bisa bebas mengonsumsi makanan baik yang memiliki kandungan protein hewani atau nabati. Orang yang memiliki golongan darah B dikenali mempunyai kekuatan penyesuaian yang paling fleksibel serta lebih terbuka, yang disokong dengan kekuatan badan mereka yang tidak mudah sakit dan terserang alergi.

Tetapi rupanya, mereka rawan menderita diabetes dan masalah imun seperti kecapekan akut, lupus, dan multiple sclerosis. Ini karena mereka kurang sanggup menyeimbangkan antara konsumsi produk hewani dan nabati dengan ukuran yang pas. Langkah yang pas untuk lakukan diet kelompok darah B dengan konsumsi makanan yang sama sesuai, seperti sayur hijau, telur, daging, dan produk buatan susu rendah lemak, dan disarankan untuk batasi konsumsi ayam, jagung, tomat, dan gandum.

Daftar Menu diet golongan darah B seminggu

Sebenarnya sudah banyak referensi menu diet untuk kelompok darah B yang mudah kita dapatkan, entah itu berwujud buku atau PDF yang bisa kita jumpai di  internet. Tapi kamu juga bisa mencoba gabungan dari olahan beberapa makanan berikut sebagai menu diet untuk kelompok darah B dalam satu minggu:

1. Olahan Sayur

Banyak tipe sayur yang dapat dimakan oleh kelompok darah B, antara lain lobak, brokoli, bawang putih, selada, labu, bayam, sawi, tomat, terong, kol putih, dan paprika. Kamu dapat mengolah sayur-sayuran itu jadi menu diet sehat seminggu golongan darah b yang enak dan sehat, serta dapat dimakan baik pagi, siang, atau malam hari. Misalnya oseng selada air dan sawi hijau labu pedas.

BACA JUGA:  Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di jidat secara alami

2. Buah

Selainnya sayur, buah juga sangat baik dikonsumsi oleh kelompok darah B, bahkan bisa untuk setiap hari. Beberapa macam buah yang pas untuk tipe darah ini ialah pisang, anggur, nanas, plum, pepaya, dan lemon. Teratur konsumsi buah bisa juga membuat kamu memperoleh keuntungan lainnya. Diantaranya dapat menurunkan berat badan dan memperkecil perut buncit. Contohnya seperti juice lemon atau juice naspiruk (nanas, pisang, jeruk).

3. Olahan Daging

Untuk konsumsi daging, orang yang memiliki golongan darah B dapat mengonsumsi jenis daging apa saja, terkecuali daging bebek, angsa, kuda, babi. Terutama yang paling dilarang ialah daging ayam karena kandungan lektin dipercayai bisa mengganggu mekanisme ketahanan tubuh. Sebagai gantinya, kamu dapat konsumsi daging sapi, kambing, atau kelinci. Contoh olahan yang dapat kamu pakai untuk menu makan siang atau makan malam seperti buncis cah daging atau oseng jagung muda daging cincang.

4. Olahan Ikan (Menu diet golongan darah b seminggu)

Selain daging, salalah satu sumber protein yang bagus untuk kesehatan ialah daging ikan. Untuk diet golongan darah B, beberapa ikan yang pas untuk dimakan seperti ikan sarden, ikan nila, dan telur ikan. Disamping itu, ikan juga mudah untuk di olah seta  pas jika di jadikan menu diet golongan darah B seminggu untuk makanan siang atau malam. Misalnya seperti sup ikan nila dan sup kakap merah yang sehat  dan mengenyangkan.

Pantangan Menu diet golongan darah b seminggu

Meskipun tergolong sebagai pemakan segala, orang yang memilki golongan darah B juga tidak lepas dari makanan yang menjadi larangan atau pantangan. Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari untuk mereka yang ingin diet untuk golongan darah B?

BACA JUGA:  Jangan di Skip! Inilah 9 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

Menurut D’Adamo, kelompok darah B dianjurkan menghindari konsumsi daging ayam, kacang tanah dan wijen, jagung, dan gandum. Sebisa mungkin hindari semua daging asap atau daging yang diawetkan karena bisa beresiko mengakibatkan kanker perut pada orang yang memiliki asam lambung rendah. Karena beberapa makanan tersebut dapat berpengaruh di proses metabolisme, yang berbuntut menyebabkan kelelahan, hipoglikemia, dan kelebihan cairan (retensi air).

Rekomendasi Olahraga untuk Golongan Darah B

Supaya memperoleh kesehatan dan pengurangan berat badan yang maksimal, orang dengan golongan darah B dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga intensif sedang. Misalnya seperti jalan cepat, badminton, atau tenis. Disamping itu olahraga yang memusatkan pada kesetimbangan dan latihan olah napas bisa juga menolong menahan depresi, misalkan yoga, senam aerobik, kardio, serta angkat beban. Disarankan untuk melakukan olahraga yang di lakukan secara berkelompok. Karena bermanfaat untuk membantu  menyeimbangan kesehatan badan dan pikiranmu.

Walau di-claim dapat membarikan banyak manfaat, namun diet golongan darah ini belum memiliki riset yang cukup buat menunjukkan keefektifan dari diet ini. Jika ada claim yang mengatakan diet ini dapat menolong turunkan berat tubuh. Bisa saja disebabkan karena adanya pengurangan jumlah makanan kurang sehat yang dibarengi olahraga teratur. Dan bukan lantaran dampak pola makan tertentu yang disamakan dengan golongan darah.

Ditambah lagi, diet golongan darah ini tidak susun dengan menimbang keadaan kesehatan keseluruhannya. Oleh karenanya, sebelum kamu mencoba untuk melakukan program diet ini, dianjurkan untuk konsultasi lebih dulu ke dokter. Dan biarkan dokter yang menilai apakah diet ini cukup efektif dan tepat dengan keadaan kesehatanmu saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami suguhkan seputar menu diet sehat seminggu golongan darah B, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!