Memori HP Penuh, Cara Akses PeduliLindungi Tanpa Aplikasi

Memori HP Penuh, Cara Akses PeduliLindungi Tanpa Aplikasi

Memori HP Penuh, Cara Akses PeduliLindungi Tanpa Aplikasi- Fitur dan data di PeduliLindungi dapat dijangkau tanpa memasang aplikasi karena memory smartphone penuh? Apakah bisa?

Sejak beberapa bulan akhir, pemerintahan sudah memutuskan PeduliLindungi sebagai program wajib untuk masuk beberapa tempat khusus. Serta menjadi persyaratan utama untuk dapat masuk ke tempat khalayak seperti pusat belanja, bioskop, stasiun, dan fasilitas umum lainnya.

Melalui PeduliLindungi kita bisa memperlihatkan bukti sertifikat vaksin sebagai persyaratan kunjungan selama masa pandemi. Tetapi pada penerpannya, ada banyak warga yang kesusahan untuk terhubung dengan PeduliLindungi. Tetapi tetap ada masalah pada warga hingga tidak dapat memasang aplikasi tersebut pada handphone mereka.

Salah satunya masalahnya adalah kapasitas memory yang penuh dan kurang memadai, sehingga tidak ada ruangan untuk mengistal aplikasi PeduliLindungi. Meskipun begitu seluruh masyarakat bisa terhubung PeduliLindungi tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Berikut cara-cara yang dapat kamu ikuti agar bisa terhubung PeduliLindungi tanpa instal program.

Mengakses Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Sebenarnya, tanpa memasang aplikasi  PeduliLindungi, semua masyarakat masih bisa terhubung sertifikat vaksin melalui website situs sah PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/

Dan jika kamu ingin menampilkan sertifikat vaksin di website ini, karena itu harus login lebih dahulu. Karena, jika Anda segera lakukan penelusuran status melalui bar penelusuran di halaman awalnya website ini tanpa login, karena itu data yang diperlihatkan tidak akurat.

BACA JUGA:  Cara Convert PDF Ke Word Dengan Mudah, Simpel dan Praktis

Misalnya, jika sesorang hanya tercatat telah lakukan 1x vaksin, walau sebenarnya telah usai 2x vaksinasi. Apabila sudah  login menggunakan nomor telephone yang tepat, maka akan muncul data yang akurat.

Login harus dilakukan dengan menggunakan nomor telephone yang hendak dipakai untuk mendaftarkan vaksin, atau nomor aktif yang dipakai saat lakukan vaksinasi.

Kemudian silahkan masukan kode OTP yang telah dikirim melalui SMS ke nomor handphone kamu. Hal ini pun juga salah satu hal yang perlu diperhatikan karena jika kamu sampai salah masukkan nomor handphone, akan mengakibatkan akun kamu tidak terdeteksi telah melakukan vaksinasi.

Cara login PeduliLindungi Tanpa Aplikasi

  • Langkah pertama silahkan kunjungi situs resmi dari PeduliLindungi (https://pedulilindungi.id/) melalui Browser yang kamu miliki
  • Kemudian silahkan klik Login/ Registrasi yang terletak pada pojok atas kanan situs.
  • Jika sudah mempunyai akun, tentukan Login sekarang ini. Namun jika kamu belum memiliki akun, silahkan membuat akun anda melalui website PeduliLindungi terlebih dahulu.
  • Selanjutnya masukan identitas kamu berupa nama lengkap dan nomor handphone yang dipakai saat melakukan vaksinasi.
  • Apabila login proses login telah berhasil, silahkan klik profile yang terletak di pojok atas kanan
  • Kemudian kamu bisa tentukan sertifikat vaksin dengan mengeklik profile di atas kanan situs.
  • Selanjutnya klick menu “Sertifikat Vaksin”,  dan otomatis akan muncul Sertifikat vaksin pertama atau ke-2 yang kamu miliki.
  • Cara untuk mengunduh sertifikat vaksin juga sangat mudah yaitu cukup dengan click “Unduh Sertifikat” dan file unduhan sertifikat kamu akan langsung tersimpan di Galeri handphone.
  • Disamping itu kamu juga dapat mengirimkan file download tersebut lewat e-mail, agar bisa dicetak melalui PC atau komputer yang tersambung dengan printer.
BACA JUGA:  Cara Memperkecil Ukuran PDF Dengan Mudah dan Simpel

Aplikasi Yang Dapat Terhubung Langsung Dengan PeduliLindungi

Selain melalui website, para pengguna aplikasi PeduliLindungi juga dapat terhubung beragam feature yang berada di aplikasi Pedulilindungi melalui 11 aplikasi yang telah berada di handphone para pengguna.
Hingga, para pengguna yang memiliki permasalahan kebatasan memory ponsel tak perlu memasangkan (instal) program PeduliLindungi secara terpisah.

Mulai Oktober 2021 mendatang, masyarakat bisa mengakses PeduliLindungi melalui 11 aplikasi yang lain sudah terintegritas dengan PeduliLindungi .

Menurut Setiaji, Chief Digital Transformation Office Kemenkes integratif kesebelas program ini tidak dapat tampilkan data sertifikat vaksin. Jadi, apabila pemakai ingin mengechek sertifikat vaksin, tetap harus dijangkau melalui website Pedulilindungi.

“Aplikasi lain baru untuk scan QR PL (Pedulilindungi) untuk masuk ke gedung,” terangnya saat dikontak, Rabu (29/9).

Berikut ini adalah daftar 11 aplikasi yang dapat terhubung dengan PeduliLindungi :

  1. Gojek
  2. Grab
  3. Tokopedia
  4. Ticket.com
  5. DANA
  6. Livin’ by Berdikari
  7. Traveloka
  8. Cinema XXI
  9. LinkAja!
  10. GOERS
  11. JAKI.

Setiaji menyebutkan, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa aplikasi lain tersebut agar sejumlah fitur di PeduliLindungi dapat akses dalam beberapa aplikasi tersebut.

“Kami telah bekerjasama dan berkoordinasi dengan platform-platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, bahkan juga pemerintahan DKI [dengan JAKI], jadi tidak harus memakai PeduliLindungi, tetapi anda dapat memperoleh sejumlah fitur yang berada di PeduliLindungi,” terangnya dalam dialog RCEE Working Grup yang ditayangkan melalui chanel Youtube BNPB Indonesia, Jumat (24/9) kemarin.

BACA JUGA:  Cara Convert PDF Ke Word Dengan Mudah, Simpel dan Praktis

Ia menjelaskan, cara ini dilakukan oleh pihaknya untuk menjawab banyaknya keluh kesah dari masyarakat yang tidak dapat menginstal PeduliLindungi pada telephone seluler mereka.

“Nah ini menjawab barusan jika ada orang punyai smartphone terus program tidak ingin instal PeduliLindungi, nah dapat memakai ini,” tutur Setiaji.

Demikian informasi dari bangnazir mengenai solusi dari Memori HP Penuh, Cara Akses PeduliLindungi Tanpa Aplikasi, semoga bermanfaat dan dapat membantu.