cara mengatasi hidung tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah

Cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini mudah untuk dilakukan. Kebanyakan dari kita meremehkan masalah hidung tersumbat. Nyatanya hidung tersumbat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan terburu-buru panik ketika hidung tersumbat. Salah satu cara terbaik mengatasi hidung tersumbat adalah menghindari pemicu penyebab hidung tersumbat. Berikut ini beberapa penyebab hidung tersumbat.

Penyebab Hidung Tersumbat

  • Polusi udara seperti debu, asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan sejenisnya.
  • Alergi terhadap dingin, terkadang saat musim dingin atau pagi hari seringkali hidung menjadi mampet dan tersumbat.
  • Terkena virus flu.
  • Gangguan di sinus seperti penyempitan sinus, polip hingga tumor.
  • Terinveksi virus covid 19.

Mengapa Hidung Tersumbat, Padahal Tidak Sedang Pilek?

Seperti sudah dijelaskan diatas, alergi merupakan penyebab hidung tersumbat meski tidak sedang pilek. Gejala yang ditimbulkan biasanya hidung berair dan tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Menunggu hidung tersumbat sembuh dengan sendirinya bukanlah solusi terbaik. Beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat berikut ini bisa Anda lakukan tanpa harus pergi ke dokter. Setidaknya dapat meredakan keluhan tentang hidung tersumbat.

1. Menghirup Uap Hangat

Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda dapat menghirup uap hangat. Caranya masak air sampai mendidik kemudian taruh kedalam gelas atau mangkuk. Kemudian hirup uang secara perlahan. Anda juga bisa menambahkan bawang putih yang dapat membantu membunuh bakteri maupun jamur.

BACA JUGA:  Jangan di Skip! Inilah 9 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Saat suhu tubuh dingin, lendir yang menyebabkan hidung tersumbat semakin tebal. Untuk menghangatkan tubuh, Anda bisa minum minuman hangat seperti jahe, teh maupun minuman lainnya. Anda juga bisa mandi air hangat sekaligus menghirup uapnya.

3. Gunakan Pelembab Udara

Gunakan Humidifer atau pelembab udara, tambahkan tetesan minyak kayu putih atau minyak esensial pelega pernafasan lainnya.

4. Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Perbanyak konsumsi air putih, wedan jahe atau makanan berair lainnya seperti semangka, melon, pepaya dan sejenisnya.

5. Konsumsi Makanan Kaya Probiotik

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti kimchi, yogurt, asinan dan sejenisnya.

Kapan Harus Pergi Ke Dokter?

Ketika semua cara mengatasi hidung tersumbat diatas tidak membuahkan hasil dan kondisinya semakin memburuk setelah seminggu, maka segera konsultasikan dengan dokter.

Jangan menunggu lebih lama lagi jika disertai dengan demam yang tinggi, sesak nafas dan ingus semakin mengental dan berubah warna.