CARA MENGATASI MIMISAN

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat

Cara mengatasi mimisan berikut ini bisa Anda coba. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik, karena jika terlalu panik justru tidak akan bisa membuat Anda berfikir jernih.

Mimisan adalah suatu kondisi terjadi pendarahan pada area hidung karena pembuluh darah halus pecah. Meskipun mengeluarkan darah, namun ini bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan. Karena area hidung memiliki banyak pembuluh darah haus yang rawan pecah.

Namun jika mimisan terjadi berulang-ulang maka Anda perlu memeriksakannya ke Dokter. Seperti yang dikutip dari kompas.com, berikut ini tips dan cara mengatasi mimisan dengan mudah.

Cara Mengatasi Mimisan

1. Condongkan Tubuh Kedepan

Saat terjadi pendarahan pada hidung, kebanyakan orang mencondongkan tubuh kebelakang duduk bersandar agar darah tidak memenuhi wajah. Hal ini justru keliru, karena ditakutkan darah akan mengalir ke tenggorokan sehingga orang yang mimisan dapat tersedak dan muntah darah.

Hal yang benar yang harus dilakukan adalah duduk tegak dengan sedikit mencondongkan badan kedepan dan bernafas dengan mulut.

2. Jangan Menyumpal Hidung

Menyumpal hidung dengan kapas atau tissu dapat menyebabkan iritasi pada pembuluh darah dan memperparah pendarahan.

cara mengatasi mimisan yang benar adalah dengan menampung darah yang keluar menggunakan tissu atau handuk basah, dan hindari menyumpal hidung.

3. Jepit Hidung Secara Perlahan

Langkah selanjutnya adalah menjepit bagian bawah tulang hidung pada bagian yang lembut menggunakan ibu jari dan telujuk secara perlahan. Lakukan kurang lebih 10 menit. Saat menjepit hidup, tetap gunakan mulut saat bernafas.

BACA JUGA:  Viral Masker Camille Untuk Jerawat Terbukti Ampuh

4. Kompres Hidung Dengan Es

Untuk menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat pendarahan, Anda dapat menempelkan kompres es ke bagian pangkal hidung.

Jika beberapa cara diatas belum berhasil dan pendarahan pada hidung atau mimisan masih belum reda lebih dari 20 menit, maka segera periksakan ke dokter. Demikianlah beberapa tips dari bangnazir.com yang bisa Anda coba.