Cara Budidaya Ikan Platy

Cara Budidaya Ikan Platy Kohaku Santa Claus

Cara budidaya ikan platy kohaku sangatlah mudah, tidak hanya jenis kohaku atau santa clause, ikan platy jenis lainnya juga hampir sama cara pembudidayaannya.

Ada beberapa jenis ikan platy yang populer dan banyak diminati seperti ikan platy mickey mouse/caroline, ikan platy sunrise/sunset, ikan platy sanke dan ikan platy swordtail.

Cara Budidaya Ikan Platy Kohaku

Ada dua pilihan tempat yang bisa Anda coba untuk ternak ikan platy. Pertama budidaya ikan platy di luar ruangan/outdoor, pilihan kedua ternak ikan platy di dalam ruangan/indoor. Berikut ini langkah demi langkah budidaya ikan platy kohaku:

Siapkan Tempat Pemijahan

Cara budidaya ikan platy yang pertama adalah menyiapkan kolam semen atau kolam terpal dengan ukuran kurang lebih 2 x 1 meter. Untuk panjang dan lebar kolam bisa menyesuaikan, tidak harus selalu 2 x 1.

Anda juga bisa menggunakan media bak, ember atau aquairum untuk pemijahan. Bak mandi bayi, ember bulat tempat cucian, atau plastik tebal yang dibentuk kotak seperti kolam juga bisa digunakan sebagai tempat budidaya.

Manfaatkan apa saja yang ada di sekitar Anda.

budidaya ikan hias platy

Pemilihan Induk Ikan Platy

Usia indukan ikan platy yang bagus adalah 4 bulan keatas, sebenarnya usia 3 bulan sudah bisa dikawinkan. Perbandingan jantan dan betina adalah 1 : 3, 1 jantan dan 3 betina.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Pilihlah indukan dengan warna yang memiliki warna yang pekat, merahnya merah pekat dan putihnya juga putih pekat.

Untuk indukan betina, pilihlah yang memiliki bentuk montok, karena dapat menampuh telur yang banyak. Untuk pejantannya pilih yang ukuran panjangnya kurang lebih 2,5 cm.

Cara Membedakan Ikan Platy Jantan dan Betina

Ikan Platy Jantan

  • Bentuk badan langsing dan ramping
  • Sirip bagian anal berbentuk lancip seperti jarum

Ikan Platy Betina

  • Bentuk agak gemuk
  • Sirip bagian anak berbentuk seperti kipas

cara membedakan platy jantan dan betina

Proses Pemijahan (Cara Budidaya Ikan Platy)

Isi kolam semen/kolam terpal/ember/bak/aquarium atau media lainnya yang akan digunakan untuk pemijahan dengan ketinggian air kurang lebih 30-40 cm.

Jika menggunakan air sumur atau air keran sebaiknya endapkan air terlebih dahulu setidaknya 24 jam. Setelah itu masukkan pejantan dan betina ikan platy.

Jumlah indukan dapat disesuaikan dengan luas media kolam. Jika kolam Anda luas, maka bisa memasukkan indukan lebih banyak lagi, tetap menggunakan perbandingan 1 : 3. Berikut ini beberapa pilihan pemijahan yang bisa Anda coba:

1. Memasukkan indukan kedalam jaring atau breeding box didalam kolam atau aquarium sehingga nanti anakannya bisa langsung keluar dengan aman.

ternak ikan hias platy

2. Memasukkan indukan langsung ke kolam tanpa jaring atau breeding box, setelah terlihat betina yang hamil besar, segera diambil dan dimasukkan ke tempat tersendiri seperti ember. Jangan lupa diberikan tanaman air untuk perlindungan burayak yang keluar.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Setelah perut indukan betina terlihat kempes, segera angkat indukannya dan masukkan kembali pada kolam pemijahan.

Pembesaran Burayak Ikan Platy

Untuk pakan burayak pada minggu pertama bisa menggunakan infusoria, plankton, atau artemia. Jika tidak ada, maka bisa menggunakan pelet halus seperti pelet PSP, pelet polar red, dan sejenisnya.

Untuk minggu kedua sudah bisa diberikan pakan seperti cacing sutra, kutu air, jentik nyamuk yang masih halus, atau tetap menggunakan pelet.

Karena pertumbuhan burayak semakin besar, sebaiknya pindahkan ke tempat pembesaran yang lebih luas agar cepat besar.

Pergantian air setidaknya seminggu sekali, dengan cara disipon/disedot menggunakan selang untuk membersihkan kotoran di dasar kolam/aquarium. Sisakan setidaknya 1/3 air kemudian tambahkan air baru.

Proses Pemanenan Ikan Platy

Jika kebutuhan protein ikan platy terpenuhi, maka ikan platy sudah dapat dipanen usia 2 bulan – 2,5 bulan. Waktu yang relatif singkat tersebut tentu saja menghasilkan banyak keuntungan. Mengingat permintaan pasar yang begitu besar dengan biaya produksi yang relatif cukup murah.

Berapa Lama Ikan Platy Beranak?

Ikan platy beranak kurang lebih 30 harian dengan jumlah anakan bervariasi mulai dari 5 – 50 anak atau bahkan bisa lebih.

Jika ikan platy dapan dipanen usia 2 bulan, dan indukan terus beranak setiap bulan, maka pada bulan ketiga dan seterusnya Anda bisa menjual ikan platy setiap bulan.

Tentu saja ini budidaya ikan hias platy merupakan peluang bisnis yang bagus sehingga Anda seperti memiliki gaji bulanan. Apalagi jika tingkat produksi anakan terus meningkat setiap bulan.

BACA JUGA:  Makanan Ikan Guppy Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Dimanakah Menjual Ikan Platy?

Cukup mudah untuk menjual ikan hias platy, Anda bisa menjualnya secara online melalui facebook, instagram, youtube atau media social lainnya.

Anda juga bisa menawarkan ikan platy ke toko-toko ikan hias, atau menjualnya secara langsung di depan rumah atau toko ikan hias Anda sendiri.

Berapa Harga Ikan Platy?

Harga ikan platy sangat bervariasi, untuk harga partai dengan jumlah besar bisanya seribu rupiah sampai dua ribu rupiah untuk pengambilan dalam jumlah banyak.

Namun untuk ecer atau satuan kisaran harganya antara 3 ribu – 7 ribu rupiah per ekor.

Apakah Ikan Platy Butuh Aerator?

Ikan hias platy dapat hidup dan berkembang biak tanpa menggunakan aerator, jadi dapat meminimalkan biaya produksi. Anda bisa menghemat listrik dan tanpa harus membeli aerator.

Apakah Ikan Platy Beranak atau Bertelur?

Ikan platy termasuk kedalam jenis ikan livebearer, yaitu jenis ikan yang meyimpan telur didalam tubuh kemudian melahirkan anaknya. Telur yang disimpan didalam tubuh betina akan dibuahi oleh pejantan.

Apakah Ikan Platy Memakan Anaknya?

Ikan platy dewasa atau indukan bisa memakan anaknya. Sebaiknya setelah beranak segera pisahkan anakan ikan platy dengan induknya ke tempat baru yang khusus untuk tempat burayak. Jadi tidak dicampur dengan ikan dewasa.

Demikianlah tips dan cara budidaya ikan platy yang bisa menjadi salah satu inspirasi Anda dalam membuka usaha disaat pandemi seperti ini. Selamat mencoba!