Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Cara mengawinkan ikan cupang sebenarnya tidak terlalu sulit, mungkin untuk yang masih pertama kali mengawinkan masih bingung. Namun jika kita sudah beberapa kali mengawinkannya maka sudah terbiasa dan porsentasi keberhasilannya semakin besar.

Langsung saja berikut ini langkah demi langkah cara mengawinkan ikan cupang:

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Pemilihan Indukan

Calon indukan yang bagus untuk dikawinkan usianya setidaknya 6 bulan keatas, namun tidak lebih dari 14 bulan. Jika indukan terlalu muda maka burayak atau anakan ikan cupang kurang sehat dan mudah mati.

Apa Tanda Ikan Cupang Betina Siap Kawin?

Ikan cupang betina yang siap kawin memiliki tanda perutnya terlihat gendut dan terlihat bintik putih yang menandakan terdapat telur yang siap untuk dibuahi.

Sedangkan untuk cupang jantan, selain usia yang sudah mapan, biasanya cupang jantan mengeluarkan gelembung-gelembung udara seperti busa yang nampak di permukaan air.

Mempersiapkan Indukan Sebelum Dikawinkan

Setelah berhasil menyeleksi calon indukan, langkah selanjutnya adalah treatmen atau perawatan sebelum ikan cupang dikawinkan.

BACA JUGA:  Cara Ternak Ikan Guppy Cendolan Untuk Pemula

7 hari sebelum ikan dikawinkan sebaiknya beri makanan jentik nyamuk baik pada cupang jantan atau cupang betina. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan telur pada indukan betina. Sedangkan untuk cupang jantan, jentik nyamuk memberikan gizi yang baik sebelum melakukan proses perkawinan.

Menyiapkan Media Perkawinan Ikan Cupang

Gunakan media yang tidak terlalu luas, juga tidak terlalu sempit. Bisa menggunakan ember, sterofoam, atau bak tahu. Jika ukuran media terlalu besar biasanya ikan cupang justru gagal kawin karena ikan tidak saling melihat.

Isi wadah dengan ketinggian air kurang lebih 10-12 cm, endapkan setidaknya selama 24 jam. Masukkan daun ketapang untuk menetralkan PH air, daun ketapang juga bisa menjadi tempat bersarangnya telur ikan cupang.

cara bubidaya ikan cupang

Proses Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Proses pertama cara mengawinkan ikan cupang adalah mengenalkan ikan cupang jantan dan betina.

Proses Pengenalan Ikan Cupang

  1. Masukkan ikan cupang jantan kedalam bak media perkawinan.
  2. Masukkan ikan cupang betina di toples kecil transparan dan masukkan juga kedalam bak media perkawinan. Seingga kedua ikan cupang dapat melihat satu sama lain namun tidak bisa berinteraksi karena terhalang oleh toples transparan.
  3. Waktu yang tepat mamasukkannya adalah pagi hari, setelah itu tutup wadah bak media perkawinan menggunakan kardus atau media lain agar ikan cupang merasa aman dan tidak terganggu saat proses pengenalan dan perkawinan.
  4. Proses pengelanan ini setidaknya membuthkan waktu 24 jam. Jangan lupa tetap beri makan ikan cupang menggunakan jentik nyamuk atau kutu air.
BACA JUGA:  Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

ternak ikan cupang

Proses Menggabungkan Ikan Cupang Jantan dan Betina

  1. Keesokan harinya buka penutup bak media perkawinan, biasanya akan terlihat busa untuk bersarang telur yang dibuat oleh pejantan, ini menandakan ikan cupang jantan siap untuk kawin. Satukan ikan cupang jantan dan betina dengan mengambil toples transparant kemudian tutup kembali bak media perkawinan.
  2. Proses perkawinan ini biasanya berlangsung kurang lebih 1 x 24 jam atau 2 x 24 jam.
  3. Jangan sering-sering melihat proses kawin ikan cupang ini, karena jika sering dibuka penutupnya, ikan cupang akan stres dan gagal kawin. Cukup liat dan buka pagi dan sore saja saat pemberian pakan.

Kapan Indukan Cupang Betina Diangkat?

Setelah 1 x 24 jam, periksa saat pagi hari apakah ikan cupang betina sudah mengeluarkan telurnya atau tidak. Tanda-tandanya pada busa sarang yang dibuat pejantan cupang akan terlihat bintik-bintik kecil telur ikan cupang dan biasanya warna busanya terlihat agak keruh kecoklatan.

telur ikan cupang

Tanda lainnya perut ikan cupang betina sudah kempes dan terlihat diluar area sarang telur karena diusir oleh pejantan setiap kali akan mendekat ke area sarang.

Jika tanda-tanda diatas belum muncul, tunggu lagi hingga sore hari atau 2 x 24 jam keesokan harinya.

Angkat ikan cupang betina dan biarkan cupang jantan menyelesaikan tugasnya untuk mengerami dan menjaga telur hingga menetas.

Kapan Indukan Cupang Jantan Diangkat?

1 hari setelah indukan ikan cupang betina diangkat, telur cupang akan menetas namun belum terlihat jika dilihat dari atas. Karena burayak masih berenang dibawah telur. Pada hari ke empat setelah betina diangkat biasanya anakan ikan cupang sudah mulai bisa berenang kesana kemari.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Indukan cupang jantan bisa diangkat mulia dari hari keempat atau dibiarkan sampai 2 minggu setelah perkawinan.

Pembesaran Burayak Ikan Cupang

Setelah cara mengawinkan ikan cupang diatas berhasil, langkah selanjutnya adalah pembesaran burayak ikan cupang.

Pemberian pakan burayak cupang bisa dilakukan pada usia 4 hari dengan menggunakan infusoria atau artemia. Karena burayak cupang masih sangat kecil jadi hanya bisa makan sesuatu yang halus saja.

Setelah usia 2 minggu, burayak sudah mulai bisa diberi makan kutu air atau pelet halus dan bisa dipindahkan ke tempat pembesaran yang lebih luas seperti kolam semen, kolam terpal, ember bak mandi, box sterofoam dan sejenisnya.

pembesaran ikan cupang

Selain cara mengawinkan ikan cupang diatas, Anda bisa mencoba cara budidaya ikan platy sebagai alternatif lain dalam usaha ikan hias. Karena budidaya ikan hias memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba!