Apakah kacang menyebabkan jerawat

Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat?

Jerawat (Acne) merupakan salah satu masalah kulit yang dapat di alami oleh siapa saja. Masalah kulit ini berkaitan dengan adanya produksi minyak (sebum) yang berlebihan. Jerawat terjadi karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Namun banyak orang meyakini salah satu penyebab jerawat adalah karena makan kacang, dan apakah kacang menyebabkan jerawat itu fakta?

Siapa sih yang nggak suka kacang? Tapi sayangnya kacang sering kali disebut sebagai penyebab munculnya jerawat. Statement tersebut berhasil membuat beberapa orang khususnya para wanita jadi ragu untuk makan kacang. Dan yang masih menjadi pertanyaan adalah, apakah kacang menyebabkan jerawat? Yukk kita ungkap kebenarannya dalam artikel berikut ini.

Penyebab Tumbuhnya Jerawat

Apakah kamu sedang mengalami masalah jerawat? Sebenarnya apasih pemicu munculnya jerawat di wajah?  Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang muncul karena disebabkan oleh folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati, kotoran dan sebum, yaitu zat yang dihasilkan kelenjar minyak yang berfungsi melembapkan kulit.

Selain itu, jerawat juga dapat muncul karena pengaruh hormon dalam tubuh. Seperti contoh, seringkali jerawat muncul ketika menjelang jadwal menstruasi dan saat wanita hamil, Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon ketika wanita mengalami masa – masa tersebut.

Wajah berjerawat merupakan masalah yang paling nanyak di alami oleh anak usia remaja. Hal itu juga bukan tanpa alasan, karena pada masa pubertas, produksi sebum oleh kelenjar minyak benar-benar bertambah, bahkan juga dapat melebih jumlah yang dibutuhkan oleh kulit. Selain karena perubahan hormon, sebenarnya ada faktor lain yang menyebabkan munculnya jerawat, salah satunya adalah faktor jenis makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA:  Apa itu Sinusitis? Cari Tau Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobatinya

Salah satunya hal yang sering kita dengar adalah makanan yang menyebabkan jerawat. Makanan penyebab jerawat misalnya makanan yang tinggi gula, karena kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan jerawat semakin  memperburuk. Karena kadar gula yang berlebihan dalam tubuh akan menghasilkan minyak semakin banyak, dan akhirnya akan tumbuh jerwat baru. Lantas apakah kacang menyebabkan jerawat?

Apakah kacang menyebabkan jerawat?

Apakah kacang menyebabkan jerawat

Sejak dulu, kacang sudah biasa dipandang sebelah mata, bahkan dianggap seperti musuh terbesar bagi kulit wajah, bukan tanpa alasan, karena sebagian orang menganggap jika kacang bisa memunculkan jerawat. Nyatanya statement yang sudah beredar sejak lama tersebut  hanyalah mitos.

Penyebab utama terjadinya jerawat pada wajah yaitu adanya penyumbatan pori – pori pada kulit yang dipengaruhi oleh tiga faktor antara lain karena adanya infeksi bakteri, sel kulit mati, serta produksi minyak yang berlebihan. Ketiga faktor tersebut dapat disebabkan  oleh beberapa hal mulai dari  kesalahan dalam mencuci wajah hingga pengaruh faktor genetik.

Sebenarnya, alasan utama kenapa kacang disebutkan bisa mengakibatkan jerawat ialah kegiatan mekanisme pencernaan sesudah konsumsi makanan ini. Kandungan protein dan lemak yang tinggi pada kacang memerlukan tenaga dan waktu yang cukup banyak untuk dapat dicerna oleh tubuh.

Apabila proses pencernaan berjalan lambat, sistem kekebalan tubuh kemungkinan mulai memproduksi anti-bodi untuk menangani permasalahan ini. Sayang, anti-bodi itu rupanya membuat iritasi kelenjar sebaceous yang merangsang produksi minyak berlebihan.

Jika sebum terlalu banyak, pori-pori akan tersumbat dan memunculkan komedo dan jerawat. Ini yang membuat beberapa orang yakin jika kacang akan membuat kulit jerawatan. Meski begitu, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan apakah kacang mengakibatkan jerawat atau tidak.

BACA JUGA:  Mengejutkan! Inilah Fakta Dibalik Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Pasta Gigi

Hubungan antara Kacang dan Jerawat

Di tahun 2005 dan 2006, beberapa pakar dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat lakukan dua riset untuk menyaksikan jalinan di antara susu dengan munculnya jerawat. Hasil yang didapat dari ke-2 riset itu ialah rupanya konsumsi susu sapi bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah beberapa orang itu. Selainnya susu, kacang dikenal juga sebagai penyebab jerawat.

Kacang memang memiliki kandungan lemak yang tinggi, tetapi kurang cukup banyak sampai membuat penimbunan dan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit sampai mengakibatkan jerawat. Pemicu jerawat sebetulnya bukan konsumsi kacang, tetapi karena ada alergi pada kacang.

Cara untuk mengetahui apakah kamu alergi pada kacang, kamu bisa mencoba menghindar makan kacang selama 1-2 bulan kemudian lihat dan rasakan perubahannya. Jika setiap makan kacang, mukamu jadi jerawatan, tetapi sesudah 2 bulan tidak makan kacang, mukamu bersih dan bebas jerawat, kemungkinan kamu punyai alergi terhadap kacang.

Fakta Kacang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Fakta Kacang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Dari banyaknya pernyataan mengenai kacang yang dapat menyebabkan jerawat, tahukah kamu jika kacang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Untuk itu jangan pernah takut untuk makan kacang, karena menurut riset yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, mengkonsumsi coklat, es krim, bahkan kacang bukanlah sebab munculnya jerawat. Beberapa pakar justru yakin jika konsumsi kacang seharusnya bisa membantu mengurangi jerawat, karena kacang mengandung kaya asam lemak omega-3 yang bersifat anti-radang.

Beberapa macam kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete memiliki kandungan asam oksalat yang bagus untuk menjaga kulit dan mencegah jerawat. Kacang kedelai juga kaya asam lemak omega-3 yang bagus untuk kecantikan kulit. Kandungan omega-3 dari kacang kedelai sudah bisa dibuktikan sanggup melawan inflamasi pada tubuh, mecegah terjadinya kulit kering dan membuat kulit terlihat awet muda.

BACA JUGA:  Inilah Segudang Manfaat VCO Untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Jika ingin makan kacang, sebaiknya makanlah kacang yang dipanggang. Sebisa mungkin jauhi makan kacang yang dimasak karena memiliki kandungan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Ini karena minyak yang dipakai untuk menggoreng kacang memiliki kandungan lemak jenuh.

Maka banyak konsumsi gorengan seperti kacang goreng, bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Disamping itu, kamu perlu batasi konsumsi makanan manis dan memiliki kadar gula tinggi, karena konsumsi gula kebanyakan akan tingkatkan kandungan hormon insulin pada darah dan memacu produksi hormon androgen sebagai pemicu jerawat.

Jadi kesimpulan yang kita dapat yaitu pernyataan yang menyatakan makan kacang dapat menyebabkan jerawat itu hanya mitos. Tetapi, jika jerawat di wajahmu sulit untuk di hilangkan atau kamu punyai permasalahan kecantikan yang lain, sebaiknya lanngsung saja konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat.

Demikian informasi mengenai fakta dibalik kacang yang menyebabkan jerawat yang dapat bangnazir sampaikan semoga bermanfaat.