cara ternak ikan guppy

Cara Ternak Ikan Guppy Cendolan Untuk Pemula

Cara ternak ikan guppy cendolan berikut ini bisa menjadi alternatif usaha baru yang menjanjikan. Meskipun harganya murah, namun jika kita bermain kuantitas atau dalam jumpah besar, maka hasilnya cukup lumayan.

Ikan guppy cendolan biasanya banyak dijual di pasar, di pinggir jalan aatu toko toko ikan hias dengan harga yang sangat terjangkau. Berbeda dengan harga ikan guppy berkualitas yang harganya puluhan ribu, ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan.

Apa Itu Guppy Cendolan?

Ikan guppy cendolan merupakan ikan reject, yang sudah di sortir dan tidak masuk kedalam ikan guppy berkualitas.

Meskipun riject bukan berarti tidak bagus, ikan ini tetap terlihat bagus dan enak dilihat.

Yang membedakan ikan guppy cendolan dan ikan guppy berkualitas adalah genetik dan garis keturunannya.

Ciri-ciri ikan guppy cendolan

  1. Ikan guppy cendolan coraknya sudah tercampur warna warni sehingga tidak jelas jenisnya.
  2. Genetiknya sudah tercampur antara jenis satu dan jenis lainnya, sehingga anakan yang dihasilkan juga acak.
  3. Dari segi bentuknya, ekor ikan guppy cendolan biasanya tidak lebar, bentuknya tidak persisi. Kadang tubuhnya besar ekornya kecil, atau sebaliknya.

Namun ada juga ikan guppy cendolan berkualitas, maksudnya dari segi bentuk tubuh bagus, ekor lebar namun warnanya campur aduk.

Bagi orang awam justru ikan guppy cendolan lebih bagus karena lebih menarik dari segi warna.

BACA JUGA:  Cara Ternak Kutu Air Kultur Kutir Dengan Mudah

Berapa Harga Ikan Guppy Cendolan?

Harga ikan guppy cendolan bervariasi, untuk harga ecer biasanya antara 3 ribu – 5 ribu rupiah. Namun untuk harga pembelian partai dalam jumpah besar biasanya kisaran harganya antara 900 – 1.200 per ekor.

Cara Hasilkan Jutaan Rupiah Dari Ternak Guppy Cendolan

Untuk menghasilkan jutaan rupiah dari budidaya ikan guppy cendolan cukup mudah.

Katakanlah harga per ekor seribu rupiah, maka untuk bisa mendapatkan 1 juta rupiah Anda harus memiliki seribu ekor ikan guppy.

Satu indukan guppy bisa menghasilkan kurang lebih 3-50 ekor anakan. Misal dibuat rata-rata satu indukan beranak 30 burayak maka Anda membutuhkan 40 ekor betina dan 13 ekor jantan ( perbandingan jantan dan betina 1:3 ).

Dengan demikian dalam sekali beranak, Anda bisa mendapatkan kurang lebih seribu ekor. Sedangkan siklus beranak ikan guppy sekitar 3-4 minggu. Artinya Anda bisa menghasilkan kurang lebih seribu ekor setiap bulan.

Ikan guppy dapat dipanen kurang lebih 2,5-3 bulan. Sehingga pada bulan keempat dan seterusnya Anda bisa menjual ikan guppy seribu ekor per bulan, di kali harga seribu per ekor = 1 juta rupiah per bulan.

Dimana Menjual Ikan Guppy Cendolan?

Permintaan ikan guppy cendolan cukup banyak. Anda bisa menjualnya lewat media sosial facebook, instagram, tiktok, wa dan medsos lainnya. Bisa juga dijual langsung dengan mendatangi toko-toko ikan hias terdekat atau penjual ikan hias kaki lima.

Pengambilan partai dalam jumlah banyak biasanya per seratus ekor. Jika setiap toko atau pengecer ikan hias mengambil 100 ekor, maka untuk menjual seribu ekor ikan guppy Anda cukup mencari 10 toko ikan hias.

Cara Ternak Ikan Guppy Cendolan

Cara ternak ikan guppy cendolan berbeda dengan cara mengawinkan ikan cupang. Untuk melakukan budidaya ikan guppy cendolan, Anda cukup mencari indukan sebanyak-banyaknya dengan perbandingan 1 : 3, 1 jantan dan 3 betina.

BACA JUGA:  Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Media Budidaya Ikan Guppy

Untuk media budidaya ikan guppy, Anda bisa menggunakan kolam semen, kolam terpal, ember, bak, box kulkas bekas, box sterofoam atau bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk ternak ikan guppy.

Cara Mengawinkan Ikan Guppy Cendolan

Karena disini tidak bermain kualitas, maka cara ternak ikan guppy cendolan yang terbaik adalah mencampurkan langsung semua indukan jantan dan betina menjadi satu. Jika media budidaya tidak terlalu luas, Anda dapat membaginya menjadi beberapa tempat.

Untuk media ukuran 2 x 1 meter bisa menampung ratusan indukan. Untuk ketinggian air tidak terlalu tinggi, kurang lebih 20 – 30 cm.

Setelah dua sampai tiga minggu setelah pencampuran, maka akan terlihat beberapa indukan betina yang perutnya besar. Maka segera ambil dan pisahkan di tempat khusus seperti ember atau bak.

Satu ekor indukan ditempatkan di satu ember atau satu bak sendirian. Hal ini bertujuan agar burayak atau anakan guppy tidak dimakan indukan lain. Jangan lupa dikasih tanaman air atau tali rafia untuk media bersembunyi burayak guppy.

cara budidaya ikan guppy

Tanda-Tanda Ikan Guppy Hamil dan Mau Melahirkan

  1. Dari segi bentuk tubuh terlihat perut ikan guppy membesar terlihat kotak dan seperti mau pecah.
  2. Ikan guppy yang hamil selain perutnya membesar juga terlihat menyendiri dan tidak mau makan.
  3. Ikan guppy terlihat seperti bergetar atau menggosok-gosokkan tubuhnya di dinding kolam atau tanaman air.

Perawatan dan Pembesaran Ikan Guppy

Setelah ikan guppy selesai melahirkan, segera angkat indukan. Untuk pemulihan pasca melahirkan, berikan makanan kaya protein seperti kutu air atau jentik nyamuk yang halus pada indukan.

Pindahkan burayak ikan guppy ditempat pembesaran yang lebih luas agar cepat besar dan dapat bergerak bebas.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Platy Kohaku Santa Claus

Burayak ikan guppy dapat diberi makan artemia atau kutu air. Namun karena ini bukan ikan guppy berkualitas yang harganya mahal, maka Anda dapat menggantinya dengan pelet PSP atau pelet halus seperti tepung lainnya yang harganya murah meriah dan banyak dijual di toko peternakan.

Setelah usia 3 minggu keatas atau setelah ikan guppy agak besar, Anda dapat mengganti pelet halus menjadi pelet yang lebih agak kasar, seperti pelet pf 100 atau pelet jenis lainnya.

Berapa hari air ikan guppy diganti?

Untuk pergantian air, Anda bisa menggantinya setidaknya 3 hari sekali atau seminggu sekali. cukup buang sepertiga air, kemudian tambahkan air baru. Jangan lupa untuk menyipon atau menyedot bagian dasar kolam atau ember untuk membersihkan kotoran dan amoniak sisa pakan.

Pemanenan Ikan Guppy

Jika kebutuhan protein ikan guppy terpenuhi dengan baik, maka ikan guppy dapat dipanen sekitar 2,5 – 3 bulan. Dengan waktu panen yang relatif cukup singkat dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Bisa saja cara ternak ikan guppy cendolan berbeda-beda, karena setiap breeder atau peternak memiliki metode sendiri-sendiri dalam menghasilkan ikan hias guppy. Selamat mencoba!!!