6 Cara Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak Secara Alami

6 Cara Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak Secara Alami

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dirasakan oleh setiap kalangan. Jerawat seringkali muncul tanpa bisa diprediksi, masalah ini pastinya akan mengganggu penampilan sebagian orang, belum lagi lagi jika jerawat tersebut mengalami peradangan. Pada kondisi ini,  biasanya jerawat akan menimbulkan rasa sakit jika tersentuh. Untuk itu kita perlu tau cara mengempeskan jerawat yang bengkak dengan cara yang tepat.

Ketika jerawat sedang dalam kondisi meradang atau mengalami pembengkakan, sering kali kita gemas untuk memencet dan ingin mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Apakah kamu salah satunya? Sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai saat ini, karena hal itu akan membuat kondisi kulit wajah semakin buruk dan membengkak. Nah, sebagai gantinya berikut ini cara mengempeskan jerawat yang bengkak yang bisa menjadi solusi jerawatmu.

Cara cepat mengempeskan jerawat yang bengkak

Jerawat yang dialami oleh setiap orang memiliki jenis yang berbeda – beda, muali dari komedo putih, komedo hitam, jerawat papula, jerawat pustula, jerawat batu, jerawat pasir, dan nodul. Salah satu jerawat yang dianggap meresahkan adalah jerawat nodul. Jerawat jenis ini merupakan jerawat yang memiliki kondisi meradang dan memerah yang keras dan terasa nyeri saat disentuh.

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat semacam ini atau kondisi jerawat yang gampang meradang, tak usah khawatir karena bangnazir telah menyiapkan rangkuman tentang cara mengempeskan jerawat yang bengkak dalam artikel berikut ini.

1. Air Lemon

Air lemon

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan kondisi jerawat yang bengkak, lemon merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat yang bengkak dan merah. Caranya pun juga cukup mudah kamu hanya perlu menambah perasan lemon ketika kamu sedang membersihkan atau membasuh wajah.

BACA JUGA:  Menu Diet Mengecilkan Paha dan Bokong Secara Permanen

Perasan air lemon diyakini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah kita. Untuk membantu mengempeskan jerawat secara alami usahakan untuk melakukan cara ini secara rutin untuk mendapat hasil yanng maksimal.

2. Toner Cuka Apel

Selain lemon, kita juga bisa menggunakan toner cuka apel untuk bantu mengempeskan jerawat yang meradang. cuka apel yang biasa kita pakai untuk wajah adalah toner cuka apel, yaitu cuka apel yang sudah dicairkan sehingga aromanya pun tidak terlalu menyengat jika dibandingkan dengan cuka apel itu sendiri.

Asam malat da ACA (Alpha Hydroxy Acid) yang terkadung dalam cuka apel juga sangat bermanfaat untuk anti-bakteri dan dapat membantu dalam menghilangkan bintik-bintik hitam mengganggu yang terdapat pada wajah kita.

3. Es Batu

Es Batu

Cara mengempeskan jerawat yang membengkak selanjutnya adalah menggunakan kompre es batu. Benda bersuhu dingin ini seringkali dikaitkan dengan sifat anti radang, hal itu karena es batu dapar membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat yang meradang sehingga bisa mengempeskan jerawat. Selain itu es batu juga bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan kemerahan yang membuat jerawat tidak terlalu tampak.

Dengan mengompres jerawat menggunakan es batu yang dilapisi kain, dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit. Dengan catatan, tidak boleh memencet jerawat saat melakukan pengompresan ini. Karena, memencet jerawat malah akan membuat kotoran yang naik menyebar dan bisa meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

4. Bawang Putih

Cara Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak dengan Bawang Putih

Khasiat dari bawang putih memang tak perlu di ragukan lagi, selain baik untuk kesehatan ternyata bawang putih juga dapat berperan penting untuk mengatasi masalah kulit. Salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengempeskan jerawat. Manfaat itu berasal dari kandungan anti-virus, anti-septik, anti-jamur dan antioksidan yang sangat ampuh untuk mengatasi banyak masalah kesehatan.

BACA JUGA:  9 Manfaat Air Jahe, Mulai Dari Mengatasi Mual Hingga Melawan Kanker.

Selain itu, sulfur yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu proses penyembuhan jerawat dengan cepat. Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah, kita hanya perlu membelah 1 siung bawah putih menjadi dua bagianm kemudian tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama lima menit, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita bisa melakukan cara ini secara rutin setiap hari.

5. Bubuk Kayu Manis dan Madu

Cara Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak dengan Bubuk Kayu Manis dan Madu

Kayu manis merupakan salah satu produk rempah yang memiliki banayak manfaat untuk kesehatan antara lain mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol hingga menccegah tumbuuhnya sel kanker. Disamping itu kayu manis juga sangat baik untuk membantu merawat kesehatan kulit lhoo.

Manfaat dari kayu manis untuk kecantikan kulit ini akan semakin terlihat jika kita mengkombinasikan kayu manis dengan madu. karena madu memiliki sifat melembapkan kulit serta membantu melawan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara untuk mengempeskan jerawat yang bengkak adalah dengan mencampur kurang lebih 2 sendok teh kayu manis bubuk dan 2 sendok makan madu, aduk rata hingga membentuk pasta atau krim. Setelah itu oleskan racikan masker tersebut pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama kurang leib 20 menit dan bilas menggunakn air hingga bersih.

Kombinasi masker ini dapat membantu kita mengatasi peraradangan pada jerawat dan mampu mengempeskan jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita bisa mengulang – ulang tips ini satu sampai dua kali dalam seminggu.

6. Pasta Gigi

Pasta Gigi untuk Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak

Cara mengempeskan jerawat yg bengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan pasta gigi. Tak hanya bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan rongga gigi dan mulut, pasta gigi atau yang biasa kita sebut odol ternyata memiliki  manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. salah satunya adalah dapat membantu untuk mengatasi masalah jerawat yang membengkak.

BACA JUGA:  Wajib di Coba, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Dalam hal ini kita tidak boleh menggunakan pasta gigi atau odol yang mengandung flouride dan mentol karena dua bahan itu bisa membuat kulit iritasi dan mengakibatkan jerawat sering muncul semakin banyak. Untuk mengatasi peradangan jerawat, kita hanya perlu mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian jerawat ketika hendak tidur pada malam hari. Ketika pagi hari baru kita bisa membasuh dan membersihkannya dengan menggunakan air bersih.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Selain caranya yang mudah, bahan – bahan alami yang digunakan juga sangat mudah kita jumpai disekitar kita. Dan sekedar mengingatkan kembali, ketika kamu berjerawat jangan pernah berfikir untuk mencoba memencetnya, karena hal itu dapat menyebabkan infeksi dan peradangan yang semakin parah.

Demikian 6 cara mengempeskan jerawat yang bengkak yang dapat kami sampaikan, Untuk kamu yang memiliki bekas jerawat hitam, mungkin kamu bisa mencoba cara menghilangkan bekas jerawat hitam di jidat semoga tips di atas dapat membantu dan selamat mencoba.