makanan ikan guppy

Makanan Ikan Guppy Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Makanan ikan guppy tidaklah sulit untuk didapatkan. Makanan yang mengandung protein tinggi dapat mempercepat pertumbuhan ikan guppy sekaligus dapat mempersingkat hasil panen. Sehingga biaya produksi untuk pemeliharaan ikan menjadi lebih hemat.

Apa Saja Makanan Ikan Guppy?

Ikan guppy sebenarnya adalah ikan liar yang pada habitat aslinya ikan ini memakan lumut, plankton, kutu air, cacing sutra, jentik nyamuk dan berbagai macam jenis hewan kecil lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan ikan guppy yang bisa Anda coba:

1. Pelet

Pelet merupakan makanan ikan guppy yang paling mudah didapatkan. Anda bisa membelinya di toko ikan hias atau toko online seperti marketplace. Beberapa merk pelet yang bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan guppy diantaranya adalah pelet fengli, pelet NRD, Pelet MeM, atau pelet PF100.

Pelet yang baik adalah yang mengandung protein tinggi setidaknya 30%. Anda dapat melihat kandungan protein pada kemasan pelet.

2. Artemia

Artemia adalah pakan hidup untuk ikan guppy, yaitu sejenis udang yang sangat kecil sehingga sangat cocok untuk burayak ikan guppy.

Artemia yang dijual biasanya masih dalam bentuk telur, biasanya dijual per gram. Kamudian peternak ikan guppy mengkultur atau menetaskan sendiri telur artemia sebanyak sesuai yang diinginkan.

Artemia mengandung 55% protein, 7,2% kadar abu, 2,04% serat kasar, 18,9% lemak dan 81,9% air, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ikan guppy.

3. Kutu Air

BACA JUGA:  Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Kutu air berukuran sangat kecil dan biasanya berwarna merah jika bergerombol. Kutu air banyak ditemukan di genangan air seperi empang atau selokan. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan kutu air di alam liar, maka bisa memperbanyak dengan cara dibudidayakan dengan membeli starter atau indukan kutu air sebagai awalnya.

3. Daphnia Magna

Daphnia Magna hampir mirip dengan kutu air namun sedikit lebih besar. DM atau Daphnia Magna dapat dikembangbiakkan sebagai pakan hidup yang mengandung protein tinggi.

4. Cacing Sutra

Cacing sutra banyak ditemukan di selokan atau tempat pembuangan limbah kotoran ayam yang terdapat air mengalir. Bersihkan cacing sutra sampai benar benar bersih karena meskipun mengandung protein dan lemak yang baik, namun cacing sutra yang tidak dibersihkan sampai bersih dapat membawa kuman dan kotoran yang menyebabkan penyakit pada ikan guppy.

5. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk adalah pakan hidup yang sangat mudah ditemukan. Anda dapat menemukan jentik nyamuk pada genangan air di sekitar rumah. Jentik nyamuk juga mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan guppy.

Berapa Harga Makanan Ikan Guppy?

Harga pakan ikan guppy sangat bervariasi. Untuk pelet yang mengandung protein tinggi seperti pelet NRD dan MeM biasanya dijual ecer atau repack mulai dari harga 5 ribu sampai ratusan ribu.

Sedangkan untuk kutu air, jentik nyamuk atau cacing sutra biasanya juga dijual mulai kisaran harga 10 ribuan.

Berapa Kali Sehari Memberi Makan Ikan Guppy

Untuk pemberikan pakan burayak ikan guppy bisa tiga kali sehari dalam porsi sedikit karena burayak sedang dalam masa pertumbuhan. Sedangkan untuk ikan guppy usia remaja bisa 1 – 2 kali sehari.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Platy Kohaku Santa Claus

Bagaimana Cara Memberi Pakan Ikan yang Baik?

Cara memberi makan ikan guppy terbaik adalah dengan memberikannya sedikit demi sedikit. Sampai terlihat perut ikan guppy seperti buncit karena kenyang. Karena jika memberikan makanan terlalu banyak ditakutkan tidak habis dan justru menjadi amoniak yang membahayakan ikan guppy.

Ini berlaku untuk pemberian pakan pelet. Namun jika yang diberikan pakan hidup seperti kutu air atau daphnia magna maka tidak masalah karena mereka masih bisa hidup jika tidak dimakan dan justru bisa berkembang biak menjadi lebih banyak.

Apakah Ikan Bisa Mati Kekenyangan?

Ikan guppy akan makan sebanyak mungkin ketika diberi makanan, ini bisa membuatnya mati karena kekenyangan. Selanjutnya sisa pakan yang tidak termakan bisa menjadi amoniak yang dapat meracuni ikan guppy, sehingga ikan bisa mati.

Berapa Lama Ikan Guppy Bisa Bertahan Tanpa Makanan?

Ikan guppy dewasa bisa bertahan tanpa makanan kurang lebih 1 mingguan, mungkin bisa lebih atau bahkan kurang. Ini tergantung dengan kondisi air aquarium atau kolam. Sedangkan untuk pengiriman, ikan guppy dapat bertahan juga kurang lebih semingguan didalam box packing.
Setelah mengetahui apa saja makanan alternatif ikan guppy, Anda dapat mencoba cara ternak ikan guppy sebagai alternatif baru dalam memulai bisnis ikan hias. Selamat mencoba!