Cara Mengobati Mata Ikan Di Telapak Kaki Tanpa Operasi

Cara Mengobati Mata Ikan Di Telapak Kaki Tanpa Operasi

Apakah di kaki kamu terdapat  benjolan keras, kasar, dan berasa sakit saat disentuh? Jika iya, kamu harus berhati-hati. Masalahnya keadaan itu bisa saja pertanda kamu mempunyai mata ikan di kaki. Yok, kenali cara mengobati mata ikan melalui pembahasan berikut ini!

Mata ikan atau clavus merupakan penebalan kulit yang terjadi karena adanya tekanan dan gesekan yang terjadi berulangkali. Mata ikan bisa muncul tanpa bisa diprediksi pada bagian tubuh mana saja, tetapi paling umum terjadi pada bagian tangan, kaki, dan jemari. Masalah ini tentu saja dapat kita atasi dengan cara mengobati mata ikan.

Mata ikan umumnya berupa berbentuk bundar yang ukurannya cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan kapalan, mempunyai sisi tengah yang bertekstur keras, dan dikitari kulit yang meradang. Disamping itu mata ikan juga memiliki bentuk yang bisa mengganggu kecantikan kulit. Mata ikan ini biasanya akan disertai dengan rasa ngilu, cedera, dan infeksi. Namun keadaan ini biasanya bukanlah keadaan yang serius.

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan mata ikan, yukk kita kenali penyebab, pencegahan dan cara mengobati mata ikan di telapak kaki tanpa operasi, yang telah bangnazir rangkum dalam artikel berikut ini

Penyebab Mata Ikan

Pada intinya, pemicu tumbuh dan munculnya mata ikan yaitu karena adanya tekanan dan gesekan di permukaan  kulit yang terjadi berulang kali. Mata ikan muncul sebagai reaksi alami badan membuat perlindungan kulit supaya tidak mengalami cedera atau kerusakan lain yang kemungkinan terjadi karena adanya tekanan dan gesekan tersebut.

BACA JUGA:  Mata Ikan Di Kaki Obatnya Apa? Ini Kata Dokter

Dibawah ini merupakan beberapa contoh kebiasaan yang dapat menimbulkan mata ikan:

  • Menggunakan sepatu yang terlalu sempit dan tidak nyaman
  • Kebiasaan berjalan atau berlari terlalu lama
  • Seringnya menggunakan perkakas atau memainkan alat musik menggunakan tangan
  • Kebiasaan tidak pernah menggunakan kaus kaki atau memnggunakan kaus kaki yang tidak cocok dengan sepatu
  • Kebiasaan tidak menggunakan sarung tangan ketika beraktifitas yang melibatkan gerakan tangan atau tekanan yang berulang pada tangan

Selain karena adanya tekanan dan gesekan pada permukaan kulit, berikut ini juga ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan resiko seorang menderita  mata ikan, yakni:

  • Adanya kelainan bentuk jari, contohnya seperti hammertoe dan bunion
  • Adanya kelainan pada bentuk kaki dan tangan contohnya seperti taji tulang
  • Menderita Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Adanya kelainan pada kelenjar keringat
  • Adanya bekas lukan dan kutil

Meskipun mata ikan bisa saja bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang umur, namun mata ikan umumnya  terjadi pada seseorang yang berumur 65 tahun keatas.

Cara mengobati Mata Ikan

Ketika kita memiliki mata ikan, pastinya kita akan segera mencari solusi terbaik untuk mengobati dan mengatasi permasalah kulit kita. Nah berikut ini merupakan cara terbaik untuk mengatasi dan mengobati mata ikan.

Apabila tidak memunculkan gejala dan tidak menggangu aktivitas harian, sebenarnya mata ikan dapat pulih dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah cukup hanya menghindar penyebab mata ikan, contohnya apabila mata ikan terjadi karena pemakaian (sepatu yang sesak atau longgar) kurang nyaman, ,aka kita dianjurkan untuk menggunakan sepatu sama yang semakin nyaman, agar mata ikan bisa segera berkurang dan tidak semakin parah.

BACA JUGA:  5 Manfaat Penting Kurma, Disarankan di Konsumsi di Bulan Puasa

Apabila mata ikan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan ngilu kita harus segera melakukan cara mengobati mata ikan. Sebenarnya ada banyak sekali perawatan yang dapat kita lakukan sendiri di rumah untuk menanganinya, antara lain sebagai berikut:

  • Selalu menutupi tangan atau kaki yang terdapat mata ikan dengan kapas, busa, atau plester agar bisa terlindungi dari tenekanan dan gesekan
  • Rutin mengolesi mata ikan dengan menggunakan cream yang memiliki kandungan asam salisilat. Hal itu dilakukan agar kulit yang menebal bisa segera mengelupas

Selain itu, mata ikan juga membutuhkan pengobatan dan perawatan secara  klinis jika tidak juga pulih meski sudah melakukan perawatan mandiri di rumah. Mata ikan perlu diatasi langsung oleh dokter jika penderitanya memiliki  keadaan lain yang bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang biasa dilakukan dokter untuk mengatasi mata ikan :

1. Penipisan lapisan kulit yang menebal dengan pisau

Salah satu cara mengobati mata ikan kaki yaitu dengan menipiskan lapisan kulit yang menebal dengan pisau. Langakah ini bertujuan untuk menangani mata ikan, sekaligus membantu mengurangi rasa ngilu yang disebabkan karena mata ikan.

2. Menggunakan obat penghilang mata ikan dan kapalan

Cara mengobati mata ikan di tangan dan kaki bisa juga kita lakukan dengan menggunkan oabat atau salep penghilang mata ikan. Kita bisa menggunakan cream atau salep yang memiliki kandungan asam salisilat yang dapat melunakkan dan mengangkat kulit yang menebal. Tetapi, orang yang memiliki  penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer tidak disarankan untuk menggunakan produk ini karena beresiko mengakibatkan kerusakan susunan kulit terdalam.

3. Memakai bantalan khusus di sepatu

Langkah selanjutnya yang bisa kita terapkan untuk mengatasi mata ikan adalah dengan memakai bantalan khusus sepatu. Pemakaian bantalan sepatu sesuai dengan bentuk kaki orang yang memiliki mata ikan bisa membantu mencegah terjadinya kekambuhan pada mata ikan.

BACA JUGA:  Cara Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki Secara Alami

4. Operasi

Cara mengobati mata ikan dengan cepat salah satunya adalah dengan tindakan operasi. Dokter bisa menyarankan operasi untuk memperbaiki posisi tulang yang menyebabkan terjadinya gesekan. Meski begitu tindakan sangat jarang dilakukan.

Cara Mencegah Mata Ikan

Selain cara cara mengobati mata ikan, kita juga perlu tahu apa saja cara yang dapat mencegah muncul dan terjadinya mata ikan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terbentuknya mata ikan.

  • Selalu biasakan untuk menggunakan sepatu yang nyamann dan sesuai dengan ukuran kaki kita
  • Disarankan membeli sepatu saat sore atau malam hari, karena biasanya ukuran kaki akan lebih besar pada waktu tersebut
  • Biasakan untuk menggunakan sarung tangan dan kaus kaki untuk menghindari gesekan pada kulit
  • Rutin menggunakan krim pelembab khusus kaki
  • Rutin memotong kuku
  • Selalu menjaga kebersihan kaki

Demikian informasi mengenai penyebab, pencegahan dan cara mengobati mata ikan di telapak kaki tanpa operasi, semoga bermanfaat dan dapat membantu.