Cara Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki Secara Alami

Cara Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki Secara Alami

Cara menyembuhkan mata ikan di telapak kaki – Seringkali orang – orang menganngap mata ikan sama dengan kapalan. Meski sebenarnya, keduanya merupakan masalah kulit yang berbeda. Benjolan pada mata ikan secara umum memiliki ukuran kecil dengan sisi tengah memiliki tekstur lunak atau keras. Apabila disentuh, sisi mata ikan baik yang lunak atau keras umumnya akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Sedangkan kapalan merupakan pengerasan atau penebalan yang terjadi pada susunan kulit yang jarang bahkan tidak memunculkan rasa sakit saat disentuh. Bagian kulit yang mengalami penebalan pada kapalan bahkan juga menjadi kurang peka dibandingkan dengan kulit di sekelilingnya.

Ukuran atau luas kulit yang mengeras yang terjadi karena kapalan kerap kali semakin besar daripada mata ikan. Meskipun begitu, ke-2 permasalahan kulit ini dapat sama dirasakan oleh siapa, baik anak-anak atau orang dewasa dan memunculkan ketaknyamanan. Nah untuk kamu yang mengalami masalah mata ikan, berikut ini bangnazir akan membagikan cara menyembuhkan mata ikan di telapak kaki yang telah dirangkum adalam artikel berikut ini:

8 Cara Ampuh Menyembuhkan Mata Ikan di Telapak Kaki

Sebagian orang menduga penyebab mata ikan dan kapalan itu sama saja, yaitu karena gesekan dan penekanan berulang-ulang khususnya pada bagian kaki. Walau sebenarnya tidak begitu. Pemicu mata ikan yang paling umum adalah adanya infeksi human papilloma virus (HPV).

Selama ini virus tersebut lebih dikenali sebagai pemicu penyakit menyebar seksual (PMS) jengger ayam atau kutil kelamin. HPV cukup dikenali sebagai pemicu kanker serviks tersering. Meskipun begitu, virus ini memiliki banyak tipe dan pasti tipe HPV sebagai pemicu mata ikan dan dua penyakit itu berlainan.

BACA JUGA:  Rahasia Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI

Mata ikan jarang-jarang memunculkan permasalahan kesehatan yang serius. Tetapi, munculnya permasalahan kulit ini seringkali bisa mengusik kenyamanan pada kaki, khususnya saat berjalan. Untuk kamu yang memeiliki masalah dengan mata ikan, berikut ini merupakan cara menyembuhkan mata ikan di telapak kaki tanpa operasi yang bisa langsung dipraktekan di rumah.

1. Menggunakan Sabut Kelapa atau Batu Apung

Dilansir dari buku yang berjuduk 256 Tips for women (2017) yang ditulis oleh Rita Lau Fu, menerangkan bahwa sabut kelapa bisa digunakan sebagai media untuk cara menghilangkan mata ikan secara alami. Kedua bahan tersebut yakni batu apung dan sabut kelapa dapat membantu menghilagkan kulit mati dan mengempeskan mata ikan, sehingga tekanan dan rasa sakit bisa lebih berkurang.

Cara alami mengobati mata ikan di telapak kaki yang pertama yaitu menggunakan batu apung dan sabut kelapa juga cukup mudah.kita hanya perlu merendam kaki menggunakan air hangat sebelum melakukan proses pengelupasan untuk menipiskan kulit yang menebal. Kemudian gosok mata ika menggunakan sabut kelapa atau batu apung secara perlahan.

2. Getah Jarak

Cara ampuh menghilangkan mata ikan di telapak kaki secara alami berikutnya ada;lah menggunakan getah jarak. cara yang harus kita lakukan juga cukup mudah, kita hanya perlu menggosokan getah jarak pada daerah yang terjangkit mata ikan. Usahakan untuk mengoleskannya secara rutin, hal ini dilakukan untuk menghilangkan kulit mati dan mengempeskan mata ikan.

3. Getah Kamboja

Selain menggunakan media getah jarak, ternyata kita juga bisa memanfaatkan getah kamboja sebagai cara mengobati mata ikan di telapak kaki tanpa operasi. Dikutip dari buku yang berjudul Ramuan Lengkap Herbal : Taklukkan Penyakit (2008) yang ditulis oleh Prof.H.M.Hembing Wijayakusuma, getah kamboja dapat digunakan untuk membantu mengobati mata ikan.

BACA JUGA:  Rahasia Diet Air Putih Langsung dalam 2 Minggu

Langkah – langkah yang harus dilakukan juga cukup sederhana, kita hanya perlu meneteskan getah kamboja pada bagian yang terkena mata ikan dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, usahakan untuk melakukan cara ini secara rutin setiap hari.

4. Getah Pepaya Muda

Getah pepaya muda ternyata juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan mata ikan di bawah telapak kaki. cara yang harus kita lakukan juga sangat sederhana, kita hanya perlu mengiris atau membuat garis pada bagian kulit pepaya segar untukmendapatkan getahnya. Selanjutnya getah tersebut bisa kita oleskan pada bagian kulit yang terkena mata ikan.

5. Salep Mata Ikan

Dikutip dari Buku Obat-obat Sederhana untuk Gangguan hari – hari (2010) oleh Drs. H. T. Tan dan Drs. Kirana Rahardja, penyembuhan mata ikan bisa dilakuakan dengan cara mengoleskan salep yang memiliki kandungan asam salisilat pada bagian kaki atau anggota tubuh lainnya yang terdapat mata ikan. Obat ini umumnya dijual secara bebas di apotek-apotek. Salah satunya, yaitu Collodium ad verrucas 10 % dengan asam susu dan salisilat.

Kandungan asam salisilat pada obat berperan untuk melunakkan kulit mati sehingga menjadi lebih mudah untuk dihilangkan dan dibersihkan. Obat ini bisa dioleskan sekali satu hari pada mata ikan, terhitung kapalan sepanjang 1 minggu berturut-berturut, selanjutnya kaki direndam di air hangat. Apabila sudah lakukan hal tersebut, mata ikan umumnya akan melepas “bijinya” atau “bijinya” menjadi demikian lunak hingga bisa denga gampang dikeluarkan secara mekanis.

6. Plester Mata Ikan

Cara menyembuhkan mata ikan di telapak kaki selanjutnya adalah menggunakan plaster mata ikan. Ketika mata ikan tumbuh semakin besar, kita dapat melunakan dengan cara menempelkan plester mata ikan yang memiliki kandungan asam salisat. Dengan catatan cara  ini tidak boleh dilakukan oleh penderita diabetes tanpa berkonsultasi, atau hanya boleh dilakukan dibawah pengawasan dokter.

BACA JUGA:  Menu Diet Mengecilkan Paha dan Bokong Secara Permanen

7. Operasi

Saat mata ikan tidak juga lunak meski sesudah diberi obat yang mengandung salisilat atau bahkan makin mengganggu, dokter biasanya akan melakukan tindakan untuk pertolongan dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan dengan menggunting beberapa kulit yang menebal memakai pisau bedah. Proses operasi ini bermanfaat untuk membantu mengurangi penekanan pada jaringan di bawah mata ikan.

8. Penatakan Laser

Cara mengobati mata ikan di telapak kaki tanpa operasi juga dapat dilakukan dengan cara Penatalaksanaan laser. Cara ini dilakukan dengan menggunakan media laser pulsed-dye (PDL). Praktek menggunakan laser pulsed-dye (PDL) ini dilakukan dengan cara membakar gumpalan pembulu darah kecil yang tersapat pada area yang terinfeksi. Sesudah dilakukan penataakn laser, jaringan yang terinfeksi tersebut akan mati dan benjolan yang terdapat pada kulit perlahan akan terlepas.

Itulah 8 cara menyembuhkan mata ikan di telapak kaki secara alami, untuk mencegah terjadinya mata ikan  pastikan kita untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan sesuai ukuran, menghindari penggunaan high hells terlalu sering, hindari memakai sepatu tanpa kaus kaki, berjalan atau berlari tanpa menggunakan alas kaki. Selain itu, terlalu lama berdiri juga dapat menyebabkan mata ikan lhoo.

Demikian sekilas informasi yang dapat bangnazir suguhkan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengupdte informasi dari bangnazir untuk mendapatkan info menarik lainnya.