Mata Ikan Di Kaki Obatnya Apa Ini Kata Dokter

Mata Ikan Di Kaki Obatnya Apa? Ini Kata Dokter

Sebenarnya mata ikan di kaki obatnya apa sih? Kata – kata tersebut sering terdengar dari mereka yang memiliki masalah dengan mata ikan. Munculnya mata ikan di telapak kaki merupakan reaksi alami dari kulit kita. Hal tersebut terjadi sebagai usahadari tubuh kita untuk membuat perlindungan diri dari gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulangkali, hingga mengakibatkan permukaan kulit menebal dan mengeras.

Kemunculan mata ikan di telapak kaki dapat dirasakan oleh siapapun. Timbulnya mata ikan di telapak kaki tidak sama dengan kapalan, karena penimbunan kulit pada mata ikan mempunyai pusat inti. Mata ikan terdiri jadi beberapa macam, antara lain mata ikan keras, mata ikan lunak, dan mata ikan kecil.

Mata ikan keras disebabkan adanya penumpukan kulit mati yang membuat permukaan kulit yang keras dan memiliki inti di tengah-tengah. Dan, mata ikan yang lunak umumnya muncul antara jemari manis dan kelingking pada kaki. Sedangkan untuk type mata ikan kecil, banyak pakar kesehatan yang berpendapat jika keadaan tersebut disebabkan karena ada aliran keringat yang tersumbat. Untuk kamu yang masih bertanya mata ikan di kaki obatnya apa? Yukk langsung aja simak ulasan berikut ini.

Cara mengobati mata ikan di kaki

Dimanapun tempat munculnya, mata ikan tetap saja mengganggu. Mata ikan ini bisa muncul dimana saja, mata ikan seringkali muncul di bagian telapak kaki yang mengakibatkan  rasa yang tidak nyaman dan sakit saat di gunakan untuk berjalan. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah mata ikan:

BACA JUGA:  6 Cara Mengempeskan Jerawat Yang Bengkak Secara Alami

1. Manfaatkan batu apung

Banyak orang yang masih bertanya mata ikan di kaki obatnya apa ? Sebenarnya kita bisa menangani mata ikan di telapak kaki dengan manfaatkan batu apung. Triknya juga cukup gampang, agar kulit mata ikan jadi lebih lunak, langkah pertama rendam kaki memakai air hangat. Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki menggunakan batu apung secara perlahan-lahan untuk mengurangi atau menipiskan kulitnya.

Setelah itu, berikan pelembap pada kulit yang telah kita gosok sebelumnya, hal itu dilakukan agar kulit bisa tetap lembap dan lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita bisa melakukan perawatan ini dengan teratur sampai mata ikan benar – benar hilang.

2. Memakai beberapa obat

Selain memanfaatkan batu apung, cara obati mata ikan di kaki yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan beberapa obat atau salep pembasmi mata ikan yang bisa kita dapatkan di apotek. Selain salep, ada juga penghilang mata ikan yang berbentuk plester, plester tersebut bisa langsung ditempelkan pada bagian mata ikan.

Umumnya plester tersebut memiliki kandungan asam salisilat yang memiliki sifat panas dan kemungkinan akan menimbulkan rasa panas pada kulit atau mengakibatkan kulit menjadi kemerah merahan. Agar kulit tidak sampai terbakar, disarankan untuk membaca aturan dan cara pakai yang benar. Jika muncul tanda – tanda itu di kulit, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera konsultasikan pada doketr.

3. Konsumsi obat dengan resep dokter

Cara mengobati mata ikan di kaki selanjutnya adalah menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter. Saat kita memilih untuk periksa ke dokter, biasanya dokter akan mememberikan  rekomendasi obat atau proses klinis untuk menghilangkan mata ikan. Dokter akan menolong cari pemicu berlangsungnya mata ikan.

BACA JUGA:  Menu Diet Golongan Darah B Seminggu Terbaru 2021

4. Memakai antibiotik sesuai anjuran dokter

Selain 3 cara mengobati mata ikan kaki diatas, pemakaian antibiotik juga dapat membantu untuk mencegah dan menangani infeksi pada mata ikan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Cara Mencegah Mata Ikan Datang Kembali

Mata ikan di telapak kaki bisa muncul kembali, hal itu dapat terjadi apabila kita tidak menghindari penyebabnya. Penyebab munculnya mata ikan yang paling sering kita temui adalah penggunaan sepatu yang tidak tepat. Misalkan  Penggunaan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki, kebiasaan tidak memakai kaus kaki, adanya permasalahan abnormalitas pada bentuk  jemari kaki, dan sering menggunakan sepatu hak tinggi.

Untuk kamu yang jarang-jarang atau mungkin memiliki kebiasaan tidak menggunakan kaus kaki saat memakai sepatu, lebih baik biasakan untuk menggunakan kaus kaki mulai saat ini. Sebab kebiasaan tersebut dapat membantu mencegah mata ikan di telapak kaki muncul lagi.

Pakai kaus kaki dan sepatu yang cocok untuk menghindar terjadi gesekan yang dapat mengakibatkan mata ikan. Selain itu, pilihlah sepatu yang sisi depan yang lebar dan memiliki alas atau bantalan yang empuk. Kita juga disarankan untuk rutin membersihkan kaki dengan sabun, dan gosok kaki memakai sikat lembut. dan jangan lupa untuk mengoleskan cream khusus kaki agar kulit kaki tidak kering.

Pemakaian sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki merupakan penyebab utama munculnya mata ikan di telapak kaki. Untuk itu mulai sekarang kita harus memastikan jika sepatu yang dikenai betul-betul cocok dan nyaman,  agar mata ikan di telapak kaki tidak muncul kembali. Tips membeli sepatu yang harus kamu tahu adalah jauhi membeli sepatu ketika pagi hari. Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah sore hari, karena kaki kita akan membesar ketika sore hari.

BACA JUGA:  7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Terbaru

Meskipun ada banyak sekali cara untuk menangani mata ikan di telapak kaki yang bisa kita lakukan sendiri di dalam rumah, tetap saja kita dianjurkan untuk konsultasi langsung pada dokter, untuk mendapatkan penanganan serta pengobatan yang tepat.

Demikian sekilas info mengenai beberapa cara untuk menyembuhkan mata ikan di telapak kaki. Untuk kamu yang bertanya mata ikan di kaki obatnya apa sih? Pastikan kamu mencoba beberapa saran dan tips diatas yaa, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.