CARA MERAWAT IKAN GUPPY

Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Cara merawat ikan guppy sebenarnya tidak terlalu sulit, dengan melakukan perawatan secara berkala maka resiko kematian ikan guppy dapat diminimalisir.

Ikan guppy memang berbeda dengan ikan cupang, meski sama-sama cantik untuk pajangan. Ikan guppy dapat disatukan dalam aquarium sehingga bisa memelihara beberapa ikan guppy dalam satu media.

Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Mati

Berikut ini beberapa tips dan cara merawat ikan guppy yang bisa Anda coba:

1. Kualitas Air

Kualitas air sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan guppy. Pergantian air setidaknya seminggu sekali dengan membuang 15% air dengan cara disifon (menyedot air bagian dasar kolam/aquarium menggunakan selang agar kotoran ikan dapat dibuang). Setelah dibuang 15%, masukkan air baru secara perlahan.

Jika menggunakan air pet maka sebaiknya sebelum dimasukkan ke aquarium diendapkan lebih dulu kurang lebih 24 jam.

2. Pemilihan Makanan Ikan Guppy

Sebaiknya pilih makanan ikan guppy yang bersih. Ikan guppy dapat diberikan pakan cacing sutra, jentik nyamuk atau kutu air. Namun bersihkan dulu dengan air mengalir, karena jika masih kotor maka dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti sisik nanas dan lainnya.

BACA JUGA:  Cara Budidaya Ikan Platy Kohaku Santa Claus

Anda juga bisa menggunakan pakan pelet sesuai dengan ukuran ikan, ada pelet halus dan ada juga pelet yang agak kasar untuk ikan dewasa.

Pemberian pakan bisa 2 kali sehari, pagi dan sore. Berikan pelet sedikit demi sedikit sehingga tidak ada sisa. Pelet yang tidak dimakan dapat menyebabkan amonik yang dapat meracuni air. Tentu saja dengan banyaknya amoniak dapat menyebabkan kematian pada ikan guppy.

3. Pisahkan Ikan yang Sakit

Segera pisahkan dan karantina ikan yang memiliki tanda tanda sakit seperti ekornya kuncup, tidak nafsu makan, lebih sering di dasar dan tidak banyak bergerak, atau terlihat bintik bintik jamur pada bagian tubuhnya.

Karantina ikan yang sakit dengan memberikan obat biru atau garam ikan untuk proses penyembuhan.

4. Batasi Populasi Ikan Guppy

Jika populasi ikan guppy terlalu padat depat menyebabkan ikan stres sehingga mudah sakit dan mati. Selain itu semakin banyak ikan di aquarium maka kotoran ikan juga semakin banyak yang menyebabkan kualitas air cepat menurun.

Apakah Ikan Guppy Membutuhkan Aerator?

Memelihara ikan guppy bisa menggunakan aerator atau tanpa menggunakan aerator. Jika menggunakan pompa udara maka ikan mendapatkan suplay oksigen tambahan dan jika menggunakan filter air maka air menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

Namun ikan guppy juga bisa hidup meskipun tanpa menggunakan aerator atau filter air. Asalkan populasi ikan dibatasi dan rutin melakukan pergantian air.

BACA JUGA:  Cara Ternak Ikan Guppy Cendolan Untuk Pemula

Setelah mengetahui cara merawat ikan guppy agar tidak mudah mati, Anda bisa langsung mencoba cara ternak ikan guppy untuk menghasilkan uang tambahan sebagai usaha sampingan. Selamat mencoba!