CARA MERAWAT IKAN CUPANG

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara merawat ikan cupang agar cepat besar berikut ini dapat Anda coba untuk meninkatkan hasil produksi menjadi lebih baik. Semakin cepat besar maka ikan cupang dapat segera bisa dijual dengan harga yang bagus.

Ikan cupang memang tidak bisa dicampur ketika sudah mulai tumbuh dewasa. Harus dimasukkan kedalam aquarium atau wadah secara terpisah. Dengan memanipulasi lingkungan dapat mempercepat perumbuhan ikan cupang pada ukuran maksimum.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Banyak faktor yang menyebabkan ikan cupang cepat tumbuh besar, berikut ini beberapa tips dan cara merawat ikan cupang agar tumbuh cepat besar.

1. Ukuran Aquarium Ikan Cupang

Untuk mengejar size atau ukuran ikan cupang, setidaknya gunakan aquarium atau wadah bisa timba atau lainnya dengan ukuran 18 liter. Dengan tempat yang lebih luas membuat pertumbuhan ikan cupang semakin cepat.

Anda dapat mencoba membandingkan 2 ikan cupang dengan ukuran sama, dimasukkan ke tempat yang berbeda. Satu wadah ukuran 1 liter dan satunya 18 liter. Maka Anda akan melihat perbedaan pertumbuhannya.

Mengapa di toko-toko ikan hias ikan cupang ditempatkan di wadah yang kecil? Hal ini disebabkan karena ikan cupang tidak bisa disatukan dalam satu aquarium. Oleh sebab itu untuk menghemat tempat maka ditempatkan di botol-botol kecil.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Selain itu biasanya ukuran ikan cupang di toko ikan hias sudah besar atau siap untuk dijual sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas untuk pertumbuhan.

2. Ganti Air

Ganti air ikan cupang setidaknya 2 sampai 3 hari sekali. Dengan mengganti air secara rutin maka ikan cupang dapat merasa nyaman sehingga pertumbuhannya juga semakin cepat.

Jangan lupa diberikan daun ketapang setelah ganti air baru karena salah satu manfaat daun ketapang dapat menetralkan ph air yang juga sangat bagus untuk ikan cupang.

3. Makanan Ikan Cupang

Pilih makanan ikan cupang yang mengandung protein dan serat yang tinggi. Beberapa makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan cupang diantaranya adalah jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, kutu air, dan pelet yang mengandung protein tinggi.

Berikan pakan pada ikan cupang seidaknya 2 – 3 kali sehari. Berikan pakan secukupnya sehingga tidak menyisakan sisa pada aquarium atau wadah pembesaran.

Setelah mengetahui cara merawat ikan cupang agar cepat menjadi besar, Anda dapat mencoba tips dan cara mengawinkan ikan cupang. Selamat mencoba!