Berapa Modal Usaha Ikan Hias

Berapa Modal Usaha Ikan Hias? Tips Budidaya Ikan Hias

Berapa modal usaha ikan hias? Untuk bisa memulai usaha budidaya ikan hias sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang besar. Harga ikan hias bervariasi mulai dari seribuan per ekor sampai puluhan ribu bahkan ratusan ribu. Anda bisa menyesuaikan dengan budget.

Namun jika Anda bermain skala besar, maka membutuhkan modal dan tempat yang cukup besar untuk etalase dan kolam pembesaran jika memilih untuk budidaya.

Rincian Biaya dan Tahapan Budidaya Ikan Hias

Berikut ini rincian biaya dan tahapan budidaya ikan hias:

1. Pilih Target Market Ikan Hias

Jika Anda masih baru dalam dunia ikan hias, maka bisa memilih target pasar ikan hias menengah kebawah. Karena harga ikan hias relatif cukup murah dan cocok bagi pemula.

Namun jika Anda sudah berpengalaman bisa memilih target market menengah keatas yang harga ikannya mahal bisa ratusan hingga jutaan rupiah per ekor. Namun tentu saja membutuhkan perawatan yang super ekstra.

Rincian biaya:

  • Untuk mendapatkan harga murah, biasanya pembelian ikan hias secara grosir, harga mulai dari 100ribu rupiah untuk seratus ekor ikan hias (harga dan jumlah ikan yang didapat bisa bervariasi tergantung jenis ikan).
  • Harga aquarium untuk display kisaran 100ribu-300ribu.
BACA JUGA:  Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

2. Pilih Jenis Ikan Hias yang Mudah Untuk Dibudidayakan

Jika Anda memilih usaha ikan hias sebagai pembudidaya, maka bisa memilih jenis ikan hias yang mudah untuk dikembangbiakkan seperti ikan guppy, ikan platy dan ikan molly.

Rincian biaya:

  • Harga indukan ikan guppy, platy dan ikan molly kisaran 3 ribu – 10 ribu rupiah per ekor.
  • Tempat pembesaran bisa menggunakan ember kisaran harga mulai dari 35 ribu – 70 ribu, box sterofoam kisaran harga mulai dari 35 ribu – 70 ribu, kolam terpal kisaran harga 15 ribu – 60 ribu, box kulkas bekas kisaran harga 25 ribu – 60 ribu.
  • Pakan ikan harga mulai dari 20 ribuan per kilo gram

Anda bisa juga membaca tips dan cara ternak ikan guppy cendolan untuk pemula.

3. Pemasaran Ikan Hias

Untuk pemasaran ikan hias bisa menggunakan semua platfom media sosial seperti facebook, instagram, tik-tok, youtube dan sejenisnya. Anda juga bisa memasarkan ikan hias secara langsung dengan membuka lapak di tempat ramai atau depan rumah.

Alternatif lain pemasaran ikan hias adalah menjual secara grosir dengan menawarkan ikan ke berbagai toko ikan hias di sekitar lokasi Anda.