cara mengatasi kesemutan

Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Mudah

Cara mengatasi kesemutan berikut ini bisa Anda coba di rumah. Kesemutan merupakan kondisi dimana salah satu bagian tubuh terasa sakit seperti ditusuk tusuk jarum, hilang rasa/mati rasa, atau seperti digigit semut.

Apa Penyebab Kesemutan?

Kesemutan terjadi karena adanya tekanan pada bagian tubuh terlalu lama. Biasanya kesemutan sering terjadi pada bagian tangan dan kaki.

Jongkok, duduk menyilangkan kaki atau tidur dengan menimpa bagian tubuh terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya kesemutan. Hal ini menyebabkan aliran darah ke saraf terhenti.

Biasanya kesemutan terjadi hanya beberapa saat, setelah aliran darah kembali lancar maka kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kesemutan sehingga dapat meminimalisir rasa sakit yang Anda rasakan

Cara Mengatasi Kesemutan

Hilangkan Tekanan

Untuk mengatasi kesemutan, langkah pertama adalah menghilangkan tekanan pada bagian tubuh yang kesemutan. Pastikan aliran darah lancar dan tidak ada yang menghalangi peredaran darah pada bagian tersebut.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah dengan berdiri sejenak ketika Anda terlalu lama jongkok, mengganti posisi tidur atau gerakan lainnya yang bertujuan untuk menghilangkan tekanan.

BACA JUGA:  8 Daftar Cemilan Diet Rendah Kalori Di Indomaret

Menggerakkan Anggota Tubuh

Dengan menggerak-gerakan anggota tubuh yang kesemutan dapat memperancar peredaran darah pada area tersebut.

Jika kesemutan terjadi pada tangan, Anda bisa mencoba mengepal dan melepaskan genggaman tangan. Berjalan atau melakukan sedikit peregangan jika terjadi kesemutan pada kaki. Atau bisa juga menggerak gerakkan jari tangan atau kaki.

Melakukan Peregangan Pada Leher dan Punggung

Peregangan pada leher dan punggung dapat memperlancar peradaran darah ke tangan dan kaki. Cobalah menggerakkan kepala kekanan dan kekiri, keatas dan kebawah dan seterunya seperti saat melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Memijat Bagian yang Kesemutan

Dengan memijat pada bagian tubuh yang kesemutan dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi rasa kesemutan hingga hilang dengan sendirinya. Selain mengatasi kesemutan, memijat juga memberikan relaksasi yang menyegarkan.

Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

Kaki dan tangan yang kesemutan sebenarnya bukanlah gejala yang serius. Namun jika kesemutan terjadi secara terus menerus atau terlalu sering, maka Anda harus segera memeriksakan ke doker.

Beberapa gejala yang mungkin terjadi yang menyebabkan kesemutan yang terus menerus diantaranya adalah diabetes, saraf kejepit pada leher atau tulang belakang, kemoterapi, kerusakan saraf akibat kecelakaan.

Selain kesemutan, Anda bisa mencoba cara mengatasi insomnia berikut ini jika mengalami gangguan susah tidur. Selamat mencoba!