Tanggal 1 Desember Memperingati Hari Apa. Ini Jawabannya

Tanggal 1 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Jawabannya

Untuk kamu yang masih bingung dan belum tahu Tanggal 1 Desember memperingati hari apa? Berikut ini kami akan memberikan jawaban atas sejarah peringatan 1 Desember. Seperti yang telah kita ketahui, setiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Pada tahun ini, peringatan Hari AIDS  sedunia akan jatuh pada Rabu (1/12/2021).

Tanggal 1 Desember memperingati hari apa? Yaa, tangal ini merupakan peringatan Peringatan hari AIDS Sedunia. Peringatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesiagaan akan bahaya penyakit HIV-AIDS dan memastikan bahwa setip orang telah mempunyai akses yang serupa untuk upaya pencegahan, penyembuhan, pengujian serta perawatan penyakit ini.

HIV (human immunodeficiency virus) merupakan sebuah virus yang menghancurkan sistem ketahanan tubuh dengan menginfeksi serta merusak sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang hancur, maka ketahanan tubuh juga akan semakin menurun hingga menyebabkan rawan terserang berbagai penyakit.

Apabila HIV yang tidak segera diatasi, maka akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebutkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS merupakan merupakan sebutan dari stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahapan ini, sistem kekuatan tubuh yang berperan untuk melawan infeksi telah hilang seutuhnya.

Seperti yang kita ketahui, Hari AIDS Sedunia telah menjadi hari kesehatan internasional yang di akui. Beberapa orang di penjuru dunia bersatu padu untuk menunjukan support kepada orang yang hidup berdampingan dengan HIV/AIDS (ODHA) dan mengenag kembali orang – orang yang kehilangan nyawa disebabkan karena AIDS.

BACA JUGA:  Tanggal 2 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Daftar Sejarahnya

Nah berikut ini, bangnazir akan membagikan sejarah virus HIV/AIDS serta pencegahan atau kita – kiat yang dapat kita lakukan agar tidakterjangkit vitus ini. Yukk langsung saja simak dalam ulasan berikut ini!

Sejarah virus HIV/AIDS

HIV merupakan sebuah virus yang menyerang pada bagian sel tubuh manusia yang berfungsi untuk melawan infeksi. Orang yang terkena HIV akan menjadi lebih rawan terkena infeksi dan penyakit lain. Dan apabila tidak segera diobati akan mengakibatkan penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome), yang begitu membahayakan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, tanpa penyembuhan, orang dengan penyakit AIDS pada umumnya hanya akan mampu bertahan hidup selama kurang lebih 3 tahun. Asal-mula munculnya virus ini belum dapat diketahui. Namun, pertama kalinya terdetekdi di Amerika Serikat pada 1981 antara pria gay.

Karena virus menyebar lewat transisi cairan tubuh. Pria gay yang melakukan sex anal dan oral tanpa menggunakan kondom memiliki resiko tinggi untuk terjangkit virus ini. Tak hanya gay, beberapa orang dari tipe kelamin, umur, atau orientas seksual apa saja dapat terjangkit virus ini.

Di beberapa daerah di dunia, wanita muda dengan tujuan heteroseksual, secara statistik, mempunyai kemungkinan untuk terjangkit HIV. Tingkat infeksi tinggi berterkaitan kuat dengan pemakai narkoba dan karyawan sex. Semenjak pertama kalinya terdeteksi, HIV secara cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Dan menjadi salah satu epidemi terburuk dalam sejarah manusia.

BACA JUGA:  Tanggal 3 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Lengkapnya.

Peringatan hari AIDS Sedunia 2021

Dikutip langsung dari WHO, tema yang akan di usung pada peringatan Hari AIDS Sedunia 2021 ialah ‘Akhiri tertimpangan. Mengakhiri AIDS’. Yang berfokus pada menjangkau beberapa orang di seluruh penjuru dunia yang masih tidak cukup sadar akan bahaya dari penyakit ini.

Data dari WHO memperlihatkan jika perkiraan 36 juta orang di penjuru dunia hidup berdampingan dengan HIV. 680 ribu orang kehilanan nyawa karena penyakit ini, dan 1,5 juta kasus baru pada tahun 2020.

Salah satunya karakter AIDS ialah dapat menyebar. Misalnya melalui hubungan seks, berbagi dalam penggunaan jarum suntik.

Karena itu, dengan mengingati Hari AIDS Sedunia dapat membantu untuk terus menekan jumlah kasus infeksi virus ini dan meningkatkan kesadaran banyak  orang tentang bahaya penyakit ini.

Pada peringatan hari AIDS sedunia pasti selalu indentik dengan penggunaan simbol pita merah. Pita merah ini digunakan sebagai simbol kesadaran serta dukungan untuk para penderita HIV.

Ide ini bermula pada 1991, saat para seniman berkumpul di sebuah galeri yang berada di East Village, New York, Amerika Serikat.

Lambang pita merah terinspirasi dari pita kuning yang diikat di pohon, untuk memperlihatkan support untuk pertarungan militer Amerika Serikat saat melakukan Perang Teluk.

Mereka putuskan wujud lingkaran pada pita kuning benar-benar menawan dan gampang dibuat dan diikuti.

BACA JUGA:  Tanggal 30 November Memperingati Hari Apa?

Lalu, warna merah diputuskan karena memiliki arti berani, dan terasosiasi dengan gairah, hati, dan cinta.

Nah, berikut ini kami juga akan membagikan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan HIV-AIDS.

Cara Mencegah HIV-AIDS

Dikutip dari CDC Amerika Serikat, berikut kiat – kiat yang bisa lakukan untuk membantu menahan penularan HIV-AIDS :

  1. Melakukan perlindungan diri saat berhubungan seks, misalnya dengan menggunakan kondom.
  2. Jagalah diri saat terima obat berbentuk injeksi, contoh dengan tidak berbagi jarum dan alat suntik.
  3. Mencegah penyebaran dari ibu ke bayi dengan, contoh dengan melalui therapy antivirus sepanjang hamil.
  4. Lalui PrEP (pre-exposure prophylaxis) atau therapy penangkalan untuk mereka yang memiliki resiko HIV.
  5. Kerjakan PEP (post-exposure prophylaxis) yaitu therapy yang diperuntukkan bila seorang baru saja terkena peluang infeksi ini, yaitu 72 jam sesudah terjangkit.

Akhir Kata

Nah, demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar HIV-AIDS yang dapat kami bagikan, untuk menjawab pertanyaan Tanggal 1 Desember Memperingati Hari Apa?

Jangan lupa  untuk tetap terus mengupdate informasi melalui bangnazir.com untuk mendapatkan info dan kabar terbaru lainnya.