Tanggal 4 Desember Memperingati Hari Apa?

Tanggal 4 Desember Memperingati Hari Apa?

Tanggal 4 Desember memperingati hari apa ? Desember merupakan bulan yang menyimpan banyak peristiwa indah dan tragedi yang menyisakan luka di saat bersamaan.

Menjadi bulan penghujung tahun, beberapa orang mulai mewujudkan beragam rencana berlibur atau acara yang lain untuk menyongsong tahun baru yang diharapkan dapat lebih memberikan dan memihak pada kebaikan.

Selainnya diperingati sebagai hari dimasukkannya Noken Papua sebagai salah satu peninggalan budaya di UNESCO, tanggal 4 Desember juga menyisakan beragam peristiwa pilu di beberapa belahan bumi lainnya.

Tanggal 4 Desember memperingati hari apa ? Nah, untungnya di zaman yang serba canggih seperti saat ini, catatatan sejarah utama yang terjadi pada 4 Desember bisa kita cari melalui situs Google. Hal ini juga di dukung oleh portal media mainstream didalamnya.

Nah berikut ini kami akan memberikan daftar 11 peristiwa penting dalam sejarah yang terjadi tepat pada tanggal 4 Desember.

Daftar Peristiwa Dalam Sejarah 4 Desember 1131 – 1980

Berikut ini merupakan daftar peristiwa sejarah tanggal 4 desember yang telah berhasil kami rangkum khusus untuk kamu.

1. Tanggal 4 Desember tahun 1131 merupakan hari Kematiannya Umar Khayyām, seorang penyair, matematikawan, astronom, dan filsuf asal Persia.

2. Tepat pada tanggal 4 Desember tahun 1639 dilakukan observasi pertama peristiwa transit Venus oleh Jeremiah Horrocks di Inggris.

BACA JUGA:  Tanggal 30 November Memperingati Hari Apa?

3. Tanggal 4 Desember tahun 1791 merupakan hari pertama di diterbitkan Edisi pertama The Observer, koran Minggu awal di dunia.

4. Tanggal 4 Desember tahun 1829 adanya Ritual sati, yakni sebuah ritual agama Hindu yang berbentuk seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya, kemudian membakar dirinya saat mayat si suami dikremasi, dilarang oleh pemerintahan penjajahan Inggris di India.

5. Tanggal 4 Desember tahun 1881 hari dimana Edisi pertama media massa Los Angeles Times diterbitkan. Dan menjadi berita harian yang keluar di Kota Los Angeles, California, dan tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat Barat.

Dalam hal oplah, Los Angeles Times menempati rangking ke-2 daftar media massa kota metropolitan dan menjadi rangking ke-4 sebagai yang beredar paling luas di Amerika Serikat.

6. Tanggal 4 Desember tahun 1975 juga menjadi tanggal dimana Republik Suriname bergabung dengan PBB. Suriname sebagai negara sisa jajahan Belanda. Negara Suriname bersebelahan dengan Guyana Prancis di timur dan Guyana di barat. Di bagian selatan berbatasan dengan Brasil dan di bagian utara berbatasan dengan Samudera Atlantik.

kira-kira 75 ribu orang Jawa tinggal di Suriname . Mereka dibawa dari Hindia Belanda pada tahun 1890 hingga 1939. Suriname juga menjadi salah satunya anggota Organisasi Pertemuan Islam (OKI).

Pada 4 Desember 1975, Republik Suriname sah tergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

BACA JUGA:  Tanggal 1 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Jawabannya

7. Tanggal 4 Desember tahun 1976, Hasan di Tiro serta pengikunya mengeluarkan pernyataan melawan pemerintah Indonesia lewat organisasi Aceh Merdeka.

8. Tanggal 4 Desember tahun 1977 merupakan tanggal terjadinya peristiwa jatuhnya Malaysia Airlines Penerbangan 653. Yaitu sebuah pesawat Boeing 737-2H6 yang jatuh di Tanjung Kupang, Johor, Malaysia ketika hendak melakukan landing di Lapangan terbang Changi, Singapura.

Kecelakaan ini menewaskan semua nyawa penumpang yang berjumlah 93 orang dan 7 awak. Hingga saat ini, kecelakaan tersebut menjadi kecelakaan pesawat ke-3 paling besar dalam riwayat Maskapai penerbangan Malaysia Airlines.

Daftar Peristiwa Dalam Sejarah 4 Dsember 1980 – 2011

9. Tanggal 4 Desember tahun 1980 merupakan tanggal dimana kelompok musik rock Inggris Led Zeppelin resmi di bubarkan. Menyusul kematian si pemain drum John Bonham pada tanggal 25 September.

10. Tanggal 4 Desember tahun 1982 merupakan tanggal berdirinya Padhyangan, yaitu salah satu group komedi yang berasal dari Bandung, Indonesia.

11. Tanggal 4 Desember tahun 2011 merupakan tanggal meninggalnya seorang Legenda sepak bola asal Brasil, Sócrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira atau dikenali Sócrates, wafat di Kota Sao Paulo, Brasil, pada 4 Desember 2011. Dia meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Sócrates bermain dan jadi kapten untuk Tim nasional Brasil pada Piala Dunia 1982. Ia mengawali profesi professional pada 1974 untuk club Botafogo di Ribeirão Preto.

BACA JUGA:  Tanggal 3 Desember Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Lengkapnya.

Socrates mengawali karirnya mulai tahun 1978 hingga 1984 dengan bergabung dengan club Corinthians di São Paulo yang membuatnya menjadi terkenal.

Akhir Kata

Tanggal 4 Desember memperingati hari apa? Sudah terjawab bukan?? Nah, itulah beberapa daftar sejarah atau rekam jejak peristiwa yang terjadi pada tangga 4 Desember yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk terus mengupdate kabar dan informasi terbaru melalui bangnazir.com