Teks eksplanasi ditulis berdasarkan fakta, sehinggabersifat……
Teks eksplanasi ditulis berdasarkan fakta, sehinggabersifat……

Teks eksplanasi ditulis berdasarkan fakta, sehingga bersifat……

Tanya jawab kali ini bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII. Sebalumnya bagaimana kabar hari ini, bangnazir.com harap kalian semua selalu dalam keadaan sehat, baik, dan yang pasti kalian harus tetap semangat. Terutama semangat dalam hal belajar ya. Nah kali ini pembelajaran masih adalam mata pelajaran PPKn. Berikut Bang Nazir akan mencoba memberikan jawaban soal atau pembahasan pertanyaan diatas.

 

 

Teks eksplanasi ditulis berdasarkan fakta, sehinggabersifat……

 

 

 

Teks eksplanasi merupakan salah satu karya sastra Indonesia yang secara khusus menyajikan informasi tentang terjadinya suatu peristiwa. Secara khusus, terdapat dua aspek penting yang dilaporkan dalam teks eksplanasi. Kedua aspek tersebut mencakup bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi. Selain itu, untuk mencapai tujuannya, setiap teks eksplanasi dibangun berdasarkan tiga struktur. Ketiga struktur tersebut mencakup identifikasi peristiwa, deretan penjelas, hingga ulasan.

 

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu pertanyaan terkait teks eksplanasi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

 

Sebagai salah satu karya sastra Indonesia, teks eksplanasi juga dapat dikategorikan berdasarkan penggunaan informasi di dalamnya. Teks eksplanasi ditulis berdasarkan fakta, sehingga bersifat nonfiksi.

Lebih tepatnya, teks nonfiksi merupakan teks yang seluruhnya dibangun dengan menggunakan fakta atau informasi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan dengan bantuan ilmu pengetahuan. Hal ini berbanding terbalik dengan teks fiksi yang sebagian atau seluruh bagiannya ditulis dengan menggunakan informasi yang kebenarannya belum dapat dipastikan.

BACA JUGA:  Kadet dalam tari termasuk ke dalam gerakan

Selain itu, baik teks fiksi dan nonfiksi masih dapat dijabarkan kembali. Teks nonfiksi misalnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah teks nonfiksi kreatif. Teks ini dikembangkan dengan menggunakan imajinasi, meski seluruhnya ditulis menggunakan fakta.

 

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:

brainly.co.id/tugas/96700

 

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kode kategori: 8.1.1

 

Kata kunci: teks eksplanasi, fakta, nonfiksi

 

Terimakasih telah berkunjung di website Bang Nazir. Semoga adek-adek terbantu dari pembahasan soal pertanyaan ini. Untuk adek-adek bisa juga lihat soal pembahasan berikutnya silahkan cek disini ya