Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Berbagai Macam Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Bangnazir.com – Mengingat teknologi yang semakin modern, perubahan terhadap sebuah perangkat elektronik pun juga mengalami banyak kemajuan. Seperti penggunaan televisi digital, ketahui dulu cara mengetahui tv digital atau analog. Supaya Anda bisa menikmati berbagai acara menarik dalam siaran TV digital.

Bagaimana Cara Mengetahui TV Digital?

Menurut kabar lengkapnya, pihak pemerintah telah merencanakan tindakan sosialisasi terhadap masyarakat Indoenesia terkait perubahan saluran televisi analog ke dalam versi digital. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui informasi terkait TV yang masuk ke dalam kategori digital ini.

  • TV Digital bukanlah TV Tabung
  • Lihatlah pada Sticker di Belakang Body TV
  • Periksa Spesifikasi TV dengan langkah Manual
  • Cek juga Siaran Televisi Digital tersebut
  • Memastikan TV melalui Halaman Kominfo
  • Desainnya lebih Ramping dan Tipis
  • Memakai teknologi LCD dan juga LED

Cara Mengetahui TV Analog Dengan Mudah

Mengingat televisi analog telah lama menemani penonton untuk memberikan tayangan menarik dan seru setiap harinya. Kini pemerintah akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, yaitu dengan TV digital. Ketahui saja terlebih dahulu ciri tv analog yang bisa diubah ke televisi digital.

  • Berbentuk Tabung
  • Terkadang masih Terdapat Bintik pada Siaran
  • Kualitas Gambar dan Suaranya Tidak Jernih
  • Rasio layarnya tidak cocok untuk menonton Film

Cara Mencari Siaran Secara Digital DVB-T2

Cara Mencari Siaran Secara Digital DVB-T2

Setelah mengetahui perbedaan antara televisi digital dan juga analog, kini saatnya Anda juga harus tahu bagaimana caranya mencari siaran pada TV digital atau Cara setting migrasi tv analog ke digital tersebut. Supaya bisa langsung menikmati siaran yang ada di dalamnya.

  • Persiapkan Antena TV dan pasang Di Luar
  • Pastikan pakai Tiang yang Tinggi
  • Hubungkan Kabel Antena ke bagian Port-nya
  • Nyalakan Televisi Anda
  • Tekan tombol Menu di Remote
  • Kemudian, pilih Program
  • Lalu pilih Pencarian Channel, Digital
  • Tunggu sampai proses Pencarian selesai
BACA JUGA:  Spesifikasi Minimum Windows 7 Bisa Upgrade ke Windows 11

Cara Mengetahui TV Digital atau TV Analog (Beserta Penjelasan)

Sebagai salah satu bentuk persiapan menghadapi perubahan teknologi TV analog ke digital. Anda harus memerhatikan beberapa hal penting terlebih dahulu, yang paling televisi harus digital. Jikalau masih belum, pengguna hanya perlu menambahkan Set Top Box atau STB dan juga DVB-T2.

  1. Melihat Stiker yang Tertera

Salah satu hal yang bisa Anda terapkan untuk dapat mengetahui, apakah televisi bisa menerima saluran TV digital atau tidak adalah dengan melihat stiker yang tertera. Cobalah lihat di bagian body belakang layarnya. Bila sudah mendukung siaran digital, maka akan ada stiker bertuliskan DTV, ATSC.

Kemudian, televisi tersebut juga memiliki stiker dengan tulisan, HD Ready, Digital Tuner, HDTV, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan juga Integrated Digital Tuner. Jadi, Anda harus memastikan bahwa televisinya mempunyai stiker bertuliskan nama tersebut, jika ada berarti digital.

  1. Memeriksa Spesifikasi TV Dengan Cara Manual

Jikalau Anda tidak menemukan stiker yang dijadikan sebagai penanda televisi tersebut adalag TV digital. Maka masih ada kesempatan lain untuk bisa memastikannya, yaitu dengan menghubungi pihak toko yang mana merupakan toko saat membeli perangkat tersebut / lihat saja spesifikasinya.

Anda bisa melihat spesifikasi resmi tersebut di website merk televisinya. Caranya juga cukup mudah, untuk dapat mengecek spesifikasi tersebut. pengguna hanya perlu memasukkan nomor model dari televisinya di situs resmi merk TV digital-nya sendiri. Setelah itu, bisa dilihat apakah digital atau bukan.

  1. Memastikan Melalui Siaran Televisi-nya

Selain itu, Anda juga memastikan apakah televisi tersebut termasuk digital atau bukan adalah dengan memastikan melalui siaran televisinya sendiri. Biasanya siaran digital tersebut mempunyai sub – channel. Misalnya saja seperti channel A-1 serta A-2. Bisa saja contohnya seperti TVRI dengan banyak sub.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Setting Migrasi TV Analog ke Digital Dengan Langkah Mudah?

Jikalau Anda menemukan sub – channel di televisi tersebut, itu artinya TV-nya sudah mendukung versi digital. Dengan begitu, sudah pasti bisa digunakan untuk menonton siaran versi digital dengan langkah mudah. Tidak seperti analog yang masih memerlukan langkah untuk bisa menjadi digital.

  1. Memastikan Melalui Halaman Kominfo Secara Langsung

Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengetahui, apakah televisi yang dimiliki termasuk digital atau tidak. Salah satu cara yang paling ampuh dan terbukti adalah dengan memeriksanya secara langsung melalui halaman resmi dari pihak Kominfo.

Dengan memeriksa melalui halaman resmi dari Kominfo, pengguna bisa mengetahui apakah televisi mereka termasuk digital atau bukan. Anda pun juga bisa melakukannya, dengan begitu tidak perlu menerapkan cara – cara sebelumnya karena langkah ini sudah sangat efektif.

Televisi Tabung Tetap Bisa Menonton TV Digital?

Banyak sekali yang mempertanyakan hal ini, televisi tabung atau analog apakah bisa pengguna gunakan untuk menyaksikan siaran digital? Hal tersebut bisa saja, akan tetapi Anda masih harus memerhatikan beberapa hal penting terlebih dahulu. Agar TV tersebut bisa digunakan versi digital.

  1. Adanya Tambahan STB

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu dengan menambahkan alat berupa STB atau merupakan singkatan dari set top box DVBT2. Hal ini diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki televisi tabung atau bahkan analog, namun ingin menyaksikan tayangan menarik dari TV digital. Untuk link pembelian perangkat STB bisa melalui market place atau langsung saja klik link berikut ini: DISINI.

Televisi digital masih tetap bisa tayang di TV analog versi produksi lama, seperti layaknya televisi tabung. Namun, harus menambahkan dekoder untuk dapat mengubah sebuah sinyal digital yang antena terima berubah jadi sinyal analog dan nanti akan tertampilkan pada televisi analog Anda.

  1. Memerhatikan Harga Dari STB (Set Top Box)

Setelah mengetahui, bahwa STB sangat perlu untuk mengubah sinyal analog. Anda juga harus memerhatikan harga dari alat tambahan tersebut. Supaya nanti bisa mempersiapkannya dan mengoperasikannya setelah TV digital telah tersebar di tahun depan.

BACA JUGA:  Download TV Digital for Android Vidio.com

Menurut informasi lengkapnya, alat tambahan STB ini memiliki kisaran harga sekitar 200 ribuan saja. namun, pihak pemerintah telah memberikan kemudahan bagi rakyat yang tidak mampu membelinya. Jadi, untuk mereka nantinya akan mendapatkan subsidi STB khusus untuk penduduk miskin.

  1. Memerlukan Antena Biasa atau UHF

Siapa bilang televisi analog hanya menggunakan STB saja? Justru dari awalnya bukan termasuk versi digital, Anda harus mempersiapkan tambahan lain untuk bisa menikmati tayangan digital hanya dalam TV analog. Seperti menggunakan antena biasa atau UHF.

Perlu Anda ketahui, untuk menggunakan STB / set top box ini pengguna TV juga masih memakai antena walaupun yang biasa. Jadi, persiapkan terlebih dahulu antena rumah biasa yang paling banyak masyarakat gunakan kebanyakan. Biasanya orang sebut dengan singkatan sebagai UHF.

  1. Cara Memasang Set Top Box

Setelah mengetahui keperluan alat – alatnya, kini saatnya Anda harus tahu bagaimana cara memasang STB tersebut. pertama, pasangkan kabel RCA-nya ke bagian STB yang telah tersambung ke televisi. Sesuaikan dengan warnanya, lalu TV dengan kabel HDMI bisa memakai kabel tersebut sebagai gantinya RCA.

Kemudian, pasangkan kabel antena ke bagian STB. Pilihlah opsi di tombol remote lalu masuklah ke bagian pencarian. Setelah itu, pilih saja mode DVB-T2 dan klik pencarian secara otomatis dan pilih oke. Berikutnya, tunggu saja sampai pencariannya berhasil dan televisi siap menyiarkan TV digital.

Sesuai dengan penjelasan secara detail dan lengkap di atas, mengenai cara mengetahui tv digital atau analog. Kini Anda telah mengetahui, bagaimana membedakan / tahu perbedaan antara televisi digital dengan analog. Pada dasarnya, membedakannya cukup mudah dan pembahasannya sedikit.