manfaat kurma buat bumil

Lezat, Ini 5 Manfaat Kurma Buat Ibu Hamil

Buah kecil dan manis ini banyak dijumpai saat Ramadhan. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh mengkonsumsinya di bulan-bulan lain. Pasalnya, kurma bermanfaat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang bervariasi.

Gula pada kurma memberikan energi tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan dalam tubuh.

Berikut Ini 5 Manfaat Kurma Buat Ibu Hamil

manfaat kurma untuk bumil

Selain rasanya yang manis dan lengket, kurma juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Selain itu, kurma juga dipercaya dapat membantu mempercepat persalinan.

Supaya tidak ragu lagi makan kurma, Popmama.com akan merangkum 5 manfaat kurma untuk ibu hamil di bawah ini:

Selain kaya akan nutrisi penting, kurma juga dikenal memiliki khasiat penyembuhan. Studi menunjukkan bahwa setidaknya ada 15 mineral yang ditemukan dalam kurma, termasuk mineral pelawan kanker seperti selenium, yang juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, kurma juga mengandung 23 jenis asam amino dan asam lemak tak jenuh ganda. Ditambah lagi, mereka rendah kolesterol dan lemak jenuh, mengandung sifat anti-inflamasi, dan kaya akan antioksidan.

Dari segi nilai gizi, 100 gram kurma matang mengandung sejumlah nutrisi, mineral dan vitamin sebagai berikut:

Berikut ini manfaat kurma untuk ibu hamil?

1. Mencegah sembelit dan anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana tidak ada cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Anemia bisa membuat Anda merasa lelah dan lemah.

BACA JUGA  5 Manfaat Penting Kurma, Disarankan di Konsumsi di Bulan Puasa

Ada banyak bentuk anemia, dan masing-masing memiliki penyebabnya sendiri-sendiri. Anemia bisa bersifat sementara atau tahan lama, dan bisa berkisar dari ringan hingga parah. Perawatan untuk anemia berkisar dari mengonsumsi suplemen nutrisi hingga menjalani prosedur medis. Anda mungkin dapat mencegah beberapa jenis anemia melalui diet yang sehat dan bervariasi.

Siapapun dengan anemia bisa mendapatkan keuntungan dari menambahkan makanan kaya zat besi ke dalam makanan. Selain itu, beberapa makanan dapat membantu tubuh menyerap zat besi, sementara makanan lain dapat menghalangi proses ini dan memperburuk anemia.

Di momen puasa seperti ini, benarkah kurma efektif mengatasi anemia? Kurma terkenal dengan rasanya yang manis dan enak. Buah Kurma adalah buah-buahan yang diperoleh dari pohon palem dan diyakini berasal dari tanah dekat Irak, beberapa abad yang lalu. Meski buahnya bisa dimakan segar, ia sering dinikmati kering dan menyerupai kismis atau plum.

2. Memberikan energi dan mengontrol tekanan darah selama kehamilan

Manfaat kurma rutb untuk ibu hamil memang luar biasa. Ini karena mengandung hormon yang mirip dengan oksitosin pada kurma Rathob. Hormon ini diketahui membantu mempercepat proses persalinan dan mencegah pendarahan yang banyak saat melahirkan.

3. Menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh selama kehamilan

Kurma mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Zat besi dapat menjaga jumlah hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh ibu dan bayi. Kurma mengandung potasium yang dapat menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot.

4. Mengurangi risiko cacat lahir dan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

Membantu mencegah cacat lahir. Kurma juga membantu mencegah cacat lahir yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang. Buah ini merupakan sumber folat yang baik, yang bermanfaat untuk mencegah cacat lahir. Serta berfungsi mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin

BACA JUGA  Sejuta Manfaat Teh Tawar, Membuat Tubuh Relax Hingga Cegah Kanker

5. Dipikir untuk mempercepat proses Persalinan Bumil

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa makan kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat memberikan efek positif pada persalinan dan persalinan.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa makan kurma dapat membantu mematangkan serviks, yang mengurangi durasi persalinan.

Sedangkan kandungan gula pada kurma dapat memberikan energi saat melahirkan dan membantu kontraksi rahim. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko terjadinya perdarahan postpartum. Nah sudahkan para Bumil makan kurma hari ini? Jangan sampai terlewat ya, karena manfaat yang terkandung luar biasa.

About administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *