Apa Saja Kelebihan TV Digital Daripada TV Analog

Apa Saja Kelebihan TV Digital Daripada TV Analog?

Bangnazir.com – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini perangkat elektronik telah banyak berkembang pesat. Seperti televisi digital ini contohnya, ada beberapa kelebihan tv digital daripada tv analog yang patut Anda ketahui. Mengingat perangkat digital memiliki fitur yang mumpuni.

Pengertian TV Digital Secara Umum

Sesuai dengan namanya, pengertian TV Digital televisi digital ini merupakan penggunaan teknologi terbaru dalam versi digital. Pada umumnya, sistem penyiaran pada televisi satu ini telah berkembang sejak tahun 90’an. Namun, baru diuji coba pada awal tahun 2000 lalu. Awal kemunculannya, sistem ini terlaksana secara simulcast.

Lebih tepatnya tersiarkan secara bersama dengan sistem siaran analog sebagai bentuk media atau bahkan transisinya. Kabar terbaiknya, pihak pengguna yang masih menggunakan televisi analog. Mereka tetap bisa menikmati layanan dari televisi digital. Namun, mereka harus melakukan setting.

Seperti dengan menambahkan alat tambahan, yaitu STB. Tanpa adanya alat tersebut, siaran televisi digital tidak dapat sampai ke TV analog dengan mudah. Setelah mengatur semua alatnya, channel digital siap Anda nikmati bersama keluarga. Ada begitu banyak kelebihan yang terdapat pada TV ini.

Kelebihan yang Terdapat Dalam Televisi Digital

Kelebihan yang Terdapat Dalam Televisi Digital.jpeg

Seperti yang Anda ketahui, bahwa televisi digital ini memiliki banyak sekali keuntungan dan manfaat berlebih. Mengingat sebagai tanda kecanggihan teknologi masa kini, pihak pemerintah akan mensosialisasikan penerapan TV digital ini segera. Berikut ada beberapa kelebihan dari TV digital.

  1. Memiliki Sinyal yang Jauh Lebih Stabil

Salah satu kelebihan yang terdapat pada televisi digital, yaitu mempunyai sinyal yang jauh lebih stabil. Menjadikan siaran yang ada memiliki kualitas mumpuni, tentu saja akan berbeda dengan analog. Di televisi analogi, jika pemancarnya jauh. Maka signal penyiarannya juga semakin melemah.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP untuk Pemula

Selain itu, hasil gambar yang tertampil di layar menjadi sangat buruk. Sedangkan untuk televisi digital, kualitas gambar dan juga suaranya sangatlah jernih sampai dengan di mana sinyal tidak bisa diterima lagi. Hal semacam ini memberikan kenyamanan dalam menonton, apalagi menonton film.

  1. Mempunyai 2 Status Penyiaran TV Digital

Selain itu, televisi digital ini juga mempunyai dua status penyiaran yaitu terima dan juga tidak. Itu artinya, jikalau perangkat penerima siaran digitalnya bisa menangkat sinyal. Maka program siaran juga pasti akan diterima. Namun, hal tersebut terjadi sebaliknya bila sinyal tidak diterima.

Dengan begitu, gambar atau bahkan suara pasti tidak akan muncul. Namun, selebihnya dari itu Anda masih bisa menikmati layanan terbaik dari televisi digital tersebut. Seperti kualitas gambar, penyiaran yang terbilang anti semut (berbintik). Bahkan bisa menonton film dengan mengakses antena eksternal.

  1. Kualitas Gambar dan Suara Jauh Lebih Jernih

Kemudian, kelebihan dari televisi digital lainnya adalah memiliki kualitas gambar dan juga suara yang jauh lebih jernih. Hal ini telah dinyatakan secara langsung dari pihak Kominfo, mereka menyatakan bahwa kualitas suara beserta dengan gambar TV digital ini jauh lebih baik dari televisi analog.

Pada layanan televisi digital, pengguna tidak akan pernah lagi mengalami kendala. Seperti misalnya saja menemukan gambar yang tidak jernih, seakan seperti berbayang, atau bahkan terdapat bintik – bintik layaknya semut. Semua itu akan hilang dan berganti ke tampilan yang jauh lebih jernih.

  1. Ada Berbagai Macam Fasilitas Tambahan

Kelebihan dari penggunaan televisi digital selanjutnya, yaitu tersedianya berbagai mcam jenis fasilitas tambahan. Jadi, tidak hanya memiliki layanan siaran yang jernih dan juga stabil. Melainkan TV digital ini juga mempunyai fasilitas, seperti misalnya EPG atau singkatan dari Electronic Program Guide.

BACA JUGA:  Download TV Digital for Android Vidio.com

Fasilitas tambahan tersebut memiliki fungsinya sendiri, yaitu untuk dapat mengetahui siaran / acara yang sudah dan juga akan tayang. Tidak sampai di situ saja, para pengguna juga bisa secara langsung menilai kualitas dari siaran tersebut dengan cara memberikan rating kepada program TV.

  1. TV Digital Tidak Perlu Membayar

Perlu Anda ketahui, sebelum menggunakan layanan televisi digital ada beberapa hal penting yang seharusnya pengguna tahu. TV digital itu tidaklah sama dengan layanan berbayar / berlangganan lainnya. Jadi, maksud dari pernyataan tersebut adalah pengguna bisa menikmati layanannya gratis.

Untuk dapat menonton siaran televisi digital, pengguna tidak perlu menggunakan internet, atau bahkan membayar agar bisa berlangganan tiap bulannya. Itu karena siarannya sama seperti TV analog pada umumnya, akan tetapi tampilan gambar serta suaranya jauh lebih jernih dari analog.

  1. Bisa Disiarkan di Televisi Analog

Selain itu, kelebihan yang terdapat pada televisi digital ini adalah tidak ditetapkan bisa tersiarkan di televisi mana. Jadi, bagi Anda yang masih menggunakan TV analog pun masih bisa menikmati siaran dari TV digital dengan baik. Hanya saja pengguna harus menambahkan fasilitas / alat tambahan lagi.

Seperti dengan menggunakan alat STB atau Set Top Box agar bisa menyiarkan televisi versi digital. Cara untuk memasangnya pun juga cukup mudah, Anda bisa mencari tutorialnya di internet. Lalu hanya menunggu program televisinya hadir di Indonesia / sosialisasi dari pihak pemerintah.

Bagaimana Cara Menonton TV Digital Dengan Mudah?

Bagaimana Cara Menonton TV Digital Dengan Mudah

Pada umumnya, berbicara mengenai cara untuk bisa menonton televisi digital itu sangatlah mudah. Apalagi tidak harus menggunakan televisi digital sebagaimana mestinya. Bagi Anda yang masih memakai TV tabung atau analog pun, sebenarnya masih ada cara untuk bisa lihat siaran versi digital.

BACA JUGA:  Apa Pengertian TV Digital Contoh Merk TV Digital Secara Umum?

Terkhusus untuk TV analog yang ingin menikmati TV digital, pengguna harus mempersiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu. mengingat alat / komponennya berbeda dengan televisi digital. Jadi, harus menyiapkan dan memasang alat tambahan. Seperti STB atau Set Top Box DVBT2.

Selain menggunakan alat STB, Anda juga bisa memakai antena rumah seperti biasanya / UHF. Kemudian, untuk televisi digital berhubung sudah memiliki penerima siaran versi digital DVBT2. Jadi, pengguna tidak perlu lagi menambahkan alat Set Top Box. Cukup pakai antena rumah biasa saja.

Keuntungan Migrasi Dari Analog ke Versi Digital

Selain memiliki kelebihan dari penggunaannya sendiri. Televisi analog pun juga mempunyai keuntungan jika Anda ubah menjadi versi digital. Biasanya migrasi siaran TV dari analog ke digital ini banyak orang sebut sebagai analog switch off. Kabarnya, mampu menghemat pita frekuensi sampai dengan 112MHz.

Ketersediaan dari frekuendsi setelah melakukan migrasi siaran televisi ini, nantinya juga akan memberikan dampak kepada persiapan jaringan 5G di Indonesia. Mengingat jaringan tersebut kabarnya memiliki kecepatan yang melampaui 4G. Lewat TV digital, pengguna dapat keuntungan.

Sama seperti penggunaan TV digital pada umumnya, masyarakat bisa mendapatkan berbagai macam manfaat berlebih dari siaran digital tersebut. seperti misalnya saja kualitas suara dan juga gambarnya yang sangat jernih. Bahkan semua itu bisa mereka gunakan dan nikmati secara gratis.

Sesuai dengan pembahasan di atas, mengenai kelebihan tv digital dari pada tv analog. Kini Anda telah mengetahui, bahwa televisi digital ini mempunyai banyak keuntungan / manfaat. Salah satunya seperti kualitas gambar dan juga suara yang jauh lebih jernih dari TV analog.