Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dan Bruntusan?

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bruntusan? Pasti diantara kalian binggung cara menghilangkan jerawat dan bruntusan diwajah atau bahkan membedakannya. Sebenarnya jerawat dan bruntusan itu hampir mirip, tapi kamu jangan sampai salah penangganannya. Kenali dulu apa itu jerawat dan bruntusan yang sedang kamu alami saat ini.

Jerawat itu bisa dikatakan sebagai penyakitnya sementara bruntusan adalah gejalanya. Oleh sebab itu dalam penangganannya pun berbeda. Ulasan kali ini, bangnazir akan memberitahu cara menghilangkan jerawat dan bruntusan yang dapat dilakukan dirumah, jadi simaklah ulasan BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DAN BRUNTUSAN, sebagai berikut.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DAN BRUNTUSAN

1. Cara menghilangkan jerawat

cara menghilangkan jerawat

Jerawat atau nama ilmiahnya disebut acne vulgaris (AV) ialah suatu penyakit peradangan yang kronis dari kelenjar pilosebase yang ditandai oleh munculnya komedo, kista, pustul. Dan jerawat sering timbul didaerah wajah, lengan, bahu, dan dada.

Bentuk jerawat bisa berupa benjolan besar yang terdapat nanah didalamnya. Jerawat yang sering muncul pada umumnya adalah jerawat blackheads, whiteheads, pustula, papula, kistik, nodul dan mekanika. Dari jenis jerawat sebelumnya cara penangganannya pun berbeda.

Berikut cara menghilangkan jerawat, sebagai berikut;

  • Anda bisa menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, seperti gorengan dan makanan cepat saji.
  • Melawan bakteri penyebab jerawat, anda bisa mengunakan beberapa obat atau masker yang terbukti untuk menyembuhkan. Atau anda bisa menyimak ulasan cara menghilangkan jerawat dengan cepat disini.
  • Dan selalu membersihkan barang barang yang berkaitan dengan wajah anda, seperti peralatan kometik, menggunakan handuk khusus wajah, dan lain lain.
  • Selalu rajin mencuci muka dengan membersihkan wajah 2 kali sehari.
  • Apabila jerawat anda muncul jangan sesekali anda menggosok atau memencet dengan kuat, karena dapat memperburuk jerawat anda.

Penyebab jerawat yang tak kunjung hilang biasanya berpacu pada pola hidup yang tidak sehat, contohnya seperti begadang, dan kurang olaraga. Dan juga faktor internal yaitu banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori pori kelenjar pilosebasea. Terutama untuk kulit wajah yang berminyak karena produksi sebum yang berlebihan.

Jika anda ingin menggunakan pengobatan yang tepat, anda harus mengunjungi dokter terlebih dahulu. Supaya dokter bisa memberikan obat obatan yang sesuai dengan wajah anda.

2. Cara menghilangkan bruntusan

cara menghilangkan bruntusan

Apasih itu bruntusan? Bruntusan atau jerawat pasir adalah suatu kondisi yang mengakibatkan keadaan kulit menjadi kasar apabila dipegang. Bruntusan biasa saat dipegang akan terasa kasar dan tidak rata yang disebabkan oleh keringat, alergi, dan juga kegemukan.

Penyebab terjadinya bruntusan adalah akibat pori pori yang mengalami penyumbatan oleh sel kulit mati. Bruntusan umumnya akan timbul didaerah wajah, seperti dagu, hidung dan jidat. Untuk kamu yang mempunyai masalah jerawat pasir, cek tips cara menghilangkan jerawat pasir disini.

Berikut cara menghilangkan bruntusan, sebagai berikut;

  • Anda harus rutin membersihkan wajah.
  • Gunakan pelembab atau anda bisa mengunakan lidah buaya.
  • Eksfolasi adalah mengangkat atau mengikis sel kulit mati yang berada pada lapisan kulit terluar. Kamu bisa mengunakan produk yang mengandung asam alfa hidroksi, asam glikolat, asam laktat atau retinoid.
  • Hindari pemakaian kosmetik yang mengakibatkan memperburuk bruntusan.
  • Hindari melakukan hal hal yang dapat memperburuk keadaan.

Untuk mengatasi jerawat dan bruntusan hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyembuhkan terlebih dahulu peradangan jika ada. Dengan mengunakan bahan alami seperti buah lemon, lidah buaya, es batu, dan juga banyak lagi. Atau anda bisa kunjungi ulasan tips cara menghilangkan jerawat.

Penyebab bruntusan yang tidak kunjung hilang disebabkan oleh produksi sebum atau minyak yang berlebihan. Tipe kulit yang berminyak dapat menyebabkan bruntusan susah untuk menghilang.Jenis jenis bruntusan pun ada seperti komedo, jerawat radang, milia, dan juga  akibat reaksi alergi.

KESIMPULAN

Cara menghilangkan jerawat dan bruntusan diatas dapat anda lakukan dirumah. Tapi jika jerawat atau bruntusan anda makin hari makin buruk segeralah untuk konsultasi dengan dokter supaya anda  dapat tindakan lebih lanjut dengan tepat dan cepat. Sekian ulasan yang menerangkan tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bruntusan yang dapat kamu lakukan dirumah. Selamat mencoba dirumah ya!!!!.