CARA INVESTASI EMAS

Cara Investasi Emas Bagi Pemula Mudah dan Tidak Ribet

Cara investasi emas begi pemula berikut ini tidak ribet dan mudah untuk diterapkan. Melakukan investasi emas jangka menengah dan jangka panjang memang menguntungkan. Karena harga emas terus naik dari tahun ke tahun. kalaupun turun, nilai penurunannya tidak terlalu signifikan.

Untuk mendapatkan hasil yang menjanjikan, investasi emas dilakukan setidaknya 1-2 tahun. Dengan melakukan investasi emas jangka panjang, bisa membantu Anda untuk mempersiapkan biaya anak sekolah, membeli rumah atau kebutuhan mendesak lainnya karena emas lebih mudah dicairkan.

Bagaimana Cara Investasi Emas Bagi Pemula?

Berikut ini beberapa tips dan cara investasi emas yang mudah bagi pemula:

1. Pilih Tempat Investasi Emas yang Terpercaya

Seiring dengan perkembangan jaman, investasi emas lebih mudah dilakukan. Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba seperti melakukan investasi emas secara online melalui aplikasi investasi emas/marketplace, atau bisa juga datang langsung ke outlet resmi tempat investasi emas seperti Pegadaian atau Butik Emas Antam.

Jika Anda memilih investasi melalui applikasi online, sebaiknya pastikan applikasi tersebut sudah terdafar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:  Binomo Web Trading - Belajar trading di website Binomo Dengan Akun Demo

2. Cek Harga Emas

Sebelum melakukan investasi emas, sebaiknya cek harga emas di situs resmi pegadaian, butik emas Antam, atau marketplace yang terpercaya. Anda bisa memilih dan membandingkan harga emas mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 50 gram hingga 100 gram.

3. Pilih Cara Penyimpanan

Bagi Anda yang memilih investasi dengan membeli emas fisik, bisa meyimpan emas dengan cara memanfaatkan layanan brankas LM dari Antam, safe deposit di Bank, meyimpan di Pegadaian atau menyimpan di kotak yang aman di rumah.

4. Waktu Pencairan Emas

Waktu pencairan emas tergantung dari tujuan utama Anda melakukan investasi emas. Jika kebutuhan mendesak Anda dapat mencairkan emas kapan saja. Namun jika menginginkan hasil yang memuaskan, Anda bisa menyimpan emas lebih lama lagi.

Sekedar saran, sebaiknya Anda membeli emas dalam dalam pecahan yang lebih kecil misalnya 1 gram, 2 gram, 5 gram atau 10 gram. Karena pecahan emas yang lebih kecil lebih mudah untuk dicairkan daripada pecahan emas 100 gram.

Berapa Modal Investasi Emas?

Saat ini modal awal untuk memulai investasi emas sangat terjangkau. Beberapa platform digital investasi emas bahkan menawarkan emas mulai dari 0,01 gram atau kisaran harga 8.000-10.000 rupiah. Cara investasi emas seperti ini tidak membutuhkan modal yang besar. Kita bisa menyisihkan uang jajan atau uang receh untuk memulai berinvestasi.

BACA JUGA:  Cara Membeli Emas di Pegadaian Update Oktober 2021

Kapan Saat yang Tepat Untuk Membeli Emas?

Waktu yang paling tepat untuk membeli emas adalah ketika Anda memiliki uang. Jadi tidak perlu menunggu harga emas sedang naik atau turun. Karena harga emas membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengalami kenaikan yang signifikan.

Seperti yang sudah disarankan diatas, bahwa cara investasi emas yang terbaik adalah jangka panjang.