Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi- Memori Hp penuh karena banyak file sampah yang tersimpan di dalam Hp?. Memori penuh selalu menjadi masalah oleh pengguna gadget karena dengan memori penuh pastinya juga membatasi pengguna untuk menggunakan sosial media. Terlebih untuk mengunduh aplikasi file atau berkas lainya. Dan tidak hanya itu saja penyebab memori penuh itu juga dari file\ document ,foto , folder atau juga status dari sosial media.

Dengan hal tersebut berarti itu sudah menjadi file sampah yang tersimpan di dalam Hp dan menyebabkan memori Hp penuh. Karena file sampah yang sudah tidak penting seperti itu sebaiknya kamu hapus dari memori yang berada di file sampah. Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi bisa kamu lakukan dengan cara berikut.

Folder yang mungkin sudah kamu lihat atau download begitu saja pasti memiliki file sampah tersembunyi. Dan menyebabkan memori penuh, untuk cara menghapusnya file sampah tersebut kamu bisa simak artikel ini.

Jika kamu bingung untuk untuk edit foto tanpa aplikasi kamu bisa klik disini karena artikel tersebut akan memberikan solusinya.

Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi :

1. Menghapus File Sampah Dari Galeri Tanpa Hapus Foto – Android

Menghapus File Sampah Dari Galeri Tanpa Hapus Foto - Android

Cara pertama yang satu ini kamu bisa menghapus galeri foto tanpa aplikasi. Namun cara yang kali ini kamu tidak membersihkanya langsung di galeri foto, kamu bisa melakukanya dengan membuka folder DCIM yang berada di file manager. Folder tersebut hanya bisa kamu gunakan bagi pengguna android. Cara untuk menghapusnya kamu bisa membuka dan masuk ke file manager.

BACA JUGA:  Laptop Tidak Bisa Connect Wifi: Penyebab dan Solusi Terbaiknya

Berikutnya kamu masuk ke folder DCIM dan setelah membukanya kamu akan melihat file foto, video di dalam file tersebut termasuk juga folder. Setelah kamu membuka dan melihat beberapa file tersebut kamu bisa langsung menghapusnya saja. Dengan cara tersebut kamu tidak perlu lagi untuk menghapusnya menggunakan aplikasi.

2. Membuang File Sampah Whatsapp Yang Banyak Banget

Membuang File Sampah Whatsapp Yang Banyak Banget

Pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini? aplikasi sejuta umat ini juga memiliki banyak sekali file sampah lho. Aplikasi untuk komunikasi ini juga menyimpan banyak sekali sampah yang menyebabkan memori Hp penuh. Penyebab penggunaan whatsapp ini terjadi karena file backups, folder dan status di whatsapp yang memberikan sampah pada memori.

Dengan hal tersebut kamu tidak perlu khawatir kamu hanya perlu untuk sering membersihkan sampah yang berada di whatsapp. Caranya kamu perlu melihat file sampah whatsapp di file manager di android Hp kamu. Berikutnya kamu buka bagian memori internal atau memori eksternal di Kartu SD Card. Setelah itu buka folder whatsapp cara tersebut tetapi masih belum bisa untuk menghapus sampah yang tersembunyi.

Kamu bisa melakukanya dengan cara yang berikut ini. Klik terlebih dulu titik tiga di bagian pojok kanan bawah Menu setelah itu klik Tampilkan File Tersembunyi. Dan akan muncul file file tersembunyi yang baru yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Untuk menghapus atau membersihkan file sampah tersebut kamu bisa lakukan dengan cara menghapus folder Sent yaitu file yang pernah kamu kirim ke orang lain.

File tersembunyi tersebut memang tidak muncul di galeri kamu tetapi tersimpan di folder database. Cara seperti kamu menghapus 7 file dengan arti kamu menghapus file pada 7 hari yang lalu. Atau juga bisa kamu menghapus saat tanggal tertentu itu bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kepentingan kamu. Dengan cara ini juga akan memudahkan kamu agar tidak memiliki sampah yang sudah tidak berguna dan memudahkan kembali dalam berkomunikasi.

BACA JUGA:  Cara Convert PDF Ke Word Dengan Mudah, Simpel dan Praktis

3. Menghapus Cache Di Beberapa Aplikasi

Menghapus Cache Di Beberapa Aplikasi

Cara yang satu ini kamu bisa menghapus folder atau file sampah di beberapa aplikasi di Android. Cache ini memiliki fungsi untuk mempercepat kinerja dalam membuka aplikasi, meningkatkan dan menstabilkan seluruh aplikasi, mengurangi beban dan biaya database aplikasi. Jadi menghapus cache di aplikasi ini juga perlu sekali karena banyaknya simpanan dalam cache akan menyebabkan kelambatan dalam kinerja suatu aplikasi.

Namun, jika terlalu sering menghapus cache juga akan mengakibatkan aplikasi loading lebih lama. Dengan cara ini juga kamu jangan terlalu sering menghapus cache di aplikasi. Cara untuk menghapus cache di aplikasi ini juga cukup mudah. Buka pengaturan yang ada di aplikasi Hp, berikutnya kamu buka bagian aplikasi. Dan pilih aplikasi mana yang akan kamu hapus cache klik aplikasi yang akan di hapus lalu pilih dan klik Hapus Cache.

4. Menghapus Cache Di Seluruh Aplikasi

Menghapus Cache Di Seluruh Aplikasi

Jika menghapus salah satu dari aplikasi tidak memberi perubahan dan memori Hp tetap penuh. Kamu bisa melakukanya dengan cara menghapus seluruh cache di semua aplikasi. Cara yang di lakukan ini tidak sama dengan cara di atas karena yang di lakukan ini akan secara bersamaan. Untuk melakukan cara menghapus cache di seluruh aplikasi ini.

Kamu bisa membuka dan masuk ke pengaturan, lalu klik bagian penyimpanan. Dan tunggu jika sistem sedang menghitung penggunaan dalam memori internal atau eksternal. Jika sudah selesai kamu bisa pilih bagian tab khusus cache dan caranya bersihkan bagian junk file di android agar mudah. Dan tinggal klik cache kemudian akan muncul yes atau no untuk menghapus. Namun, untuk melakukan penghapusan ini memiliki waktu yang sedikit lama dari pada melakukanya satu persatu dari aplikasi.

BACA JUGA:  Activate Windows 10 pro dengan Mudah

5. Aplikasi Pembersih Sampah Hp – Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi

Aplikasi Pembersih Sampah Hp

Bila dengan cara menghapus file sampah tanpa aplikasi tidak memberikan perubahan sama sekali dalam Hp kamu. Coba kamu gunakan dengan cara aplikasi pembersih sampah dengan cara ini kamu akan di beri kemudahan untuk menghapus file sampah secara otomatis. Untuk memilih aplikasi pembersih Hp kamu juga harus mencari dengan ram yang rendah dan ampuh jika di gunakan.

Jangan sampai kamu menggunakan aplikasi pembersih sampah Hp dengan ram yang berat yang berarti sama saja akan membuat memori kamu penuh. Gunakan dan cari aplikasi yang ringan tanpa perlu menghabiskan ram yang berat dan banyak yang juga bisa membuat Hp rusak. Aplikasi ini juga bisa menghapus sampah tersembunyi dengan otomatis jadi kamu tidak perlu menghapusnya secara manual.

Akhir Kata

Menggunakan gadget sekarang adalah kebutuhan bagi semua kalangan yang membutuhkan. Tetapi apalagi jika terdapat masalah seperti ini memori penuh karena banyaknya file sampah yang menjadikan Hp lemot dan mudah rusak. Kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mengatasi memori kamu penuh tanpa menggunakan aplikasi. Jika cara menghapus file sampah di android tanpa aplikasi tidak memberikan perubahan pada Hp kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Demikian artikel Bangnazir.com memberikan Cara Menghapus File Sampah Di Android Tanpa Aplikasi semoga bermanfaat dan kamu bisa mencoba salah satu cara di atas.