cara menghilangkan bekas jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa Anda lakukan dengan bahan alami yang banyak terdapat disekitar kita.

Sebenarnya ada banyak produk-produk kecantikan dan skincare khusus untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Langsung saja berikut ini beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami seperti yang dikutip dari kompas.com.

Masker Lidah Buaya

Banyak sekali manfaat lidah buaya yang bisa kita dapatkan, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena mengandung antiperadangan dan antibakteri.

Caranya cukup mudah, oleskan gel atau getah lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat sebagai masker. Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan secara rutin setidaknya dua sampai tiga hari sekali.

Masker Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan masker lemon.

Lemon dapat menyamarkan bekas jerawat atau bekas luka dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati, mempromosikan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit.

Caranya cukup mudah, oleskan perasan lemon ke area bekas jerawat. Diamkan kurang lebih selama 10 menit, kemudian bersihkan.

BACA JUGA:  Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat?

Anda dapat mengaplikasikannya sekali atau dua kali sehari.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan perasan lemon dengan madu untuk mengatasi bekas jerawat. Perbandingannya satu banding satu.

Oleskan pada bekas jerawat, diamkan kurang lebih 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan sekali dalam sehari.

Masker Kentang

Ambil pati kentang untuk digunakan sebagai masker bekas jerawat.

Caranya: parut kentang kemudian saring dan peras untuk mendapatkan sari pati kentang.

Oleskan pati kentang pada bagian wajah bekas jerawat, diamkan kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

Masker Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Kunyit juga mengandung zat antiperadangan.

Caranya: campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit perasab lemon.

Oleskan campuran kedua bahan tadi pada area wajah bekas jerawat sebagai masker. Diamkan kurang lebih selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

Jangan lupa memakai pelembab setelah menggunakan masker kunyit. Lakukan penggunaan masker kunyit dua kali sehari.

Masker Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan masker madu cukup mudah. Oleskan madu pada bagian bekas jerawat pada malam hari. Tutup dengan kain kasa, biarkan meresap ke bagian kulit semalaman. Keesokan harinya bilas menggunakan air hangat.

BACA JUGA:  Inilah Ragam Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh Kita

Lakukan secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Putih Telur

Masker putih telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Tambahkan susu almond agar tidak kering sekaligus dapat melembabkan kulit.

Caranya: Campurkan satu putih telur, satu sendok teh perasan lemon dan dua sentok teh susu amond. Gunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Kulit Jeruk

Kulit jeruk dapat memperbarui sel-sel kulit yang rusak dan mengangkat sel kulit yang telah mati karena mengandung retinol alami. Oleh sebab itu kulit jeruk dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan kulit jeruk cukup mudah. Campurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk kering dan satu sendok teh susu.

Gunakan campuran kedua bahan tersebut pada bekas jerawat, diamkan kurang lebih selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut setidaknya dua kali dalam seminggu.

Catatan Sebelum Menggunakan Masker Alami

Hentikan pemakaian jika terjadi tanda-tanda iritasi kulit seperti perih atau panas. Karena beberapa jenis kulit mungkin sensitif terhadap salah satu bahan alami diatas. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter khusus yang menangani masalah Anda. Selamat mencoba!

BACA JUGA:  Jangan di Buang! Inilah 10 Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah