Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi bukan jerawat secara alami- Cara menghilangkan bintik kecil diwajah dapat kamu lakukan, tapi kenali terlebih dahulu bintik kecil diwajah anda. Milia atau bintik bintik kecil diwajah ini terjadi karena sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit. Biasanya akan timbul didaerah bawah mata, pipi atas, dan dagu.

Beda dengan jerawat pasir yang timbul dalam jumlah yang banyak, sedangkan bintik kecil ini umumnya ditemui dibayi tapi bisa saja kepada orang dewasa baik pria atau wanita.

Bintik ini pada dasarnya tidak bahaya, tapi dari beberapa kasus bintik kecil ini tetap memerlukan penangganan karena menganggu kepercayaan diri saat bertemu orang. Bintik kecil ini terbentuk karena keratin yang tertangkap oleh kelenjar pilosebasea.

Jenis jenis beberapa jenis milia yang dapat kamu ketahui, antara lain milia primer, milia neonatus, multiple eruptive dan milia enplaque. Berikut cara menghilangkan bintik diwajah, sebagai berikut;

CARA MENGHILANGKAN BINTIK DIWAJAH TAPI BUKAN JERAWAT SECARA ALAMI

  • Jangan memencetnya atau mengosoknya

Jangan sekali kali anda melakukan cara cara yang dapat memperburuk keadaan, dikhawatirkan dapat mengakibatkan benjolan menjadi berdarah kemudian dapat menimbulkan bekas luka pada wajah anda. Selain itu memainkan milia atau mengutak atik dapat membawa biang infeksi pada wajah anda.

  • Rutin membersihkan wajah

Pastikan anda rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, sebaiknya gunakan sabun yang lembut dan tanpa paraben. Kemudian keringkan wajah anda dengan menggunakan handuk khusus wajah yang lembut, lakukan perlahan dengan cara menepukan handuk diwajah anda.

  • Menggunakan uap hangat

Cara selanjutnya dengan menggunakan uap air hangat, jika dirumah anda tidak ada keran air panas. Anda cukup dengan merebus air secukupnya sampai mendidih, kemudian tuang kedalam baskom, lalu posisikan uapnya diwajah anda lakukan sekitar 5 menit. Gunanya untuk membuka pori pori yang ada pada wajah anda dan menghilangkan biang iritasi yang dapat menyumbat kulit anda.

  • Menggunakan eksfoliasi

Cara eksfoliasi wajah ada 2 yaitu mekanis dan kimiawi. Cara eksfoliasi mekanis ini seperti menggunakan alat spons atau sikat yang lembut, scrub yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan eksfoliasi kimiawi ini menggunkan bahan kimia seperti asam alfa dan beta hidroksi.

Untuk anda yang berkulit normal dan berminyak sebaiknya anda melakukannya sebail 4 kali dalam seminggu. Efek menggunakan cara eksfoliasi ini dapat mengakibatkan iritasi jerawat dan kemerahan. Hentikan terlebih dahulu jika anda mengalami iritasi dn kemerahan.

  • Gunakan masker madu

cara menghilangkan bintik kecil diwajah dengan madu

Masker madu bekerja untuk menghilangkan bintik bintik diwajah secara alami, yang berperan sebagai antimikroba yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan.

Cara pengaplikasikannya sebagai berikut;

  1. Siapkan madu asli.
  2. Tuangkan 4 sampai 5 sendok madu asli kedalam mangkok.
  3. Anda bisa menambahkan kayu manis.
  4. Aduk hingga rata panaskan kedalam oven sekitar 15 menit.
  5. Oleskan pada wajah yang terdapat bintik bintik kecil.
  6. tunggu beberapa menit.
  7. kemudian bilas dengan air hangat.
  • Air mawar

cara menghilangkan bintik wajah dengan air mawar

Air mawar mengandung minyak  mawar yang dapat membantu sebagai antiradang. Penyemprotan air mawar ini dibilang cukup mudah dalam pengaplikasikannya diwajah anda. Cukup semprotkan pada bagian yang terdapat bintik bintik kecil sebanyak 3 kali sehari.

  • Gunakan tabir surya

cara menghilangkan bintik wajah dengan tabir surya

Penggunaan tabir surya ini membantu anda ketika beraktivitas diluar rumah. Selain melindungi kulit wajah, tabir surya dapat membantu mengurangi iritasi kulit. Pastikan produk yang anda pakai sudah tercantum di BPOM dan mengandung  SPF 30 atau lebih tinggi. Dan pastikan tidak berisiko membuat alergi diwajah.

  • Deroofing

Jika dari cara diatas tidak efektif dalam menghilangkan bintik wajah anda, sebaik lakukan deroofing untuk menghilangkan bintik diwajah anda. Karena prosedur ini direkomendikasikan oleh dokter yang dipercaya ampuh mneghilangkan bintik kecil diwajah.

Prosedur ini menggunakan pisau bedah steril (lancet) yang bertujuan untuk membuat sayatan kecil dipermukaan kulit. Untuk mendorong milia secara perlahan dengan menggunakan jarum ekstraktor komedo. Pastinya cara ini tidak dapat anda praktekan dirumah harus dilakukan oleh dokter.

KESIMPULAN

Dari ulasan diatas dapat anda cara menghilangkan bintik kecil wajah tapi bukan jerawat secara alami , bisa anda praktekan dirumah. Bahan bahannya pun gampang untuk didapatkan.Tapi untuk cara deroofing anda wajib untuk pergi ke klink atau rumah sakit.