Cara Merekam Layar di HP tanpa aplikasi

Cara Merekam Layar di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar di hp Android kini lebih mudah. Jika dulu kita harus menginstal aplikasi, maka kini kita bisa langsung merekam layar hp tanpa menggunakan aplikasi.

Merekam layar di hp berbeda dengan screenshot, merekam layar hp file yang dihasilkan dalam bentuk video. Sedangkan screenshot berbentuk file gambar atau foto.

Anda bisa menggunakan menu ini untuk merekam tutorial di layar hp, merekam video call atau untuk merekam permainan game untuk di share ke sosial media seperti instagram, facebook, youtube dan sejenisnya.

Cara Merekam Layar Di HP Tanpa Aplikasi

Perlu diketahui, tidak semua hp Android terdapat menu “screen recording” yang dapat merekam layar tanpa aplikasi. Biasanya ponsel dengan OS Android 9 keatas sudah terdapat menu ini, jika tidak ada maka Anda perlu menginstal aplikasi perekam layar di Play Store.

cara merekam layar di hp android

  1. Langsung saja buka bilah panel ponsel Anda dan swipe layar kebawah seperti foto diatas.
  2. Cari menu “Screen Recorder” atau “Perekaman Layar” (letak icon ini bisa berbeda-beda tiap ponsel) kemudian klik hingga muncul navigasi tombol recording.
  3. Untuk melakukan perekaman, cukup tekan tombol berwarna merah kemudain klik kembali untuk menghentikan perekaman.
  4. Untuk melihat hasil rekaman Anda bisa membuka “galery”.
BACA JUGA:  Mau Tahu Harga dan Spesifikasi HP Samsung Galaxy M12 2021 ?

Mengatasi Menu Screen Recording yang Tidak Muncul

Namun jika ponsel Anda sudah menggunakan OS Android 9 keatas tetapi menu “screen recording” belum muncul, lakukan langkah berikut ini:

cara merekam layar di hp tanpa aplikasi

  1. Buka bilah panel ponsel Anda dan swipe layar kebawah.
  2. Klik menu edit di pojok kanan atas seperti pada foto di atas.
  3. Cari menu “Screen Recording” atau “Perekaman Layar” pada menu bagian bawah, jika belum ketemu geser ke kanan atau ke kiri.

cara merekam layar di hp android tanpa aplikasi

Merekam Layar Di HP Dengan Aplikasi

Solusi lain untuk merekam layar HP jika tidak ada menu “Perekaman Layar” tentu saja Anda harus menggunakan aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi perekam layar, Anda cukup membuka Play Store dan memasukkan kata kunci screen recording atau perekaman layar. Maka akan muncul beberpa apilihan aplikasi yang bisa Anda coba.

aplikasi screen recording

Pilih salah satu kemudian install. Setelah terinstal Anda bisa mengikuti menu dari program aplikasi untuk memulai merekam layar.

Selain merekam layar, Anda juga bisa mencoba aplikasi untuk membuat undangan pernikahan online yang cantik dan menarik. Selamat mencoba!