Cara Nonton Youtube di TV

Cara Nonton Youtube di TV LED Biasa Tanpa Ribet

Cara nonton youtube di TV berikut ini sangat mudah dan tidak ribet. Menonton youtube melalui layar yang lebih lebar tentu saja lebih menyenangkan dari pada menonton melalui layar ponsel yang kecil. Salah satu alternatifnya adalah menonton youtube lewat tv.

Tentu saja menjadi lebih mudah ketika Anda memiliki smart tv karena kita tinggal menghubungkan langsung melalui aplikasi youtube dari ponsel.

Namun bagaimana jika Anda belum memiliki smart tv dan hanya memiliki tv led biasa? Maka Anda masih bisa menonton youtube melalui tv led biasa asalkan tv Anda terdapat port HDMI.

Cara Nonton Youtube di TV Biasa Tanpa Smart TV

Ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda coba untuk menonton youtube di tv, berikut ini beberapa alternatif tips dan cara nonton youtube di TV LED biasa:

1. Nonton Youtube di TV Pakai Kabel HDMI

Kabel HDMI banyak dijual di toko elektronik ataupun di online market place seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan sejenisnya. Harganya juga sangat terjangkau, berikut ini beberapa langkah-langkahnya:

  • Gunakan kabel HDMI yang sesuai dengan ponsel dan LED TV, kemudian colokkan kabel HDMI ke ponsel serta colokkan sisi lainnya ke port HDMI di TV.
  • Tunggu beberapa saat sampai kedua perangkat tersambung, setelah itu Anda bisa memutar youtube di ponsel dan akan muncul di layar tv.
BACA JUGA:  Begini Perbedaan iPhone Xs atau iPhone Xr?

2. Nonton Youtube di TV Pakai Miracast

Miracast merupkakan sebuah perangkat tambahan untuk bisa menonton youtube di tv. Harga Miracast juga cukup terjangkau. Anda bisa membelinya secara online melalui marketplace atau secara offline di toko gadget terdekat. Caranya:

  • Setelah Anda membeli miracast, segera colokkan ke tv.
  • Buka ponsel dan masuk ke menu “setting” kemudian pilih “display” kemudian “wireless mirroring or cast screen
  • Ganti setingan menjadi “on
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul jaringan miracast yang telah dicolokkan ke tv. Setelah muncul di layar ponsel, kemudian pilih jaringan tersebut hingga ponsel dan tv terhubung.
  • Tanda ponsel dan tv led terhubung adalah tampilan layar ponsel Anda akan muncul di tv. Selanjutnya Anda bisa memutar dan nonton youtube di tv led biasa tanpa smart tv.

3. Cara Nonton Youtube di TV Pakai Chromecast

Chromecast merupakan sebuah alat bantu untuk mengubah tv led biasa menjadi smart tv. Hanya dengan mencolokkan chromecast ke input HDMI TV dan menghubungkannya ke jaringan internet, maka Anda bisa menggunakan tv untuk browsing, menonton youtube dan lainnya.

Namun chromecast merupakan penerima saja, sehingga masih memerlukan jaringan wifi dan ponsel atau tablet sebagai operatornya. Selain itu chromecast hanya dapat menggunakan aplikasi dari produk google saja seperti chrome, youtube dan produk google lainnya.

BACA JUGA:  Smartphone Poco X3 NFC Resmi Dirilis, Ini Detail Spek dan Harganya!

Cara kerjanya adalah ketika kita memutar youtube di ponsel, maka ponsel akan mengirim tautan yang kemudian ditangkap oleh chromecast lalu chromecast  akan memutarnya. Oleh sebab itu chromecast masih membutuhkan jaringan wifi.

Berikut ini cara menggunakan chromecast untuk nonton youtube di tv:

  • Colokkan chromecast ke input HDMI yang ada di TV Anda
  • Untuk mengisi daya chromecast, Anda dapat mencolokkan kabel usb belakang chromecast ke tv. Jika tv Anda tidak ada lubang usb, maka Anda dapat menggunakan konverter usb ke colokan listrik untuk mengisi daya.
  • Nyalakan tv dan pindah ke mode HDMI yang sesuai dengan chromecast.
  • Buka ponsel dan instal aplikasi chromecast. Setelah terinstal buka aplikasi chromecast dan hubungkan ke tv.
  • Chromecast sudah dapat digunakan untuk nonton Youtube di TV.

Dengan jaringan wifi yang lancar, maka Anda bisa nonton youtube di tv dengan nyaman. Jika password wifi Anda sudah diketahu banyak orang dan Anda ingin menggantinya, maka Anda bisa mencoba cara mengganti password wifi lewat hp dengan mudah. Selamat mencoba!